7 Tips agar Mangga Cepat Matang, Anti Karbit dan Cukup Pakai Bahan-Bahan di Rumah

Reporter : Arifina
Kamis, 25 Januari 2024 19:07
7 Tips agar Mangga Cepat Matang, Anti Karbit dan Cukup Pakai Bahan-Bahan di Rumah
Mematangkan mangga dengan cepat ternyata mudah banget nih. Simak tips berikut deh!

Tips agar mangga cepat matang bisa kamu praktikkan agar tak menunggu terlalu lama. Mangga menjadi salah satu buah di Indonesia yang cukup banyak digemari oleh masyarakat.

Jika buah magga matang sempurna, kamu akan mendapati rasa yang manis alami dan segar. Selain rasanya yang nikmat, mangga juga banyak kandungan nutrisinya.

Buah mangga dapat dikonsumsi langsung, diolah menjadi berbagai macam hidangan, ataupun dikeringkan dan dijadikan keripik buah. Misalnya, kamu bisa mengolah mangga menjadi campuran es buah, asinan mangga, jus buah, es lumut mangga, puding, dan lain sebagainya.

1 dari 8 halaman

Tips agar Mangga Cepat Matang © Diadona

Namun, seringkali kita mengalami tantangan ketika mangga yang kita beli masih belum matang. Alhasil kita harus menunggu terlebih dahulu sampai matang untuk bisa menikmatinya.

Nah, biar proses kematangan mangga tidak terlalu lama, ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan nih! Apa saja? Simak ulasannya berikut!

2 dari 8 halaman

Taruh Mangga di Suhu Ruang

Salah satu cara tercepat untuk membuat buah mangga cepat matang adalah selalu letakkan di suhu ruang. Namun, tetap harus perhatikan area tempatnya agar tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

Buah mangga yang dibiarkan saja di suhu ruang akan matang setidaknya dalam waktu 2-3 hari saja. Namun, kematangan buah mangga ini tergantung pada jenis buahnya.

Tetap rajin-rajin melakukan pengecekan pada kondisi buahnya agar tahu dengan pasti saat mangga telah matang dan bisa dinikmati ya!

3 dari 8 halaman

Bungkus Mangga dengan Koran atau Kantong Kertas

Kamu juga bisa melakukan cara lainnya agar mangga lebih cepat matang. Seperti, membungkus mangga dengan koran atau kantong kertas.

Melindungi mangga dengan membungkusnya menggunakan kertas atau kantong kertas dapat membantu melepaskan gas etilen dan mempercepat proses pematangan. Pastikan buah tersebut tertutup rapat untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Caranya, cukup masukkan mangga ke dalam kantong kertas atau koran, lalu ikat rapat. Letakkan kantong kertas atau koran tersebut di tempat yang hangat dan kering. Dalam beberapa hari, mangga akan matang.

4 dari 8 halaman

Bungkus Mangga dengan Kain

Tips Agar Mangga Tidak Hitam Setelah Dikupas © Diadona

Selain peran dari kantong kertas ataupun koran, kamu juga bisa menggunakan kain untuk mempercepat proses kematangan mangga. Pilih jenis kain apapun atau jenis handuk untuk menghangatkan mangga.

Sama halnya dengan proses pematangan dengan kantong kertas, mangga akan melepaskan gas etilen. Sehingga, kematangan akan terjadi lebih cepat.

Cukup bungkus secara rapat buah mangga dengan kain, lalu simpan di tempat kering. Mangga akan segera matang dalam beberapa hari.

5 dari 8 halaman

Simpan Bersama dengan Buah Penghasil Etilen

Mangga menghasilkan gas etilen, yang mempercepat pematangan buah. Sehingga kamu bisa menyimpan mangga bersama buah-buahan lain yang menghasilkan etilen, seperti pisang atau apel.

Paparan gas dari buah-buahan tersebut dapat membantu mangga untuk matang lebih cepat. Caranya, simpan mangga bersama buah yang sudah matang di dalam satu wadah bersamaan.

Hanya dalam hitungan hari, maka buah mangga dipastikan segera matang. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan kondisi buah mangga biar matangnya pas ya!

6 dari 8 halaman

Masukkan Buah Mangga dalam Beras

Beras menjadi salah satu bahan yang ampuh untuk mempercepat proses kematangan pada mangga nih! Ini adalah salah satu cara yang biasanya dilakukan oleh orang-orang zaman dahulu.

kamu cukup memasukkan mangga ke dalam tempat beras. Kubur buah mangga hingga benar-benar tertutup sempurna dengan beras.

Proses ini membuat buah mangga terhalang sinar matahari dan membuatnya tetap hangat. Hanya butuh 1 sampai 2 hari saja, mangga dipastikan akan matang sempurna.

7 dari 8 halaman

Campurkan Mangga Muda dan Mangga Matang

Tips agar Mangga Cepat Matang © Diadona

Jika kamu memiliki buah mangga yang sudah matang namun tak langsung dikonsumsi, ini bisa menjadi salah satu cara untuk mematangkan buah mangga yang masih muda lho!

Campurkan saja saat menyimpan buah mangga yang muda dengan yang matang di salah satu tempat. Hal ini karena akan timbul reaksi kimia antara kedua jenis mangga tersebut yang memunculkan oksidasi.

Proses inilah yang akan membuat mangga lebih cepat matang. Namun, perlu diperhatikan, jangan terlalu lama menyimpan buah mangga yang sudah matang, karena akan menyebabkan busuk.

8 dari 8 halaman

Gunakan Buah Pembungkus (Wax Paper)

Tips lainnya yang masih bisa dilakukan untuk mempercepat proses kematangan pada buah mangga adalah dengan buah pembungkus atau wax paper.

Mangga dapat dibungkus dengan kertas lilin atau kertas parafin untuk mempercepat proses pematangan. Ini membantu menjaga kelembaban dan memberikan insulasi tambahan untuk membantu mangga matang lebih cepat.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pengecekan secara berkala pada buah mangga yang akan dimatangkan ya.

Itulah beberapa tips agar mangga cepat matang yang bisa diterapkan. Kini, menunggu matangnya buah mangga tak perlu terlalu lama lagi. Selamat mencoba!

Beri Komentar