7 Cara Menyimpan Wortel yang Sudah Dikupas, Anti Berkerut dan Tetap Segar

Reporter : Arifina
Rabu, 5 Juli 2023 17:57
7 Cara Menyimpan Wortel yang Sudah Dikupas, Anti Berkerut dan Tetap Segar
Dengan cara menyimpan wortel yang benar, sayuran kaya manfaat ini bisa segar tahan lama lho!

Wortel adalah sayuran yang kaya akan nutrisi dan sering digunakan dalam berbagai resep masakan. Dilansir dari Healthline, wortel merupakan makanan yang menjadi sumber vitamin A, mengandung mineral, serat, vitan B, likopen, beta karoten dan masih banyak lainnya.

Karena itu, mengonsumsi wortel secara rutin akan mampu diserap dengan baik oleh tubuh dan banyak manfaat kesehatan. Tak jarang, banyak dari para ibu rumah tangga yang menyetok wortel sebagai salah satu bahan makanan yang dapat digunakan kapan saja.

Nah selain penting memilih wortel berkualitas baik, kamu juga harus tau nih gimana cara menyimpan wortel agar segar tahan lama.

1 dari 9 halaman

Cara Menyimpan Wortel yang Sudah di Kupas © Diadona

Menyimpan wortel dalam jangka yang kama perlu dilakukan dengan benar. Apalagi, jika wortel sudah dikupas agar tidak menjadi layu, berkerut dan tetap segar.

Wortel kupas yang disimpan dengan tepat dapat bertahan berminggu-minggu hongga sebulan lho! Berikut diadona.id rnagkumkan cara menyimpan wortel yang sudah dikupas dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 9 halaman

Bersihkan dengan Tepat

Sebelum dikupas dan dipotong untuk disimpan, maka kamu harus membersihkan wortel dengan tepat. Terlebih, jika saat kamu membelinya terdapat lumpur yang menempel.

Bersihkan dengan mencucinya di air mengalir dan keringkan menggunakan tosu dapur. Pastikan benar-benar kering saat menyimpannya agar tidak busuk.

3 dari 9 halaman

Simpan dalam Freezer

Cara Menyimpan Wortel yang Sudah di Kupas © Diadona

Setelah dicuci bersoh dan dikupas, kamu bisa sekaligus memotong-motong wortel sesuai kebutuhan masakan. Setelah itu siapkan bungkus berupa kantung plastik ataupun kertas yang berlubang.

Setelah itu, masukkan ke dalam freezer dan pastikan tidak bercampur dengan sayuran lainnya.

4 dari 9 halaman

Rebus di Air Garam

Untuk ketahanan wortel lebih lama, kamu perlu memblansirnya. Caranya, rebus wortel yang sudah dikupas dan dipotong di air garam, lalu dinginkan dengan air es.

Tiriskan wortel hingga benar-benar kering. Kemudian masukkan ke dalam platip zip lock dan letakkan di dalam freezer. Cara ini agar kondisi wortel tetap renyah dan warna tidak berubah.

5 dari 9 halaman

Bungkus dengan Kertas

Cara Menyimpan Wortel yang Sudah di Kupas © Diadona

Cara agar wortel tetap segar adalah membungkusnya dengan kertas. Kamu bisa memanfaatkan kertas koran yang paling mudah dicari.

Hal ini karena kertas koran mampu menyerap air dan kelembapan pada permukaan wortel. Langkah ini akan membantu wortel tidak cepat busuk dan teksturnya tetap renyak meski disimpan di suhu ruangan.

Namun, jika ingin wortel lebih tahan lama, sebaiknya simpan di kulkas dengan bunkus dari kertas tersebut.

6 dari 9 halaman

Rendam di Air

Merendam wortel dengan air dipercaya dapat membantu menjaga kesegarannya. Tapi, pastikan kamu mengganti airnya setiap hari agar wortel tidak cepat busuk.

Kamu juga perlu membuang bagian tangkai hijau daun pada wortel. Hal ini untuk menyerap kelembapan wortel agar tidak mudah layu.

7 dari 9 halaman

Masak di Microwave

Cara Menyimpan Wortel yang Sudah di Kupas © Diadona

Cara lain agar wortel yang sudah dikupas makin tahan lama saat disimpan adalah dengan memasaknya terlebih dahulu dengan microwave. Bersihkan wortel dari bagian daun hijau diatasnya.

Lalu, letakkan wortel dalam wadah tahan panas. Kemudian rebus air hingga mendidih dan segera tuangkan ke atas wortel hingga semua bagian wortel terendam.

8 dari 9 halaman

Buang air hingga wortel agak lembap dan tersisa sedikit air. Setelah itu, masukkan wortel ke dalam microwave dan panaskan selama kurang lebih 8 menit.

Kamu dapat menyimpan wortel yang telah dipanaskan di dalam kulkas dalam keadaan tertutup agar lebih tahan lama.

9 dari 9 halaman

Keringkan Wortel

Cara Menyimpan Wortel yang Sudah di Kupas © Diadona

Mengeringkan wortel sebelum disimpan mejadi salah satu cara agar bahan makanan ini lebih awet dan tahan lama. Potong dahulu bagian daun wortel, setelah itu cuci dan kupas hingga bersih.

Potong-potong dengan bentuk ukuran paling tidak 2 sampai 4 mm, lalu letakkan pada wadah. panaskan pada suhu 55 derajat celcius, dan setelah itu simpan di wadah kering, kedap udara, dan gelap.

Itulah sederet cara menyimpan wortel yang sudah di kupas. Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar