Saus Mentai Asal Jepang Jadi Tren di Bisnis Kuliner Indonesia

Reporter : Audila Rima Ndani
Kamis, 25 Februari 2021 13:37
Saus Mentai Asal Jepang Jadi Tren di Bisnis Kuliner Indonesia
Yuk, ketahui bedanya saus mentai di Jepang dan Indonesia.

Beberapa tahun terakhir mentai menjadi salah satu makanan yang banyak dibicarakan oleh masyarakat. Kalau sudah ngomongin mentai, kita pasti terbayang makanan yang disiram dengan saus berwarna oranye di atasnya.

Tren mentai ini bahkan membuat banyak pemilik usaha kuliner mulai melirik dan mencoba peruntungan mereka dengan makanan ini. Hingga saat ini, mulai banyak bisnis yang menjual sajian makanan dengan saus mentai mulai dari sushi, dimsum, hingga spaghetti mentai.

Penasaran nggak sih sebenarnya darimana asal tren mentai yang sedang merajalela di dunia kuliner Indonesia ini? Simak informasi berikut ya!

1 dari 4 halaman

Serba-Serbi Mentai

Ilustrasi Mentai © Diadona

Dilansir dari Nibble.id, istilah mentai sebenarnya datang dari bahasa Jepang yaitu mentaiko. Di Jepang sendiri, mentaiko adalah telur ikan kod yang dimarinasi dengan beragam bumbu untuk menciptakan rasa yang berbeda.

Mentaiko kemudian diolah menjadi banyak jenis makanan. Beberapa di antaranya digunakan sebagai isian onigiri, topping untuk spaghetti, donburi, garnish sushi, dan dijadikan saus yang kini populer.

2 dari 4 halaman

Perbedaan Saus Mentai Jepang dan Indonesia

Ilustrasi Mentai © Diadona

Saus mentai awalnya diciptakan dari gaya makanan Western yang mengombinasikan mayonnaise dan mentaiko. Kombinasi itu menghasilkan tekstur yang kental. Rasanya pun cukup creamy dengan sensasi rasa umami yang berasal dari telur ikan kod.

Kalau harus dibandingkan, rasa saus mentai Jepang dan Indonesia tentu berbeda. Di Jepang, saus mentai lebih terasa bland karena minim bumbu.

3 dari 4 halaman

Sementara di Indonesia, rasa saus mentai sudah dimodifikasi dengan beragam bumbu sesuai dengan selera masyarakat. Makanya rasanya lebih bisa diterima oleh lidah kita.

Penjual saus mentai di Indonesia juga biasanya menggunakan tobiko sebagai bahan utama. Hal itu karena budidaya ikan kod cukup sulit ditemukan di Indonesia.

4 dari 4 halaman

Makanan dari Saus Mentai

Tren saus mentai ini menghasilkan bebera jenis makanan yang cukup populer di tengah masyarakat. Setelah disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia, menu olahan mentai ini berhasil bikin banyak orang jatuh hati. Berikut beberapa di antaranya:

Salmon Mentai Rice

Ilustrasi Mentai © Diadona

Salmon mentai rice terbuat dari nasi, salmon, dengan topping saus mentai.

Dimsum Mentai

Ilustrasi Mentai © Diadona

Saus mentai ternyata terasa pas saat disantap bersama dimsum.

Kamu paling suka yang mana nih?

Beri Komentar