7 Resep Sate Jamur Tiram yang Sederhana, Enak dan Murah Meriah

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 31 Agustus 2022 17:49
7 Resep Sate Jamur Tiram yang Sederhana, Enak dan Murah Meriah
Ada stok jamur tiram tapi lagi mengurango makan gorengan? Resep sate jamur tiram adalah solusinya.

Yang namanya sate selalu identik dengan bahan-bahan dari protein hewani seperti ayam, kambing, hingga daging sapi. Tapi ternyata ada lho resep sate jamur tiram yang rasanya nggak kalah enak dengan sate pada umumnya. Dengan bumbu yang pas, wangi semerbak ala sate ketika dibakar, serta tekstur kenyal, sate jamur ini nggak akan cuman jadi pengganti sate yang lebih murah tapi juga akan jadi sajian favorit keluarga.

Resep sate jamur tiram ini populer di kalangan para vegetarian lho! Uniknya, sate jamur tiram ini nggak melulu ditusuk dengan tusuk sate seperti sate pada umumnya tapi juga bisa dimasak ala tumisan. Agar tak berbau, jamur tiram biasanya direbus terlebih dahulu.

Pasti udah pada penasaran kan? Yuk bikin sajian mudah, enak dan murah dengan resep sate jamur tiram berikut.

 

1 dari 7 halaman

Resep Sate Jamur Tiram

Resep Sate Jamur TiramResep Sate Jamur Tiram © Cookpad.com/aniesaryono

Pengolahan jamur tiram yang salah biasanya masih meninggalkan bau tak sedap khas jamur tiram yang membuat nafsu makan berkurang. Tapi kalau kamu ngikutin resep berikut, dijamin hal itu tak akan terjadi deh!

Bahan-bahan

  • 85 gram jamur tiram

Bahan Rendaman:

  • Seujung sdt garam
  • 1/2 sdm kecap manis
  • 1/4 sdt gula merah
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk

Bahan Oles:

  • 1 sdm kecap manis
  • 1/2 sdm margarin

Cara membuat :

  • Rebus jamur dalam air mendidih hingga lunak, tiriskan dan peras hingga kering laku suwir suwir memanjang
  • Buat bahan rendaman, campur rata
  • Campur jamur dengan bahan rendaman lalu tusuk zig-zag seperti membuat sate usus

Buat bahan olesan

  • Panggang sate jamur, lalu oles dengan bahan oles, panggang hingga kedua sisi matang dan sajikan

 

2 dari 7 halaman

Resep Sate Jamur Tiram Mirip Ayam

Resep Sate Jamur Tiram Mirip AyamResep Sate Jamur Tiram Mirip Ayam © Cookpad.com/dapurVY

Nah kalau resep jamur tiram yang ini nih disebut mirip banget dengan sate ayam. Kamu nggak penasaran pengen cobain?

Bahan :

  • 10 lembar jamur tiram agak besar
  • 3 sdm kecap manis
  • secukupnya bawang merah goreng

Bumbu halus :

  • 1 sdt ketumbar
  • 3 buah cabe rawit merah
  • 1 butir kemiri sangrai
  • sedikit garam/kaldu bubuk

Bumbu olesan (campur rata) :

  • 1 sdt mentega
  • 1/2 sdm kecap manis

Cara memasak :

  • Didihkan air di panci, masukkan jamur yang sudah dicuci bersih. Rebus sebentar saja asal layu. Tiriskan, peras, suwir seperlunya. Tusukkan ke tusuk sate.
  • Campur rata bumbu halus dan kecap manis, tuang rata ke jamur, biarkan meresap 15 menit.
  • Bakar sate jamur bolak-balik smp matang sambil dioles bahan olesan. Sajikan dengan taburan bawang goreng.

3 dari 7 halaman

Resep Sate Jamur Tiram dan Sosis

Resep Sate Jamur Tiram dan SosisResep Sate Jamur Tiram dan Sosis © Instagram/@resepaladia

Agar rasa dan teksturnya makin kaya, kamu bisa menambahkan sosis favorit kamu lho. Atau tambahkan juga sayuran seperti paprika agar lebih sehat dan cantik.

Bahan :

  • 500 gram jamur tiram
  • 1 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus tiram
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt madu
  • Lada secukupnya
  • Minyak secukupnya
  • 3 sosis

Bumbu halus:

  • 1 sdm ketumbar sangrai
  • 2 butir kemiri
  • 1/4 jinten
  • 1 ruas ibu jari jahe

Bahan olesan:

  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdt mentega
  • 2 sdm saus tiram

Cara membuat:

  • Rebus jamur dan sosis di dalam air mendidih sebentar aja, tambahkan sedikit garam. Angkat. Cuci dan peras airnya. Sisihkan.
  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan juga garam, gula, kaldu jamur, saus tiram, kecap manis, madu, dan lada, aduk rata. Angkat.
  • Campurkan jamur dan sosis dengan bumbu tumis, lalu diamkan sebentar di dalam kulkas selama 60 menit.
  • Ambil jamur, lalu tusuk-tusuk jamur dan sosis bergantian.
  • Panaskan teflon yang sudah dioleskan dengan sedikit margarine. Bakar jamur sampai garing dan matang.
  • Angkat, sajikan dengan mayones.

4 dari 7 halaman

Resep Sate Jamur Merang

Resep Sate Jamur MerangResep Sate Jamur Merang © Instagram/@fridajoincoffee

Setelah dimasak, jamur merang memiliki tekstur yang lembut dan kenyal. Namun bila dibandingkan dengan jamur kancing, teksturnya sedikit lebih ringan. Lalu gimana bila jamur merang ini kita oleh dengan bumbu seperti pada resep jamur tiram di atas?

