Resep Ikan Tongkol Balado Cabe Ijo, Pedas, Gurih, dan Lezat Banget, Cocok untuk Lauk Makan Siang

Reporter : Arifina
Senin, 22 Januari 2024 16:07
Resep Ikan Tongkol Balado Cabe Ijo, Pedas, Gurih, dan Lezat Banget, Cocok untuk Lauk Makan Siang
Bikin ikan tongkol balado cabe ijo begini ternyata mudah banget lho!

Resep ikan tongkol balado cabe ijo bisa dijadikan pilihan referensi menu masakan harian di rumah. Hidangan ini memiliki cita rasa yang pedas, gurih, dan kaya akan rempah-rempah.

Ikan tongkol merupakan salah satu bahan makanan yang banyak diolah menjadi berbagai jenis masakan. Misalnya, ikan tongkol goreng, ikan tongkol asap pedas, ikan tongkol suwir pedas kemangi, ikan tongkol terong balado, dan masih banyak lainnya.

Nah, ikan tongkol balado cabe ijo salah satu menu masakan yang banyak difavoritkan. Perpaduan antara rasa pedas dan gurih pada sambal balado serta kekenyalan daging ikan menciptakan kombinasi cita rasa yang memanjakan lidah.

1 dari 8 halaman

Resep Ikan Tongkol Balado Cabe Ijo © Diadona

Bukan hanya cita rasanya saja yang menggoda, daging ikan tongkol juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh, seperti omega 3. Karena itulah, ikan tongkol menjadi salah satu pilihan makanan yang sangat baik untuk dihidangkan sehari-hari.

Menu olahan ikan yang satu ini dibuatnya cukup praktis dan mudah. Bagian khas dari olahannya adalah sambal balado cabe ijo yang terasa pedas dengan aroma khas.

Makanan olahan ikan tongkol balado cabe ijo ini cocok banget disantap dengan nasi hangat. Kalian ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah? Intip resepnya berikut yuk!

2 dari 8 halaman

Resep Ikan Tongkol Balado Cabe Ijo

Bahan-Bahan:

  • 1 ekor (600-700) gram tongkol, potong menjadi 5 bagian
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis
  • ½ sdt garam
  • 2 batang serai (memarkan)
  • 6 lembar daun jeruk
  • 1 sdt Royco Kaldu Jamur
  • 100 ml minyak goreng

Bahan Sambal Balado Cabe Ijo:

  • 100 gram cabai hijau keriting
  • 100 gram cabai rawit hijau
  • 5 buah tomat hijau
  • 150 gram bawang merah
  • 4 siung bawang putih

3 dari 8 halaman

Cara Membuat Ikan Tongkol Balado Cabe Ijo

Resep Ikan Tongkol Balado Cabe Ijo © Diadona

Langkah pertama siapkan semua bahan-bahan dengan tepat. Lalu, bersihkan terlebih dahulu ikan tongkol dan potong-potong menjadi beberapa bagian sesuai selera.

Setelah siap, selanjutnya lumuri ikan tongkol dengan perasan air jeruk nipis dan garam. Kemudian, diamkan dahulu selama 15 menit.

Berikutnya, persiapkan minyak dan panaskan terlebih dahulu dalam wajan. Lalu, goreng ikan tongkol dan pastikan kedua sisinya matang.

4 dari 8 halaman

Perlu diperhatikan, saat proses menggoreng ikan tongkol pastikan untuk tidak terlalu lama. Hal ini untuk menghindari tongko; mengering dan keras.

Setelah dirasa matang, angkat ikan tongkol, sisihkan terlebih dahulu.

Selanjutnya, masuk ke tahapan pemasakan olahan ikan tongkol balado cabe ijo. Haluskan semua bahan sambal balado sesuai selera.

Panaskan kembali sisa minyak menggoreng tongkol, lalu masukkan sambal balado hijau yang telah dihaluskan. Tambahkan serai, daun jeruk, dan masak hingga tercium aroma harum.

5 dari 8 halaman

Resep Ikan Tongkol Balado Cabe Ijo © Diadona

Beri pula royco kaldu jamur, aduk-aduk kembali, masak hingga bumbu dirasa matang. baru kemudian, masukkan ikan tongkol yang telah digoreng.

Aduk-aduk secara perlahan agar ikan tidak hancur. Masak hingga bumbu balado tercampur rata dengan ikan.

Lakukan pengetasan rasa, jika sudah pas biarkan sejenak hingga mendidih, dan angkat. Maka, ikan tongkol balado cabe ijo sudah siap disajikan.

6 dari 8 halaman

Tips Memasak Ikan Tongkol Sambal Balado Cabe Ijo

Memasak ikan tongkol sambal balado cabe ijo sebenarnya sangat mudah. Namun, kadang kala rasa ikan tongkol terlalu amis.

Karena itu perlu memperhatikan beberapa hal berikut agar cita rasa hasil masakan ikan tongkol lezat sempurna.

Tambahkan bahan lain seperti daun jeruk, daun salam, dan serai. Bahan-bahan tersebut akan membuat rasa semakin lezat dan menjadi beraroma sedap.

7 dari 8 halaman

Resep Ikan Tongkol Balado Cabe Ijo © Diadona

Kamu juga bisa menambahkan cabai rawit merah untuk mendapatkan cita rasa olahan ikan tongkol yang lebih pedas.

Selanjutnya, jika kamu menggunakan jenis ikan tongkol asap, maka tidak perlu menggorengnya terlebih dahulu. Cukup dipotong sesuai selera dan bisa langsung diolah.

Itulah resep ikan tongkol balado cabe ijo yang bisa kamu recook di rumah. Menu masakan satu ini cock disajikan dengan nasi hangat. Selamat mencoba ya!

Beri Komentar