8 Tips Agar Daging Sapi Tidak Bau, Mudah dengan Bahan Alami

Reporter : Arifina
Senin, 3 Juli 2023 20:07
8 Tips Agar Daging Sapi Tidak Bau, Mudah dengan Bahan Alami
Biar daging sapi tidak bau, bisa menerapkan tips berikut!

Olahan daging sapi banyak digemari oleh masyarakat Tanah Air. Mulai dari rendang, sate, tonseng, gulai dan masih banyak lainnya.

Sayangnya, cara pengolahan yang salah membuat daging sapi justru berbau amis dan tidak enak disantap. Bau prengus pada daging sapi tentu saja cukup mengganggu saat menikmati hidangan ini.

Namun, dengan cara yang tepat, bau daging sapi akan mudah hilang dan lebih nikmat saat dioalah menjadi masakan lho! Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips agar daging sapi tidak bau.

1 dari 8 halaman

Bersihkan Lemak Daging

Tips Agar Daging Cepat Empuk © Diadona

Bau prengus pada daging sapi dapat dihilangkan dengan menyingkirkan kandungan lemaknya. Lemak-lemak yang masih menempel pada daging justru memicu bau amis menyengat.

Karena itu, sebelum mengolahnya lebih baik untuk menghilangkan lemaknya terlebih dahulu ya!

2 dari 8 halaman

Siram dengan Cuka

Cuka menjadi salah satu bahan yang ampuh untuk mengusir aroma bau pada daging sapi. Caranya pun mudah, bersihkan dahulu daging dengan air mengalir.

Selanjutnya, sirami daging sapi dengan cuka secara merata. Disarankan jangan terlalu banyak, cukup gunakan setengah sendok teh cuka untuk satu potong daging ya!

Terlalu banyak menggunakan cuka justru akan menghilangkan cita rasa dari daging.

3 dari 8 halaman

Parutan Nanas

Buah nanas kiranya sudah sering terdengar sebagai satu cara menghilangkan bau pada daging. Caranya, haluskan nanas dengan cara diparut lalu balurkan dengan merata pada daging.

Diamkan 20 menit supaya bau pada daging menghilang. Perlu diperhatikan, pilih buah nanas yang masih muda ya!

Selain menghilangkan bau, membaluri daging dengan nanas juga ampuh membuat tekstur daging lebih empuk lho!

4 dari 8 halaman

Gunakan Garam

Tips Agar Daging Cepat Empuk © Diadona

Garam tak hanya berfungsi sebagai penyedap rasa, tapi juga ampuh menghilangkan bau pada daging sapi. Taburkan garam pada daging secara merata, lalu diamkan selama kurang lebih 60 menit.

Selanjutnya, bersihkan dengan air kemudian langsung rebus dan diolah sesegera mungkin ya!

5 dari 8 halaman

Beri Parutan Jahe

Aroma pada jahe rupanya juga cukup ampuh untuk menghilangkan bau pada daging sapi lho! Caranya mudah, cukup parut jahe dan oleskan pada permukaan daging secara merata.

Diamkan selama 30 menit, setelah itu bersihkan. Baru olah daging sesuai selera.

6 dari 8 halaman

Jeruk Nipis

Air jeruk nipis cukup ampuh untuk menghilangkan bau pada daging sapi. Kamu hanya perlu memeras jeruk nipis dan balurkan airnya secara merata pada daging sapi.

Selain itu, duan jeruk nipis juga bisa digunakan dengan cara menghancurkannya dan dibaluri pada daging. Tak hanya ampuh menghilangkan bau, jeruk nipis juga bisa membunuh bakteri pada daging sapi.

7 dari 8 halaman

Tambahkan Rempah-Rempah

Tips Agar Daging Cepat Empuk © Diadona

Pada saat proses pengolahan daging sapi agar baunya menghilang, kamu bisa menambahkan rempah-rempah. Bawang putih, bubuk kayu manis, pala, biji lawing atau bahan lainnya cukup kamu balurkan merata pada daging.

Hal ini akan meningkatkan cita rasa dan menghilangkan aroma bau pada daging sapi.

8 dari 8 halaman

Bungkus Daun Pepaya

Selain membuat tekstur lebih empuk, daun pepaya rupanya juga cukup ampuh menghilangkan bau pada daging sapi lho! Hal itu karena pada daun pepaya terdapat enzim yang bisa menetralkan bau amis daging sapi.

Siapkan beberapa lembar daun pepaya yang sudah dibersihkan. Lalu, bungkus daging sapi yang sudah dipotong-potong. Mudah sekali ya!

Itulah sederet tips agar daging sapi tidak bau. Selamat mencoba di rumah, dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar