10 Resep Cara Membuat Bolu Karamel Kue Sarang Semut Kukus Sederhana dari Ubi dan Coklat

Reporter : Yayuk Harini
Rabu, 11 Maret 2020 23:15
10 Resep Cara Membuat Bolu Karamel Kue Sarang Semut Kukus Sederhana dari Ubi dan Coklat
Dari pada melamun yang nggak guna, mending buat camilan manis bolu karamel. Yuk berkreasi di dapur!

Ngaku anak hits kekinian, tapi kamu bermalas-malasan? Daripada rebahan mulu, mending bangun dan bergegas melakukan aktivitas. Yap, salah satunya kamu bisa banget tuh berkutat di dapur. Hitung-hitung latihan buat jadi istri idaman suami, hehe...

Yuk, buat saja olahan kue dan bolu manis yang nikmat dan disukai banyak orang. Salah satu menu bolu yang wajib kamu buat sendiri adalah bolu karamel yang lembut, manis dan tentunya lezat. Cocok banget untuk hidangan atau bekal ke kampus dan kantor. Kamu juga bisa memberikan bolu karamel ini ke gebetan atau pasangan kamu. Sekalian dong buat modusin doi. Langsung saja simak resep cara membuat bolu karamel yang telah Diadona ulas di bawah ini. Selamat mencoba!

 

1 dari 10 halaman

1. Cara Membuat Bolu Karamel Sarang Semut

Ilustrasi Bolu Karamel Sederhana © Diadona

Bolu karamel pertama yang bisa kamu buat sendiri adalah bolu karamel semut. Itu loh, olahan bolu dengan tekstur bolong-bolong mirip sarang. Dijamin kamu bakal suka karena rasa manis dan tektur lembut juga kenyal ketika digigit. Yuk, buat saja langsung dengan melihat resep cara membuat bolu sarang semut di bawah ini.

Bahan:
- 175 gram gula pasir
- 60 gram tepung terigu protein sedang, segitiga biru
- 60 gram tepung tapioka
- 3 butir telur
- 1/2 sdt baking soda
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt garam
- 1 bungkus susu kental manis
- 50 gram mentega, cairkan
- 200 ml air panas

Cara membuat bolu karamel sarang semut:

  1. Panaskan gula hingga meleleh dalam panci, tambahkan air panas dan biarkan dingin dengan sendirinya. Kocok telur hingga berbusa, campurkan dan aduk rata tepung terigu, tapioka, baking soda, baking powder dan garam.
  2. Tambahkan tepung dalam adonan telur bergantian dengan air gula sedikit demi sedikit sambil diaduk rata. Lakukan hingga adonan habis. Masukkan susu kental manis dan aduk rata. Tuang juga mentega cair dan aduk lagi.
  3. Panaskan oven, olesi loyang dengan mentega dan taburi sedikit tepung terigu. Tuang adonan ke dalam loyang sambil disaring.
  4. Masukkan dalam oven suhu 180 derajat celsius di 40 menit pertama. Turunkan suku menjadi 160 derajat celsius di 20 menit selanjutnya. Gunakan api bawah di awal dan api atas di akhir. Atau bisa menyesuaikan oven masing-masing. Lakukan tes tusuk, potong dan siap disajikan.

2 dari 10 halaman

2. Cara Membuat Bolu Karamel Sarang Semut Kukus

Ilustrasi Bolu Karamel Sarang Semut Kukus © Diadona

Cara membuat bolu karamel ini sangatlah sederhana. Kamu bisa memasaknya dengan cara dikukus dalam kukusan sederhana di rumah. Nggak ada lagi tuh yang namanya nggak bisa buat karena nggak punya alat oven. Simak saja deh resep cara membuat bolu karamel sarang semut kukus di bawah ini.

