10 Resep Sarapan Pagi Sederhana dan Menyehatkan, Cara Membuatnya juga Mudah dan Cepat

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 19 Agustus 2022 02:00
10 Resep Sarapan Pagi Sederhana dan Menyehatkan, Cara Membuatnya juga Mudah dan Cepat
Jangan sampai skip sarapan guys, ini sepele tapi penting hehehe

Resep sarapan pagi nggak melulu harus ribet dan terlihat mewah. Kamu tetap bisa sarapan dengan menu yang menyehatkan tapi sederhana loh. Pun buat kamu yang punya kesibukan yang padat, kamu juga tetap bisa membuatnya dengan mudah dan tentunya cepat.

Resep sarapan pagi ini juga pantang dilewatkan loh, Diazens. Seperti yang kita tahu, sarapan pagi itu sangat penting loh untuk menjaga energi kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sarapan pagi juga punya peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh.

Tapi, juga nggak bisa asalan sarapan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, Diazens. Usahakan untuk selalu membuat dan mengkonsumsi menu sarapan sehat untuk menjaga sistem metabolisme tubuh. Nah, di artikel ini akan ada beberapa resep sarapan pagi yang bisa jadi inspirasi kamu.

Resep sarapan pagi yang telah dirangkum dari berbagai sumber ini tentunya menyehatkan. Selain itu, cara membuatnya juga mudah dan cepat. Jadi nggak perlu khawatir akan memakan waktu lama dalam membuatnya. Yuk simak resep-resepnya di bawah ini.

1 dari 11 halaman

1. Salad Sayur

Resep Sarapan PagiResep Sarapan Pagi © Shutterstock.com

Resep sarapan pagi yang penuh gizi yang pertama dalah salad sayur. Nggak usah ditanya lagi lah ya tentang kesehatan dari menu ini, karena sudah jelas hehehe.

Bahan-bahan:

  • Sawi putih/kol/selada
  • Irisan wortel
  • Irisan timun
  • Irisan tomat

Bahan tambahan:

  • 2 sdm thousand island
  • 1 sdt minyak zaitun
  • Lada bubuk
  • Bawang putih oven/goreng (opsional)
  • Telur asin/suwiran ayam

Cara membuat salad sayur:

  1. Masukkan semua bahan di piring
  2. Tambahkan bahan tambahan sesuai selera
  3. Aduk sampai rata, salad sayur pun sudah siap untuk disantap.

See, mudah banget nggak sih bikinnya. Nggak cuma mudah, tapi juga cepat hehehe.

2 dari 11 halaman

2. Oatmeal Pisang

Resep Sarapan PagiResep Sarapan Pagi © Shutterstock.com

Oatmeal juga bisa dijadikan salah satu resep sarapan pagi yang sederhana dan menyehatkan. Kelezatannya sih nggak usah diragukan lagi kalau oatmeal ini.

Bahan-bahan:

  • 3 sdm oatmeal
  • 2-3 buah pisang
  • 1 sdt gula pasir
  • 100 ml susu full cream putih
  • secukupnya air

Cara membuat:

  1. Panaskan air secukupnya saja.
  2. Kemudian, masukkan oatmeal.
  3. Lalu, tambahkan susu cair dan aduk rata sampai oatmeal empuk.
  4. Matikan api, pindahkan ke mangkuk. Kamu bisa menunggunya dingin dulu kalau nggak suka makanan panas.
  5. Tambahkan potongan pisang di atasnya untuk topping.
  6. Oatmeal siap disajikan deh.

Mudah banget, kan? Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk resep ini juga sangat sederhana dan mudah di dapat.

3 dari 11 halaman

3. Salad Buah

Resep Sarapan PagiResep Sarapan Pagi © Shutterstock.com

Resep sarapan pagi yang sederhana tapi bergizi adalah salad sayur. Ini juga sangat segar, Diazens. Cocok untuk memulai hari dengan semangat.

Bahan-bahan:

  • Buah-buahan minim air (stroberi, mangga, kiwi, anggur, melon, apel) sesuaikan saja dengan selera kamu
  • Nata de coco (buang airnya)

Bahan saus:

  • 500 gr Mayo
  • 250 gr yoghurt
  • 250 gr susu kental manis
  • Keju parut (opsional, sesuai selera)

Cara membuat:

  1. Potong semua buah menjadi ukuran dadu kecil, campur di dalam wadah
  2. Kemudian di wadah terpisah, campur semua bahan saus kecuali keju, dan aduk hingga rata.
  3. Tuang saus ke atas irisan buah, aduk dan berikan keju parut.
  4. Salad buah sudah siap untuk menjadi menu sarapan kamu.

Asli ini ngebayangin aja rasanya sudah enak banget. Ini juga cocok untuk resep sarapan pagi buat kamu yang sedang diet, Diazens.

4 dari 11 halaman

4. Pancake Pisang

Resep Sarapan PagiResep Sarapan Pagi © Shutterstock.com

Pancake pisang juga bisa dijadikan ide resep sarapan pagi yang sederhana dan mengeyangkan. Cara membuatnya juga mudah, bahan-bahannya pun juga sangat sederhana.

Bahan-bahan:

  • 2 buah pisang matang, lumatkan
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdm tepung terigu
  • 1 sdm santan kental
  • margarin secukupnya
  • Madu secukupnya

Cara membuat:

  1. Lumatkan pisang hingga halus.
  2. Masukkan gula pasir, tepung terigu, dan santan kemudian aduk sampai rata
  3. Jika sudah, panaskan margarin di wajan anti lengket.
  4. Tuang adonan pancake. Masak hingga matang.
  5. Untuk menyantapnya kamu bisa menambahkan madu di atasnya. Juga bisa tambahkan beberapa potongan pisang.
  6. Pancake pisang pun sudah siap untuk disantap

5 dari 11 halaman

5. Tumis Sosis Sayur

Resep Sarapan PagiResep Sarapan Pagi © Unsplash.com

Jika kamu sudah cukup bosan dengan resep sarapan pagi buah-buahan kamu bisa mencoba tumis sosis sayur ini. Sudah tahu kan gimana rasanya sosis kalau ditumis? enak banget!

Bahan-bahan:

  • 10 buah sosis kecil
  • 1 buah brokoli kecil
  • 1 buah wortel
  • 1/2 buah bawang bombay
  • 4 siung bawang putih
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdm saus sambal
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • garam dan gula secukupnya

Cara membuat:

  1. Potong-potong sayuran dan cuci bersih. Iris tipis bawang bombay dan bawang putih.
  2. Panaskan minyak secukupnya, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum dan layu
  3. Masukkan sosis, tumis hingga matang. Masukkan wortel dan brokoli, beri air secukupnya, masak hingga sayuran matang.
  4. Jika sayuran sudah terlihat matang, masukkan saus tiram, saus sambal, lada bubuk, garam dan gula secukupnya.
  5. Koreksi rasanya sesuai selera kamu, dan sosis tumis sayur pun sudah siap untuk dinikmati.

6 dari 11 halaman

6. Tahu Cabe Garam

Resep Sarapan PagiResep Sarapan Pagi © Shutterstock.com

Tahu cabe garam ini juga bisa kamu jadikan menu resep sarapan pagi. Tahu sendiri juga merupakan makanan tinggi protein yang cocok banget untuk dijadikan sarapan.

Bahan-bahan:

  • 5 buah tahu putih, bagi masing-masing menjadi 8 bagian
  • 2 siung bawang putih, iris tipis
  • 8 siung bawang putih, cincang
  • 6 buah cabe rawit hijau, iris
    tipis
  • 6 buah cabe rawit merah, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt merica
  • 1 sdm margarin

Bahan crispy tahu:

  • 4 sdm tepung meizena
  • 1 sdm tepung sagu
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt merica

Cara membuat:

  1. Rendam tahu dengan air panas yang telah dicampur dengan 1 sdt garam. Tiriskan dan pastikan tahu benar-benar kering.
  2. Campur semua bahan pelapis tahu dalam wadah, aduk rata, lalu masukkan potongan tahu ke dalamnya. Guncang-guncangkan wadah sampai tahu tertutup semua dengan tepung.
  3. Panaskan minyak, lalu goreng tahu sampai kuning garing di kedua sisinya. Angkat dan sisihkan.
  4. Goreng bawang putih yang dicincang dengan minyak yang banyak menggunakan api kecil lalu aduk terus sampai berwarna kuning keemasan. Jangan sampai bawang putih gosong karena rasanya akan pahit. Angkat dan sisihkan.
  5. Dengan menggunakan 1 sdm minyak bekas menggoreng bawang putih dan 1 sdm margarin, tumis irisan bawang putih, cabe rawit merah dan hijau, daun bawang, garam, dan merica, sampai matang dan layu.
  6. Aduk terus sampai bumbu terlihat kering, lalu matikan kompor.
  7. Masukkan bawang putih cincang goreng dan aduk rata, lalu masukkan tahu yang telah digoreng. Aduk kembali.
  8. Tahu cabe garam crispy siap disajikan.

