7 Resep Bekal Suami Sederhana untuk Makan Siang ataupun Sarapan, Sederhana Tapi Penuh Gizi

Reporter : Arif Mashudi
Jumat, 19 Agustus 2022 03:00
7 Resep Bekal Suami Sederhana untuk Makan Siang ataupun Sarapan, Sederhana Tapi Penuh Gizi
Ini nih resep bekal suami yang kamu cari-cari

Membuatkan bekal untuk suami mungkin sudah bukan hal yang asing lagi bagi para ibu rumah tangga. Berbagai resep bekal suami ini selain menghemat pengeluaran juga menjamin kehigenisan makanan yang nantinya dikonsumli loh. Banyak deh manfaatnya hehe.

Tapi, pastinya suami dan juga kamu yang memasak akan bosan jika menunya masakan yang sama tiap harinya. Nah, kamu bisa menyimak resep bekal suami yang akan diulas di dalam artikel ini nih. Ya itung-itung biar nggak masak itu-itu aja.

Oh iya, resep bekal suami ini juga bisa dibilang fleksibel. Jadi, resep bekal ini bisa dijadikan untuk bekal makan siang atau pun sarapan. Tapi disarankan untuk makan siang aja ya karena berisikan makanan berat.

Nggak perlu lama-lama lagi, berikut ini adalah beberapa resep bekal suami yang bisa kamu kreasikan di rumah. Yuk simak bareng-bareng resepnya di bawah ini.

1 dari 8 halaman

1. Tumis Buncis Ayam Teriyaki

Resep Bekal SuamiResep Bekal Suami © Cookpad.com

Resep bekal suami yang pertama adalah tumis buncis ayam teriyaki. Jadi ini lengkapya, ada ayam plus sayur hehehe.

Bahan-bahan:

  • 200 gram buncis, iris
  • 5 siung bawang merah, iris
  • 2 sdm saus teriyaki
  • 1 sdm saus tiram
  • 1 sdm minyak wijen
  • 1/2 sdt kaldu jamur
  • 1/4 sdt merica
  • 1/4 sdt garam
  • 1 sdm gula pasir

Bahan Ayam Teriyaki:

  • 250 gram paha ayam fillet, iris
  • 2 sdm tepung maizena/tapioka
  • 2 sdm saus teriyaki

Cara membuat:

  1. Lumuri ayam dengan tepung maizena dan saus teriyaki. Aduk rata.
  2. Panaskan sedikit minyak goreng, masukkan bawang sampai harum dan sisihkan.
  3. Tumis ayam sampai matang kedua sisinya.
  4. Masukkan buncis, bumbu-bumbu dan bawang yang sudah digoreng tadi. Koreksi rasa. Masak sampai semua bahan matang.
  5. Angkat dan tumis buncis ayam teriyaki pun siap dinikmati. Jangan lupa makan pakai nasi ya.

2 dari 8 halaman

2. Udang Crispy Saus Telur Asin

Resep Bekal SuamiResep Bekal Suami © resepistimewa.com

Udang Crispy saus telur asin disandingkan dengan nasi juga sangat cocok untuk resep bekal suami. Auto besok minta bekal lagi ini, coba saja.

Bahan-bahan:

  • 500 gram udang, kupas, sisakan ekor.
  • 1 sdm air lemon.
  • secukupnya garam, merica, kaldu bubuk, kecap inggris.
  • 2-3 sdm tepung sagu.

Bahan saus:

  • 2 kuning telur asin matang.
  • 2 sdm susu cair.
  • 1 bawang putih besar, cincang.
  • 2 buah cabe merah, iris.
  • 1 lembar daun jeruk, iris.
  • secukupnya garam, gula, merica, kaldu bubuk.

Cara membuat:

  1. Campur udang yang sudah bersih dengan air lemon, garam, merica, kaldu bubuk, minyak ikan. Sisihkan selama 15 menit.
  2. Campurkan kuning telur dengan susu cair, sisihkan.
  3. Udang dicampurkan degan tepung sagu, goreng hingga matang.
  4. Untuk membuat saus, tumis bawang putih sampai wangi, masuk cabai dan daun jeruk. Masak hingga cabai matang.
  5. Masukkan kuning telur, aduk rata, beri garam, gula, merica, aduk.
  6. Masukkan udang tepung, aduk rata, cicipi.
  7. Udang goreng tepung saus telur Asin siap disajikan.

