8 Tips Agar Bolu Tidak Seret, Lembut dan Anti Gagal

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 8 Juli 2023 20:10
8 Tips Agar Bolu Tidak Seret, Lembut dan Anti Gagal
Ada delapan tips agar bolu tidak seret, yakni perhatikan takaran bahan, gunakan minyak sayur dan mentega yang dicairkan dengan benar, jangan mengaduk dan mengoven berlebihan.

Salah satu kualitas yang paling dicari dari sebuah bolu adalah kelembutan teksturnya. Namun tak jarang, remah-remah bolu terasa seret dan kering di tenggorokan. Di antara tips agar bolu tidak seret yakni tidak mengaduk adonan berlebihan, memanggang dengan suhu yang tepat dan masih banyak lagi.

Banyak hal yang bikin kue bolu jadi seret dan kering. Mulai dari resep kue bolu yang digunakan, adonannya, proses pembuatan kue dan pemanggangan bahkan sampai cara menyimpan kue bolu lho! Tapi beberapa tips berikut ini bakalan membantu kamu bikin kue bolu yang lembut dan lembab. Ikutin semua tipsnya dari awal sampai akhir ya!

 

1 dari 4 halaman

1. Gunakan Bahan yang Tepat dan Takaran yang Sesuai

Tips Agar Bou Tidak Seret © Diadona

Tips bolu tidak seret yang pertama adalah menggunakan bahan-bahan secara presisi, baik jenis maupun takarannya. Sebab penggantian bahan dan takaran akan sangat berpengaruh pada hasil bolu yang dibuat. Misalnya, penggunaan tepung yang tidak sesuai dan berlebihan bakalan bikin bolu jadi kering.

2. Pakai Kuning Telur

Tips Agar Bolu Tidak Seret - Gunakan Kuning Telur © Diadona

Membuat kue bolu dengan jumlah kuning telur yang banyak sudah tentu bikin kue bolu jadi super lembut. Sebab kuning telur mengandung lemak yang bikin kue lebih lembab, lebih rich dan membantu mempertahankan kelembaban kue. Itulah mengapa kuning telur jadi tips utama agar bolu tidak seret.

Selain itu, kuning telur juga punya sifat sebagai pengemulsi yang dapat mengikat bahan dan menciptakan struktur bolu yang lebih kohesif. Tapi tambahkan kuning telur secara tepat ya. Soalnya bila terlalu banyak, bolu jadi berat dan padat.

2 dari 4 halaman

3. Gunakan Minyak Sayur

Tips Agar Bou Tidak Seret - Pakai Minyak Sayur © Diadona

Butter memang bikin rasa bolu kamu jadi lezat, tapi minyak sayur bisa bikin kue jadi lebih lembab dan anti seret. Ini karena minyak sayur akan tetap cair pada suhu ruang, sementara mentega dan butter akan mengeras.

Itulah sebabnya kue bolu yang dibuat dengan minyak sayur memiliki tekstur yang lebih lembut di semua suhu. Jadi, kamu bisa menggunakan minyak sayur dan butter untuk menghasilkan bolu wangi dan lembut.

4. Cairkan Mentega

Tips Agar Bou Tidak Seret - Cairkan Mentegajpg © Diadona

Dalam pembuatan kue bolu, mentega punya peran sebagai pemberi rasa creamy dan tekstur yang lembut. Tapi hati-hati dalam pengolahannya karena bila tak sesuai, kue bolu jadi kering dan seret.

Cairkan mentega tak sampai benar-benar meleleh bahkan mendidih. Soalnya hal itu bisa bikin lemak yang ada dalam mentega jadi pecah dan bikin bolu jadi seret.

Tipsnya, tempatkan mentega dalam wadah stainless yang berada di atas wadah berisi air hangat. Dengan demikian, panas yang didapat mentega adalah panas tak langsung. Mentega bisa mencair tanpa menghancurkan lemak yang berfungsi untuk mengikat bahan dalam kue dan membuat kue lembut.