Oh iya, buat kamu yang nggak terbiasa makan pedas pagi hari kamu bisa mengurangi penggunaan cabe rawitnya ya, Diazens.

7 dari 11 halaman

7. Telur Dadar Keju Saus Tomat

Resep Sarapan PagiResep Sarapan Pagi © Unsplash.com

Telur juga bisa digunakan untuk bahan resep sarapan pagi yang sederhana tapi tetap menyehatkan. Salah satunya dengan kreasi Telur Dadar Keju Saus Tomat ini.

Bahan-bahan:

  • 2 butir telur
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 siung bawang merah, cincang halus
  • Sedikit saja kaldu jamur bubuk
  • 2 lembar keju
  • Saus tomat, secukupnya
  • Minyak, secukupnya

Cara membuat:

  1. Pecahkan telur, kocok bersama bawang putih, bawang merah dan kaldu jamur.
  2. Siapkan teflon atau wajan yang telah diberi minyak goreng sedikit saja, tuang adonan telur. Masak dengan api kecil.
  3. Saat memasak telur, tambahkan keju di atas telur dan masak kembali hingga keju meleleh. Tambahkan saus tomat di atas telur dan keju, lipat telur kemudian angkat.
  4. Sajikan telur keju dengan saus tomat selagi masih hangat.

8 dari 11 halaman

8. Toast Kacang Susu

Ada lagi bahan makanan yang bisa kamu jadikan bahan resep sarapan pagi yang cara membuatnya mudah dan cepat, yaitu roti. Fix, ini akan menjadi menu yang enak, Diazens.

Bahan-bahan:

  • 4 lembar roti tawar tanpa pinggiran
  • 3 sdm susu kental manis
  • Susu cair secukupnya
  • 2 butir telur
  • Selai kacang
  • Pisang Ambon

Cara membuat:

  1. Kocok lepas telur, susu kental manis, dan susu cair. Sisihkan
  2. Oleskan roti tawar dengan selai kacang favoritmu
  3. Tambahkan potongan pisang di bagian atasnya
  4. Lalu tuangkan sedikit susu kental manis dan tutup bagian atasnya dengan selembar roti lagi
  5. Celupkan roti yang telah diberi isian tersebut ke dalam adonan telur
  6. Oleskan margarin pada wajan anti lengket
  7. Panggang roti sampai kedua sisinya berwarna cokelat keemasan
  8. Toast kacang susu siap dinikmati deh. Untuk lebih nikmatnya kamu bisa menyandingkannya dengan teh.

9 dari 11 halaman

9. Roti John

Resep Sarapan PagiResep Sarapan Pagi © Instagram.com/@eatndonesia

Resep sarapan pagi berbahan roti yang selanjutnya adalah Roti Jhon. Ini lezat banget deh kayaknya hahaha.

Bahan-bahan:

  • Roti tawar
  • Chicken luncheon (bisa ganti kornet, sosis, daging-dagingan lainnya)
  • Telur kocok lepas (kasih garam merica)
  • Bombay, cincang
  • Daun bawang, iris
  • Keju (opsional)
  • Margarin
  • Saus tomat

Cara membuat:

  1. Lelehkan margarin, tumis luncheon + bombay sampai wangi, tuang telur, taburi daun bawang dan keju.
  2. Kemudian, tutup dengan selembar roti tawar, masak sampai matang. Beri saus tomat.
  3. Oles bagian atas roti tawar dengan margarin, balik, panggang sampai garing kecokelatan. Lipat dua, sajikan.

10 dari 11 halaman

10. Smoothie Pisang dan Bayam

Resep Sarapan PagiResep Sarapan Pagi © Unsplash.com

Terakhir untuk menu resep sarapan pagi yang bisa kamu kreasikan adalah Smoothie. Ini cara masaknya juga cepat banget kok hehehe.

Bahan-bahan:

  • 3 buah pisang beku
  • Daun bayam tanpa tangkai yang beku
  • Susu kental manis secukupnya
  • 150 ml air
  • 100 ml susu cair
  • Yoghurt secukupnya
  • Madu secukupnya

Cara membuat:

  • Masukkan semua bahan ke dalam blender, lalu campurkan sampai halus
  • Sajikan ke dalam mangkuk atau gelas
  • Tambahkan potongan buah-buahan segar sesuai selera sebagai topping.

Beri Komentar