3 dari 8 halaman

3. Tumis Ampela & Telur orak-arik

Kalau suka makanan jeroan, tumis ampela dan telur orak-arik ini bisa banget buat resep bekal suami. Buatnya mudah banget kok.

Bahan Tumis Ampela:

  • Buncis
  • Ampela (dipotong dan di goreng)
  • Tempe (dipotong dan di goreng setengah matang)
  • Cabai rawit
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Secukupnya saori saus tiram
  • Sedikit kecap manis
  • Secukupnya kaldu

Telur orak-arik:

  • 1 butir telur
  • 1 buah wortel ukuran kecil
  • Secukupnya kaldu

Cara membuat tumis ampela:

  1. Potong buncis sesuai selera, lalu cuci
  2. Potong tempe, goreng setengah matang
  3. Potong ampela, goreng
  4. Rajang cabai dan bawang
  5. Tumis cabai dan bawang sampai harum
  6. Campur semua bahan (buncis, tempe, dan ampela)
  7. Tambahkan saus tiram, garam, kaldu dan kecap
  8. Aduk, kemudian tutup dengan api kecil dan diamkan beberapa menit.
  9. Matikan api dan tunggu nggak begitu panas dan pindahkan ke dalam wadah.

Cara membuat telur orak-arik:

  1. Potong wortel seperti batang korek, cuci.
  2. Masukkan telur di wadah, campur wortel dan kaldu.
  3. Aduk dan goreng telur.
  4. Sajikan di wadah makan bersama nasi, siap dibawa suami tercinta deh.

4 dari 8 halaman

4. Sambal Goreng Ati Tumis Toge

Resep Bekal SuamiResep Bekal Suami © Shutterstock.com

Sambal goreng ati dan tumis toge ini juga bisa menjadi resep bekal suami yang ekonomis tapi tetap enak. Cara buatnya juga mudah loh, Diazens.

Bahan-bahan tumis toge:

  • Secukupnya toge
  • 5 butir baso
  • 2 kotak tahu, boleh tahu apa saja (digoreng setangah matang)
  • 4 siung bawang merah, diiris
  • 2 siung bawang putih, diiris
  • Cabai sesuai selera (boleh rawit/keriting) diiris
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdt penyedap

Cara membuat tumis toge:

  1. Tumis bawang putih, bawang merah, cabai sampai harum
  2. Masukkan baso dan tahu sudah di goreng
  3. Masukan toge
  4. Beri bumbu saus tiram dan penyedap, tes rasa
  5. Aduk, kemudian tutup menggunakan api kecil 1 menit.
  6. Matikan api, sajikan

Bahan-bahan sambal goreng ati:

  • 4 pasang ampela hati, cuci bersih, potong dadu, goreng hingga matang
  • 500 gram kentang, kupas, potong dadu, goreng hingga matang
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • kecap manis secukupnya
  • minyak goreng secukupnya
  • Bumbu halus:
  • 3 buah cabai rawit
  • 4 butir kemiri
  • 5 buah cabai merah besar, buang isi
  • 6 siung bawang putih
  • 9 siung bawang merah
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • kaldu ayam bubuk secukupnya

Cara membuat sambal goreng ati:

  1. Siapkan semua bahan dan bumbu yang telah dihaluskan.
  2. Tumis bumbu hingga harum dan matang.
  3. Masukkan daun salam, daun jeruk dan lengkuas yang telah dimemarkan. Aduk rata.
  4. Masukkan hati ampela dan kentang yang sudah digoreng hingga matang.
  5. Aduk rata semua bahan dan bumbu hingga keduanya tercampur rata.
  6. Tambahkan kecap manis ke dalam sambal goreng kentang ampela hati dan masak kira-kira selama 10 menit hingga matang serta bumbu meresap dengan baik.

5 dari 8 halaman

5. Gado-Gado

Resep Bekal SuamiResep Bekal Suami © Shutterstock.com

Gado-gado juga bisa menjadi inspirasi menu resep bekal suami yang enak dan penuh gizi. Selain itu, bahan-bahannya juga mudah didapat.