Bahan karamel:
- 200 gram gula pasir
- 300 ml air panas

Bahan kue:
- 100 gram tepung terigu
- 75 gram tepung tapioka
- 4 butir telur
- 3 sdm gula pasir
- 1 bungkus susu kental manis
- 50 ml minyak goreng
- 50 ml mentega cair
- 1/2 sdt soda kue
- 1/4 sdt vanili bubuk
- Sejumput garam

Cara membuat bolu karamel sarang semut kukus:

  1. Panaskan gula pasir dengan api kecil tanpa diaduk. Masukkan air panas dan aduk lagi hingga tidak ada gumpalan gula, tunggu karamel hingga dingin.
  2. Kocok bahan telur, gula, garam dan vanili hingga tercampur rata. Tambahkan juga tepung terigu dan tapioka, aduk hingga rata. Masukkan susu kental manis, minyak dan mentega. Aduk lagi adonan hingga rata.
  3. Masukkan air gula karamel, aduk lagi bahan hingga tidak ada gumpalan tepung. Saring adonan dan tuang ke dalam loyang yang telah diolesi mentega dan tepung terigu tipis-tipis.
  4. Kukus adonan ke dalam kukusan, jangan lupa untuk melapisi tutup kukusan dengan serbet bersih. Kukus hingga matang dengan tes tusuk, jika tidak ada adonan yang menempel, maka pertanda adonan sudah matang. Angkat, dinginkan dan potong sesuai selera.

3 dari 10 halaman

3. Cara Membuat Kue Bolu Karamel

Ilustrasi Kue Bolu Karamel © Diadona

Kue bolu karamel memang menjadi salah satu camilan yang cocok dihidangkan untuk tamu istimewa. Tak hanya itu, banyak juga orang yang menggunakan olahan kue bolu karamel ini untuk acara syukuran. Langsung saja deh simak resep cara membuat bolu karamel kue sederhana yang lezat berikut ini.

Bahan karamel:
- 250 gram gula pasir
- 300 ml air panas

Bahan kering:
- 100 gram tepung terigu
- 75 gram tepung tapioka
- 1 sdm baking soda

Bahan lain:
- 4 butir telur ayam
- 100 gram margarin
- 3 bungkus susu kental manis cokelat

Cara membuat kue bolu karamel:

  1. Panaskan gula dengan wajan, biarkan gula mencair semua dan berwarna coklat. Masukkan air panas perlahan, dan biarkan dingin suhu ruangan. Campur semua bahan kering kemudian ayak, sisihkan.
  2. Panaskan oven api atas bawah selama 10 menit. Campurkan susu kental manis dan margarin hingga tercampur rata. Masukkan telur dan aduk rata. Masukkan bahan kering dan air karamel. Aduk rata dan masukkan dalam loyang yang diolesi margarin dan tepung.
  3. Panggang suhu 180 derajat celsius selama 50 menit atau sesuai oven masing-masing. Tes tusuk dan keluarkan dari oven. Tunggu hingga dingin dan lepaskan dari loyang. Potong sesuai selera dan siap dihidangkan.

4 dari 10 halaman

4. Cara Membuat Bolu Karamel Panggang

Ilustrasi Bolu Karamel Panggang © Diadona

Jika kamu punya alat pemanggang atau oven di rumah, kamu tentunya bisa banget membuat olahan kue dan bolu. Salah satu olahan bolu yang wajib banget kamu buat adalah bolu karamel panggang sederhana ini. Yuk, nggak boleh malas! Buat saja resep cara membuat bolu karamel panggang berikut. Dijamin lezat dan anti gagal.

Bahan:
- 500 gram gula pasir
- 500 ml air panas
- 200 gram margarin
- 250 gram tepung terigu
- 50 gram tepung maizena
- 1 sdt baking soda
- 1 sdt baking powder
- 1/2 sdt vanili bubuk
- 4 butir telur ayam
- 200 ml susu kental manis

Cara membuat bolu karamel panggang:

  1. Panaskan gula pasir dan tunggu hingga mencair tanpa diaduk. Tambahkan air panas dan tunggu hingga dingin. Lelehkan margarin biarkan dingin dan sisihkan.
  2. Ayak tepung terigu, maizena, vanili bubuk, baking soda, dan baking powder. Kocok telur hingga berbuih, lalu tambahkan susu kental manis, aduk rata dan sisihkan.
  3. Tambahkan bahan tepung kering dalam adonan telur dan karamel secara bergantian. Tambahkan juga margarin cair lalu aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  4. Tung adonan dalam loyang yang telah diolesi margarin dan tepung. Panggang dengan menggunakan api kecil hingga matang. Tes tusuk dan angkat dari oven. Biarkan dingin dan keluarkan dari loyang. Potong sesuai selera dan siap dihidangkan.