Bahan:

  • 250 gr jamur merang
  • 2 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus tiram
  • 1/4 sdt lada bubuk

Cara membuat:

  • Cuci bersih jamur merang, belah.
  • Rebus air secukupnya hingga mendidih. Masukkan jamur selama 3 menit, supaya menghilangkan aroma atau bau langu ketika dibakar nanti.
  • Tiriskan kemudian, susun di tusukkan sate.
  • Campurkan semua bahan saus marinasi, oleskan pada jamur, lalu diamkan selama 30 menit supaya bumbu saus meresap.
  • Panggang sampai matang, bolak-balik sambil dioles bumbu.
  • Sajikan dengan bumbu kacang atau sambal kecap sesuai selera.



5 dari 7 halaman

Grilled King Mushroom

Grilled King MushroomGrilled King Mushroom © instagram.com/doctordailykitchen/

King Oyster Mushroom memang masih satu keluarga dengan jamur tiram, tapi penampakannya sangat jauh berbeda. Biasanya jamur ini diolah dengan beragam macam olahan menu masakan seperti tumis dan aneka menu lainnya. yuk dikreasikan dengan resep jamur tiram.

Bahan :

  • 1 bungkus king oyster mushroom, potong sesuai selera
  • 6 tomat ceri merah, potong jadi 2 bagian
  • 2 sdm saus tomat
  • 2 sdm saus pedas

Bumbu halus

  • 2 bawang putih
  • 2 bawang merah
  • 2 cabe domba merah
  • 2 sdm minyak goreng

Cara :

  • Campurkan bumbu halus, saus tomat, saus pedas dan potongan jamur di dalam wadah. Lalu biarkan bumbu meresap sekitar 15 - 20 menit.
  • Ambil tusuk sate, tusuk jamur diselingi tomat sampai habis.
  • Panggang di atas teflon sambil dioles sisa bumbu sampai jamur matang dan angkat.

6 dari 7 halaman

Resep Sate Jamur Tiram Saus Kacang

Resep Sate Jamur Tiram Saus KacangResep Sate Jamur Tiram Saus Kacang © instagram.com/byviszaj/

Teksturnya sudah mirip banget dengan sate ayam, jadi kurang lengkap rasanya bila tidak mengolahnya dengan resep sate jamur tiram ditambah dengan saus kacang.

Bahan :

  • 500gr jamur tiram

Bumbu Halus:

  • 2 bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 sdm kecap manis
  • Garam

Bahan saus kacang :

  • 300 gr kacang tanah
  • 8 bawang merah
  • 5 bawang putih
  • 3 cabe merah besar (buang bijinya)
  • 2 kemiri
  • Sedikit gula merah
  • Kecap manis
  • Garam
  • Kaldu bubuk

Cara memasak :

  • Cuci bersih jamur tiram lalu rebus kira-kita 2-3 menit, tiriskan. Peras airnya lalu suwir jamur. Tusukkan ke tusukan sate satu per satu
  • Haluskan bumbu lalu lumuri sate jamur ke bumbu halus sampai rata. Simpan di dalam kulkas semalam
  • Haluskan bahan saus kacang, masak sampai matang dan berubah warna. Masukkan semua sisa bahan aduk rata, cek rasa, sisihkan
  • Ambil 1 sdm bumbu kacang pada piring, tambahkan 2 sdm kecap manis campur rata. Ambil beberapa tusuk sate campurkan sate dgn bumbu kacang diamkan sebentar
  • Bakar sate sampai setengah matang, beri bumbu kacang lagi dan bakar sampai matang

7 dari 7 halaman

Resep Jamur Tiram Bumbu Sate

 

Resep Jamur Tiram Bumbu SateResep Jamur Tiram Bumbu Sate © instagram.com/ocha_chupid/

Kalau kebetulan sedang ada persediaan bumbu pecel tapi cuman ada stok jamur tiram, resep sate jamur tiram berikut ini adalah solusi biar makan enak, gampang dan murah meriah.

Bahan:

  • 250 gram jamur tiram, cuci bersih, peras lalu suwir
  • 3 sdm penuh bumbu pecel, encerkan dengan air dan tambahkan 2 sdm kecap manis, aduk rata
  • Bawang merah mentah iris untuk lalap
  • Tomat iris
  • Daun jeruk iris tipis

Cara membuat:

  • Siapkan teflon, tumis jamur tanpa minyak hingga kesat dan berwarna kecoklatan
  • Masukkan bumbu pecel yang sudah dilarutkan, tambahkan merica dan sedikit kaldu jamur jika suka
  • Masak dengan api kecil hingga benar-benar asat
  • Sajikan bersama bawang merah iris, rajangan tomat dan daun jeruk

Resep sate jamur tiram harus banget masuk dalam daftar masakan sehari-hari kamu, apalagi ketika kamu ingin mengolah jamur tiram yang murah meriah tapi sedang menghindari gorengan.

Baca Juga: 9 Resep Mie Nyemek Simpel, Pedas dan Menggunakan Bahan-Bahan yang Mudah Didapat! 7 Resep Saus Gochujang Halal, Enak dan Menggunakan Bahan-Bahan Lokal 8 Resep Sambal Cibiuk Khas Sunda, Pedas dan Segar Cocok Buat Pendamping Lalapan! 7 Resep Empal Daging Super Empuk dan Lezat untuk Stok Lauk

Beri Komentar