6 Tips Memilih Buah Manggis yang Matang dan Manis, Tanpa Perlu Dicicip!

Reporter : Arifina
Senin, 16 Oktober 2023 20:47
6 Tips Memilih Buah Manggis yang Matang dan Manis, Tanpa Perlu Dicicip!
Cara mengetahui buah manggis matang dan manis, cukup lihat bagian salah satu ini lho! Simak deh!

Tips memilih buah manggis bisa dilakukan tanpa perlu membuka kulitnya. Hanya dari bagian luarnya saja kita bisa mengetahui buah berwarna cokelat keunguan tersebut manis atau tidak.

Buah manggis yang manis memiliki banyak khasiat dan menjadi salah satu buah musiman yang disukai banyak orang. Dilansir dari yankes.kemkes.go.id, manfaat buah manggis  tidak kalah dengan buah jeruk dan apel yang sama-sama kaya nutrisi.

Kandungan buah manggis per 196 gram adalah karbohidrat, protein, vitamin C, dan mineral. Vitamin dan mineral pada buah ini dapat membantu mempertahankan imunitas tubuh, kontraksi obat, hingga produksi DNA.

1 dari 8 halaman

Ilustrasi Buah Manggis © Diadona

Manfaat yang didapatkan jika mengonsumsi buah manggis yaitu memperkuat dan menyehatkan sistem imun, mendukung kesehatan mental, keseimbangan mikroba pada tubuh serta meningkatkan kelenturan sendi. Selain itu buah ini juga dapat mengontrol kadar gula darah.

Untuk menghindari rasa masam pada buah ini, perlu untuk memperhatikan bagaimana memilih buah manggis yang manis dan layak untuk dikonsumsi.

Sehingga, kandungan buah ini dapat bekerja dengan baik pada kesehatan tubuh. Berikut beberapa tips untuk memilih buah manggis yang tepat!

2 dari 8 halaman

Perhatikan Ukuran Buah

Cara pertama untuk mendapat buah manggis yang manis, dapat dilihat dari ukuran buahnya yang bervariatif. Banyak buah manggis yang berkulit tebal dengan ukuran yang kecil maupun besar.

Buah manggis yang berukuran besar dan berat menunjukkan buah tersebut memiliki kadar air yang tinggi dan segar. Sedangkan yang memiliki rasa manis biasanya beukuran kecil atau tidak terlalu besar. Biasanya buah manggis yang kecil dan tak ada bijinya adalah yang memiliki rasa manis.

3 dari 8 halaman

Lihat dengan Baik Warna Buahnya

Buah manggis yang memiliki cita rasa manis, umumnya memiliki warna kulit yang seragam atau sama. Warna ini biasanya yang belum ke hitam-hitaman.

Artinya warna yang tepat dalam pemilihan buah manggis adalah yang dimiliki masih ungu kemerahan. Pilih yang memiliki warna yang merata dan cerah.

Hindari jika buah manggis memiliki warna pucat dan memiliki warna hijau. Karena dapat menunjukkan bahwa buah manggis tersebut belum matang.

4 dari 8 halaman

Perhatikan Tekstur Kulitnya

Tips Memilih Buah Manggis © Diadona

Buah manggis akan memiliki rasa yang manis jika tekstur kulitnya halus. Jika kulit buah manggis kasar, kemungkinan rasa buah tersebut tidak manis bahkan terasa masam.

Hindari pula manggis yang memiliki getah kuning pada bagian kulitnya. Karena kemungkinan besar getah kuning tersebut juga berada pada bagian dalam daging, sehingga rasa buah manggis menjadi tidak lezat.

Pastikan buah yang dipilih tidak memiliki keretakan atau pecah-pecah pada bagian luarnya. Adanya retakan atau lubang yang kecil pada kulit bisa mengakibatkan serangga atau bakteri masuk ke dalam buah.

Sehingga, menyebabkan kemungkinan buah tersebut akan mengalami pembusukan.

5 dari 8 halaman

Pilih Buah Manggis yang Empuk

Jangan lupa juga untuk menekan sedikit kulit manggis untuk memastikan apakah buah tersebut telah matang. Buah manggis yang memiliki tekstur kulit empuk dan mudah untuk ditekan, kemungkinan bahwa buah manggis tersebut memiliki cita rasa yang manis.

Coba dengan menekan ujung buah manggis, apakah setelah ditekan dan kembali lagi. Jika buah manggis kembali lagi dari tekanan, tandanya buah tersebut sudah matang dan siap untuk dimakan.

6 dari 8 halaman

Lihat Bagian Bawah Buah Manggis

Perhatikan bagian bawah buah manggis yang memiliki warna hijau kehitaman. Jika bagian bawah memiliki warna tersebut, biasanya buah manggis memiliki banyak isi atau segmen.

Bentuk yang mirip seperti kelopak bunga biasanya akan mewakili isi manggis. Jadi jika ingin memiliki buah manggis yang banyak isi, perhatikan jumlah kelopak yang terbanyak. Biasanya bagian bawahnya bermacam-macam, ada yang enam, tujuh, atau delapan yang mewakili isi atau segmen didalamnya.

7 dari 8 halaman

Bau Aroma Buah Manggis

Ilustrasi Buah Manggis © Diadona

Buah manggis yang sudah matang memiliki aroma kuat yang sangat manis. Aroma tersebut hampir mirip seperti campuran buah stroberi, jeruk, dan buah-buahan tropis lainnya.

Aroma ini juga menandakan bahwa buah manggis memiliki gula alami yang telah berkembang dengan sempurna. Bahkan sebelum dibuka, buah tersebut akan mengeluarkan bau manis yang sangat menyengat.

Hal ini adalah salah satu tanda bahwa buah manggis tersebut sudah matang dan memiliki cita rasa yang manis.

 

8 dari 8 halaman

Itulah beberapa tips memilih buah manggis yang sudah matang dan manis. Kualitas dan rasa buah manggis tergantung pada musim dan cara memilihnya yang benar

Jadi, buah mangga yang segar dan baik adalah daging yang berair, manis, dan memiliki aroma khas yang kuat dan lezat. Jangan sampai salah saat memilih buah manggis, dan perhatikan bagian bawah buah jika ingin mendapat isi yang lebih banyak. Selamat Mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar