Resep Sotong Tahu Bulat Takaran Sendok, Camilan Murah Meriah Super Renyah dan Menggiurkan

Reporter : Arifina
Jumat, 26 April 2024 12:47
Resep Sotong Tahu Bulat Takaran Sendok, Camilan Murah Meriah Super Renyah dan Menggiurkan
Rasanya super renyah dan gurih, buatnya pun mudah!

Resep sotong tahu bulat takaran sendok bisa kamu jadikan referensi sajian camilan sederhana di rumah. Biasanya, jajanan satu ini dijual pedagang kaki lima dengan berbagai varian rasa bumbu yang lezat.

Sotong tahu bulat terbuat dari tepung terigu yang dibentuk memanjang. Camilan simple satu ini biasanya dijual oleh pedagang tahu bulat.

Perpaduan tekstur renyah dari tepung dan kelembutan sotong, ditambah bumbu gurih yang khas, membuat camilan ini selalu menggoda selera. Banyak orang membeli tahu bulat sekalian dengan sotongnya lho!

 

1 dari 6 halaman

Resep Sotong Tahu Bulat Takaran Sendok © Diadona

Kamu bisa menyajikan sotong dengan taburan bumbu bubuk seperti balado pedas, jagung manis, keju, dan lain sebagainya. Harganya yang murah membuat olahan jajanan satu ini banyak diburu.

Nah, daripada antri di pedagang kaki lima, kamu pun bisa banget membuatnya sendiri di rumah. Tak perlu bingung dan ribet, cukup menggunakan takaran sendok kamu sudah bisa menghasilkan camilan renyah dan menggiurkan satu ini lho!

Simak resepnya berikut!

 

2 dari 6 halaman

Resep Sotong Tahu Bulat Takaran Sendok

Dengan resep takaran sendok ini akan memudahkan kamu dalam membuat camilan renyah satu ini. Kamu juga bebas mengkreasikan aneka rasa bumbu campuran untuk menikmati jajanan sederhana ini lho!

Sotong dibuat dari bahan utama tepung terigu, kemudian dicampurkan dengan telur dan bahan lainnya hingga terbentuk memanjang seperti cabai.

Bahan-Bahan:

  • 7 sdm tepung terigu
  • 15 sdm tepung tapioka
  • 1 butir telur
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 2-3 siung bawang putih
  • 1 sdt lada bubuk
  • 170 ml air
  • Minyak goreng

 

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Sotong Tahu Bulat Takaran Sendok

Resep Sotong Tahu Bulat Takaran Sendok © Diadona

Siapkan panci, lalu mulai campurkan bawang putih yang dihaluskan lebih dahlu dengan garam, lada, dan kaldu bubuk. Masak hingga mendidih.

Kemudian, tambahkan tepung terigu, aduk-aduk hingga tercampur rata. Masak sampai adonan tepung terigu mengental.

Masukkan telur, aduk-aduk adonan sampai tercampur sempurna. Lalu, tambahkan tepung tapioka dan aduk sampai rata.

 

4 dari 6 halaman

Uleni adonan sotong sampai tidak lengket dan bisa dibentuk. Lalu, mulailah untuk membentuk adonan dengan mengambil sedikit demi sedikit dan bentuk memanjang seperti cabai.

Lakukan pembentukan sotong hingga semua adonan habis. Selanjutnya, rebus sotong sampai mendidih hingga mengapung, angkat, tiriskan, dan dinginkan dahulu.

Panaskan minyak di wajan, lalu goreng sotong yang sudah direbus sebelumnya. Goreng sampai berwarna kuning keemasan, angkat dan tiriskan.

 

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Sotong Crispy © Diadona

Nah, sotong sudah siap disajikan dengan bumbu tabur bubuk aneka rasa atau cabai bubuk deh!

Kamu bisa mengkreasikan pembuatan sotong dengan bahan-bahan lainnya lho! Misalnya, menambahkan sayuran seperti wortel parut dan kol iris halus.

Kemudian, melapisi sotong dengan tepung roti sebelum digoreng untuk menghasilkan tekstur rasa yang lebih renyah. Sesuaikan saja dengan keinginanmu ya!

Sangat mudah bukan membuatnya? Itulah resep sotong tahu bulat takaran sendok yang bisa kamu recook untuk menyajikan menu camilan sederhana di rumah. Selamat mencoba!

Beri Komentar