Bahan-bahan:

  • 1 buah kentang, rebus, potong sesuai selera
  • 1 buah mentimun, kupas kulit, potong sesuai selera
  • 1 buah wortel, rebus, potong sesuai selera
  • 150 gram tauge, seduh dengan air panas, angkat dan tiriskan, sisihkan
  • 2 butir telur ayam, rebus, belah dua
  • 2 potong tahu goreng, potong dadu atau sesuai selera
  • 2 potong tempe goreng, potong dadu atau sesuai selera
  • 5 buah kacang panjang, siangi, potong sesuai selera, rebus
  • kembang kol secukupnya, rebus
  • kerupuk udang kecil secukupnya

Bahan saus kacang:

  • 200 gram kacang tanah tanpa kulit, goreng
  • 3 buah cabai rawit, goreng
  • 4 lembar daun jeruk
  • 4 siung bawang putih, goreng
  • 1 sdm air asam jawa
  • garam secukupnya
  • gula merah secukupnya, sisir halus

Cara membuat:

  1. Haluskan kacang tanah yang sudah digoreng bersama cabai, bawang putih dan garam sampai halus.
  2. Masukkan air asam jawa, daun jeruk dan gula merah lalu haluskan lagi sambil aduk rata. Jika bahan saus sudah halus, seduh dengan sedikit air panas.
  3. Susun tauge, telur ayam, tempe goreng, tahu goreng, kacang panjang, kembang kol, mentimun, kentang dan wortel.
  4. Saus bisa dipisah di wadah lain atau langsung disiramkan. Tapi lebih baik dipisah saja ya.
  5. Sajikan bersama kerupuk udang.

6 dari 8 halaman

6. Ayam Katsu & Tumis Telur Sawi

Resep Bekal SuamiResep Bekal Suami © Shutterstock.com

Bahan tumis sawi putih:

  • 2 buah telur
  • Sawi telur
  • Wortel
  • 8 cabe rawit
  • 3 bawang merah
  • 2 bawang putih
  • 1 kemiri
  • Garam dan penyedap

Cara membuat tumis sawi:

  1. Haluskan bumbu (cabe, bawang putih, bawang merah, kemiri) Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum.
  2. Masukkan 2 butir telur lalu orak-arik sampai matang (supaya nggak amis)
  3. Setelah itu tambahkan wortel dan sawi.
  4. Selanjutnya tambahkan air dan penyedap, tunggu sampai air menyusut, koreksi rasa dan hidangkan.

Bahan-bahan ayam katsu:

  • 2 buah dada ayam fillet
  • 2 sdm tepung bumbu
  • 1 butir telur
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • tepung roti/panir secukupnya

Cara membuat ayam katsu:

  1. Balur dada ayam dengan garam dan merica, diamkan kurang lebih 15 menit.
  2. Kocok lepas telur, campur dengan tepung bumbu. Celupkan dada ayam ke dalam telur.
  3. Gulung ke tepung roti. Dinginkan ke dalam freezer kurang lebih 30 menit.
  4. Panaskan minyak, keluarkan ayam katsu dari freezer dan goreng ayam hingga tenggelam dengan api sedang.
  5. Setelah kecokelatan dan tampak krispi, angkat.
  6. Jangan lupa bawakan juga sekotak nasi biar suami makan dengan kenyang. Bisa juga ditambahkan kerupuk favorit secukupnya.

7 dari 8 halaman

7. Nasi Kari

Terakhir untuk resep bekal suami adalah nasi kari. Ini bahannya full menggunakan sayuran kok, Diazens. Yuk simak cara membuatnya di bawah ini.

Bahan-bahan:

  • 1 blok kari
  • 1 butir bawang bombay, diiris
  • 2 sdm saus tomat
  • 4 buah kentang, kupas, cuci bersih, dan potong dadu
  • 6 buah wortel, kupas, cuci bersih, dan potong dadu
  • Gula, garam, dan lada secukupnya
  • Kacang polong secukupnya
  • Minyak untuk menumis

Cara membuat:

  1. Tumis bawang bombay.
  2. Masukkan kentang, kacang polong, dan wortel, aduk 5-10 menit.
  3. Tambahkan air, rebus sampai setengah empuk.
  4. Masukkan kari blok. Aduk rata.
  5. Tambahkan gula, garam, dan lada secukupnya.
  6. Masak hingga semua bahan empuk dan sajikan.

Beri Komentar