5 dari 10 halaman

5. Cara Membuat Bolu Karamel Kukus Sederhana

Ilustrasi Bolu Karamel Kukus © Diadona

Bolu Karamel kukus sederhana ini selain enak juga mengenyangkan. Bisa juga kamu simpan dalam wadah tertutup dan simpan dalam kulkas. Cocok banget kamu buat sebagai pengganjal perut sebelum makananmu siap dihidangkan. Atau kamu juga bisa menjadikannya bekal camilan ke kantor. Langsung saja deh simak resep cara membuat bolu karamel kukus sederhana di bawah ini.

Bahan:
- 100 gram tepung sagu/kanji
- 100 gram tepung terigu
- 4 butir telur
- 250 gram gula pasir, masak sampai menjadi karamel, lalu siram air panas dan diamkan hingga dingin
- 300 ml air panas
- 100 gram margarin, lelehkan
- 1 sdt baking powder
- 1 sdt baking soda
- 3 bungkus susu kental manis coklat/plain
- Sedikit garam

Cara membuta bolu karamel sederhana:

  1. Campur tepung terigu dan kanji bersama baking soda dan baking powder, sisihkan. Aduk telur dengan susu hingga berbusa dan tercampur rata. Tuang adonan kering ke dalam adonan telur, aduk lagi hingga rata.
  2. Taungkan karamel, aduk dan tambahkan juga margarin cair. Aduk rata dan jika bergerindil bisa disaring. Tuang pada cetakan yang diolesi margarin, lalu kukus hingga matang.

6 dari 10 halaman

6. Cara Membuat Bolu Karamel Ubi

Ilustrasi Bolu Karamel Ubi © Diadona

Ubi yang merupakan bahan sederhana ini selain dikukus biasa juga bisa kamu olah menjadi bolu karamel yang manis dan lembut. Nggak bakal bosan lagi dong kamu untuk makan ubi. Yuk, simak resep cara membuat bolu karamel ubi sederhana yang nikmat anti dan anti gagal berikut ini.

Bahan:
- 400 gram gula pasir, 300 gram untuk karamel, 100 gram dikocok
- 1 gelas belimbing air
- 1 gelas belimbing kurang minyak sayur
- 1 sdm soda
- 2 sdm mentega, cairkan
- 1 kg ubi kayu
- 3 butir telor
- Sukade untuk toping

Cara membuat bolu karamel ubi:

  1. Parut ubi dan peras airnya, kocok telur dengan gula pasir hingga mengembang. Masukkan ubi, tambahkan soda kue, gula karamel, minyak sayur, dan mentega. Aduk bahan hingga rata.
  2. Siapkan kukusan, masukkan adonan ke cetakan kecil. Kukus selama 25 menit, angkat dan sajikan.

7 dari 10 halaman

7. Cara Membuat Bolu Karamel yang Enak

Ilustrasi Bolu Karamel yang Enak © Diadona

Siapa sih yang berani menolak sensasi makan bolu karamel manis yang super duper enak dan nagih ini? Nggak bakal lagi deh bingung dengan menu camilan, kamu bisa banget membuat bolu karamel yang enak ini dengan mudah di rumah. Yuk langsung saja simak resep cara membuat bolu karamel dijamin enak berikut ini.

Bahan:
- 120 gram tepung terigu
- 120 gula pasir
- 2 butir telur
- 100 ml minyak goreng
- 1/2 sdm baking soda
- 250 ml air panas
- 1 bungkus susu bubuk

Cara membuat bolu karamel yang enak:

  1. Masak gula pasir hingga larut. Tambahkan air panas dan diamkan hingga dingin. Campur bahan tepung, susu bubuk, soda kue, dan telur menjadi satu. Tambahkan juga air gula dan aduk hingga tidak menggumpal dan adonan merata.
  2. Tambahkan minyak goreng kemudian saring adonan. Tuang adonan dalam loyang dan kukus selama 40 hingga 50 menit. Tes tusuk dan angkat dari kukusan. Bolu siap dipotong setelah dingin.

8 dari 10 halaman

8. Cara Membuat Bolu Karamel Bakar

Ilustrasi Bolu Karamel Bakar © Diadona

Bolu karamel bakar yang manis, lembut, dan kenyal ini memang menjadi idola. Padahal, nggak sedikit orang mengira kalau olahan bolu ini adalah makanan gosong. Yap, hal ini dilihat dari warna dominan coklat pada bolu karamel ini. Kamu tentunya juga bisa kok membuat olahan bolu karamel bakar ini di rumah. Simak saja resep cara membuat bolu karamel berikut ini.

