Martabak Sagu dan Sagu Lempeng, Cemilan Favorit Masyarakat Papua Untuk Menjamu Para Tamu

Reporter : Nasa
Jumat, 10 Juli 2020 10:35
Martabak Sagu dan Sagu Lempeng, Cemilan Favorit Masyarakat Papua Untuk Menjamu Para Tamu
Lo eh ternyata ada martabak sagu juga?

Jangan ngaku jadi penggemar martabak deh kalau selama ini tahunya cuma martabak manis sama martabak asin aja. Soalnya, di Papua, ada yang namanya martabak sagu loh.

Nah kan masih banyak yang belum tahu. Padahal kuliner yang satu ini jadi salah satu makanan favorit masyarakat Papua loh sejauh ini. Sebenernya, bentuknya gak jauh beda dengan martabak pada umumnya.

Namun martabak sagu ini menggunakan bahan utama sagu yang diolah dengan cara sedikit lebih sederhana. Cemilan favorit khas Fak Fak ini hanya dibuat dengan tiga bahan utama saja.

Yakni sagu halus, gula aren atau gula merah, dan juga minyak. Cara membuatnya pun sederhana sekali. Jadi sagu halus dibuat adonan yang kemudian dicampur dengan gula aren. Terus bentuk adonan, baru dogoreng hingga matang.

1 dari 2 halaman

Martabak Sagu dan Sagu Lempeng © Diadona

2 dari 2 halaman

Sederhana banget kan cara bikinnya. Tapi rasanya jangan diragukan lagi dong. Nah, selain martabak sagu, cemilan lain yang jadi favorit masyarakat Papua adalah sagu lempeng. Bahan utamanya sama-sama sagu sih, tapi kali ini agak beda.

Sagu lempeng ini biasanya dijual di pasar-pasar Papua. Katanya, sagu lempeng ini jadi salah satu makanan yang sangat mudah ditemui di hampir seluruh kawasan di Papua loh. Sagu lempeng ini bentuk umumnya persegi panjang.

Rasanya cenderung tawar, tapi katanya bakalan nikmat banget kalau dimakan sama teh manis atau minuman hangat lainnya. Kamu udah ada pernah nyobain dua kuliner ini belum? Kalau udah jangan segan bagiin pengalamanmu di kolom komentar ya.

Beri Komentar