Menikmati Lezatnya Cimpa Tuang, Pancake khas Sumatera yang nggak Kalah dengan Buatan Luar Negeri

Reporter : Bagus Prakoso
Jumat, 10 Juli 2020 16:20
Menikmati Lezatnya Cimpa Tuang, Pancake khas Sumatera yang nggak Kalah dengan Buatan Luar Negeri
Kuliner unik ini jadi makanan khas yang selalu ada dalam acara-acara besar suku Batak Karo.

Indonesia memang memiliki ragam kuliner yang memang nggak ada habisnya. Dari Sabang sampai Merauke, semua punya makanan khas yang sangat berbeda antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Salah satu yang menjadi kuliner unik adalah Cimpa Tuang. Kuliner ini adalah kuliner khas Suku Batak Karo. Yang menjadikannya unik adalah bentuknya yang mirip dengan pancake khas makanan barat.

Seperti apa rasanya? Enak mana nih Cimpa Tuang sama Pancake? Yuk kita cicipi!

1 dari 1 halaman

Cimpa Tuang

Cimpa Tuang © Diadona

Cimpa Tuang ternyata merupakan makanan yang selalu ada dalam acara adat Suku Karo. Salah satunya selalu ada di acara Merdang Merdem. Sebuah perayaan besar masyarakat Karo sebagai wujud rasa syukur kepada tuhan setelah hasil panen melimpah.

Cimpa Tuang juga kerap disajikan dalam acara musyawarah atau perpulungan, pernikahan, dan acara adat kematian.

Sebenarnya, ada beberapa jenis Cimpa yang ada di Sumatera. Yakni Cimpa Tuang, Cimpa Unung dan Cimpa Matah. Perbedaannya hanya pada cara pembuatannya saja.

Dari bahan pembuatannya, Cimpa Tuang terbuat dari adonan sagu atau tepung yang diisi dengan campuran kelapa dan gula merah. Kemudian adonan diaduk menjadi satu dan dimasak dalam wajan dengan minyak sedikit membentuk bundar. Dan jadilah Pancake Khas Medan.

Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

Beri Komentar