3 dari 4 halaman

5. Jangan Aduk Adonan secara Berlebihan

Tips Agar Bolu Tidak Seret - Jangan Aduk Adonan secara Berlebihan © Diadona

Mentega yang dikocok berlebihan akan memerangkap terlalu banyak udara. Saat dioven, udara tersebut akan mengempis dan adonan jadi bantat dan seret saat dimakan. Begitu pula dengan mengocok adonan secara berlebihan setelah menambahkan tepung. Akibatnya, adonan akan mengandung banyak gluten dan menghasilkan bolu yang seret, keras dan kue yang bantat.

Jadi tipsnya, aduk adonan secukupnya, terlebih setelah memasukkan bahan kering. Gunakan teknik aduk balik sehingga adonan dapat segera tercampur tanpa terlalu lama mengaduk.

Mengaduk adonan secara tepat nggak cuman bikin bolu jadi lembut tanpa serte, tapi juga bikin kue bolu mengembang sempurna.

6. Jangan Overbake

Tips Agar Bolu Tidak Seret - Jangan Overbake © Diadona

Memanggang kue bolu terlalu lama atau dengan suhu yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan kue jadi kering. Ikutin langkah memanggang kue berikut ini buat menghindari bolu jadi seret : 

  1. Panaskan oven minimal 10 menit sebelum digunakan. Saat adonan masuk ke dalam oven, pastikan suhu sudah tepat sesuai dengan petunjuk resep.
  2. Jangan buka tutup pintu oven
  3. Mulai periksa kematangan kue di waktu memanggang minimal seperti yang disebutkan pada resep.

Bila kamu menggunakan oven tangkring dengan termometer yang tidak berfungsi, nggak ada salahnay berinvestasi membeli termometer dapur berkualitas baik.

4 dari 4 halaman

7. Panggang dengan Teknik Au Bain Marie

Tips Agar Bolu Tidak Seret - Panggang dengan Teknik Au Bain MArie © Diadona

Bagi kamu yang sudah berpengalaman di dunia baking, tentu tak asing dengan teknik Au Bain Marie ini. Secara harfiah, au bain marie adalah mandi air mendidih dalam bahasa Prancis.

Mirip dengan teknik mengukus, au bain marie memanfaatkan panas dari uap air untuk memasak makanan. Caranya, makanan ditempatkan dalam wadah tahan panas lalu diletakkan di dalam wadah lain yang lebih besar berisi air panas. Tujuannya biar hasil masakan tetap lembab karena tak kehilangan banyak air.

Nah dalam memanggang bolu dengan metode au bain marie, loyang berisi adonan diletakkan di atas loyang berisi air panas. Dengan demikian, adonan tak terkena panas langsung dari api. Bolu jadi anti seret, lembab dan lembut banget!

Dalam memanggang dengan metode ini, pastikan loyang adonan kamu tidak bocor ya! Sebab ini bisa bikin adonan keluar dari loyang.

8. Menyimpan Kue dengan Benar

Tips Agar Bou Tidak Seret - Simpan dengan Tepat © Diadona

Setelah matang, kue bolu yang disimpan tanpa penutup akan terkena udara luar dan membuatnya cepet kering lho! Saat dimakan, bolu jadi terasa seret dan kering di tenggorokan.

Cara yang paling baik menyimpan kue bolu adalah membungkusnya dengan plastik lalu lapisi dengan aluminium foil. Cara ini akan mengunci kelembaban kue bolu sekaligus mencegahnya kontak dengan udara luar yang bikin kue bolu jadi kering.

Atau kamu cukup meletakkannya di wadah kedap udara lalu tutup dengan rapat. Hindari menyimpan kue bolu di dalam lemari es selama beberapa hari walaupun sudah di wadah tertutup ya!

Nah di antara tips agar bolu tidak seret di atas, mana nih yang belum kamu terapkan?

Beri Komentar