Resep Telur Puyuh Kecap, Menu Masakan Rumahan yang Lezat, Praktis Dibuat dan Menggugah Selera

Reporter : Arifina
Senin, 26 Februari 2024 19:07
Resep Telur Puyuh Kecap, Menu Masakan Rumahan yang Lezat, Praktis Dibuat dan Menggugah Selera
Sudah pernah cobain? Buat sendiri aja yuk!

Resep telur puyuh kecap bisa jadi referensi menu pilihan untuk makan siang di rumah. telur puyuh menjadi salah satu bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai variasi masakan.

Di antaranya, telur puyuh balado, sate telur puyuh, gulai tahu telur puyuh, semur telur puyuh, hingga masakan korea mechurial jangjorim yang rasanya lezat.

Bentuk telur puyuh yang kecil dan rasanya yang lezat membuat siapa saja gampang menyukai menu masakan dari bahan utama tersebut. Selain itu, telur puyuh juga kaya manfat yang bagus untuk tubuh.

1 dari 7 halaman

Resep Telur Puyuh Kecap © Diadona

Telur puyuh kaya akan protein, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan tubuh. Protein dalam telur puyuh membantu membangun dan memelihara massa otot.

Kemudian, kandungan vitamin dan mineral dalam telur puyuh membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karena itu, banyak orang menjadikan olahan telur puyuh sebagai menu makanan harian mereka.

2 dari 7 halaman

Nah, olahan telur puyuh kecap ini hampir sama dengan semur. Cara buatnya sangat praktis dan mudah dengan bahan-bahan yang gampang dicari di pasaran.

Menu masakan ini cocok disajikan untuk berbagai kalangan lho! Perpaduan rasa telur puyuh yang lezat ditambah dengan kecap manis membuat sajian masakan ini menggugah selera.

Tertarik untuk mencoba membuatnya? Simak resep berikut!

3 dari 7 halaman

Resep Telur Puyuh Kecap

Resep Telur Puyuh Kecap © Diadona

Rasa manis kecap dan gurih lembut telur puyuh yang menyatu bikin nagih selalu nih!

Bahan-Bahan:

  • 20 butir telur
  • 100 ml air
  • 3 sdm Bango Kecap Manis
  • ½ sdt merica putih bubuk
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 2 sdm minyak goreng

Bahan Bumbu Halus:

  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 butir kemiri (sangrai)

4 dari 7 halaman

Cara Membuat Telur Puyuh Kecap

Langkah pertama, didihkan air, lalu rebus terlebih dahulu telur puyuh selama 10 menit. Angkat, dinginkan, dan kupas kulitnya. Sisihkan.

Langkah kedua, haluskan semua bahan bumbu halus. Kamu bisa menghaluskannya menggunakan chopper, blender ataupun diulek ya.

Langkah ketiga, panaskan minyak dalam wajan lalu tumis bahan bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum.

5 dari 7 halaman

Resep Telur Puyuh Kecap © Diadona

Langkah keempat, masukkan telur puyuh yang sudah direbus dan dikupas ke dalam tumisan bumbu halus. Tambahkan air, lalu aduk-aduk sampai bumbu merata.

Langkah kelima, beri Bango kecap manis, gula, garam dan merica. Aduk-aduk masakan hingga bumbu tercampur rata dan meresap.

Biarkan telur puyuh mendidih dalam saus kecap dengan api kecil hingga saus meresap dan harum. Angka, lalu tata di atas piring saji.

Sajikan telur puyuh kecap ini selagi hangat sebagai lauk pendamping nasi putih.

6 dari 7 halaman

Tips Membuat Variasi Telur Puyuh Kecap

Telur puyuh kecap memang bisa dinikmati begitu saja. Tapi, agar semakin nikmat kamu bisa menambahkan berbagai bahan masakan lainnya lho!

  • Tambahkan cabai rawit iris sesuai selera jika ingin cita rasanya lebih pedas.
  • Ingin ras lebih gurih? Kamu bisa menambahkan 1 sendok makan saus tiram dalam tumisan bumbunya.
  • Beri sayuran seperti wortel, wortel, kentang, atau buncis ke dalam masakan ini agar memberikan variasi rasa yang lebih menarik.

Itulah resep telur puyuh kecap yang bisa kamu recook di rumah. Menu rumahan simpel dan praktis ini cocok untuk variasi masakan di rumah yang menggugah selera. Selamat mencoba!

Beri Komentar