Bahan:
- 5 butir telur ayam
- 500 gram gula pasir
- 500 cc air panas
- 200 gram margarin
- 150 gram tepung terigu
- 150 gram tepung tapioka
- 250 cc susu kental manis
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt baking soda

Cara membuat bolu karamel bakar:

  1. Panaskna gula dengan api kecil hingga meleleh. Tambahkan air panas dan larutkan, biarkan dingin suhu ruangan. Ayak tepung terigu, tepung tapioka, baking powder dan baking soda.
  2. Kocok telur dan masukkan susu. Cairkan margarin kemudian dinginkan terlebih dahulu. Masukkan bahan tepung dalam adonan telur. Tuangkan juga karamel sedikit demi sedikit dan campur adonan hingga rata.
  3. Terakhir tambahkan margarin cair, aduk rata dan jangan sampai ada yang bergerindil. Siapkan loyang, masukkan adonan dalam loyang yang telah diolesi mentega dan tepung. Panggang hingga bolu matang sempurna.

9 dari 10 halaman

9. Cara Membuat Bolu Karamel Coklat

Ilustrasi Bolu Karamel Coklat © Diadona

Kamu juga bisa loh menambahkan bahan coklat dalam olahan bolu karamel ini. Nggak perlu mahal-mahal, cukup dengan bubuk coklat bungkusan yang bisa kamu beli di toko bahan kue. Simak saja deh lansung resep cara membuat bolu karamel coklat berikut ini.

Bahan:
- 200 ml tepung terigu
- 8 sdm gula pasir
- 8 sdm minyak sayur
- 1 bungkus bubuk coklat
- Caramel secukupnya
- 1 bungkus susu coklat
- 1 biji vanili

Cara membuat bolu karamel coklat:

  1. Mixer bahan gula dan telur hingga bercak putih. Masukkan tepung terigu dan bubuk coklat. Aduk pelan menggunakan spatula.
  2. Tambahkan juga minyak dan susu coklat. Campur hingga bahan menjadi satu sambil diaduk-aduk terus. Olesi loyang dengan margarin, tuang adonan ke dalam loyang. Oven selama 15 menit dan siap dihidangkan.

10 dari 10 halaman

10. Cara Membuat Bolu Karamel Ekonomis

Ilustrasi Bolu Karamel Ekonomis © Diadona

Ingin makan camilan enak? Nggak perlu mahal, kamu bisa banget membuat olahan bolu karamel yang super duper ekonomis. Yap, hanya dengan bahan sederhana yang bisa kamu beli di toko, kamu sudah bisa membuat olahan bolu karamel yang enak dan tentunya nggak menguras dompet kaum misqueen. Yuk simak saja langsung resep cara membuat bolu karamel ekonomis berikut ini.

Bahan:
Bahan karamel:
- 250 gram gula pasir
- 400 ml air panas

Bahan kue:
- 4 butir telur
- 2 bungkus susu kental manis
- 100 gram margarin, lelehkan

Bahan kering (ayak bersama):
- 100 gram terigu
- 100 gram tepung kanji
- 1/2 sdt garam
- 1/2 sdt baking powder
- 1/2 sdt soda kue

Cara membuat bolu karamel ekonomis:

  1. Masak gula pasir dalam wajan hingga meleleh. Tambahkan air panas, aduk hingga larut dan tunggu dingin. Kocok telur menggunakan garpu hingga tercampur rata. Masukkan juga karamel sedikit demi sedikit dengan bahan kering sambil terus diaduk.
  2. Masukkan susu kental manis dan margarin, aduk rata dan saring adonan ke dalam baking pan yang sudah diolesi margarin dan tepung terigu. Panggang hingga matang selama 45 menit.

Nah, itulah beberapa resep mudah cara membuat bolu karamel yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Nggak perlu lagi bingung dengan camilan enak. Cukup dengan beberapa bahan sederhana kamu bisa membuatnya sendiri. Bagaimana, tertarik membuatnya? Segera persiapkan bahan dan perlengkapan memasaknya, ya.

Baca juga yuk: Setelah Kopi Arang Terbitlah Kopi Batubara, Sebuah Varian Baru dari Bisnis Kuliner Gibran Rakabuming

Beri Komentar