Mengenal Tepung Tapioka, Nama Lain, Kegunaan dan Perbedaannya dengan Terigu

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Rabu, 29 Juni 2022 14:44
Mengenal Tepung Tapioka, Nama Lain, Kegunaan dan Perbedaannya dengan Terigu
Tepung tapioka memiliki beberapa nama lain yang tak jarang membuat orang bingung

Sebenarnya nih nggak terlalu banyak jenis tepung yang biasanya digunakan dalam memasak. Hanya saja karena bentuknya yang sama namun memiliki kegunaan yang sangat berbeda satu sama lain, tak jarang mungkin kamu bingung dengan nama tepung, misalnya tepung tapioka. Nama lain tepung ini adalah tepung kanji, tepung aci atau tepung singkong.

Seperti nama lainnya yakni tepung singkon, tepung tapioka dibuat dari singkong. Pati yang diekstrak dari umbi singkong lalu disaring trus cairan dari hasil saringan itu diendapkan. Bagian yang mengendap selanjutnya dikeringkan trus digiling untuk menghasilkan butiran pati halus berwarna putih yang kita kenal dengan tepung tapioka tersebut.

1 dari 4 halaman

Karakteristik Tepung Tapioka

Nama Lain Tepung Tapioka © Diadona

Berbagai macam tepung atau pati memberikan sifat yang berbeda pada bahan makanan, misalnya tepung beras ketan akan menghasilkan produk makanan yang lebih kenyal dan agak lengket. Nah itu karena pati tersusun dari dua macam karbohidrat, yakni amilosa dan amilopektin dengan komposisi yang berbeda. Umumnya, kandungan amilosa pada pati berada di rentang 20-30% sedangkan amilopektin berjumlah antara 70-80% dari pati.

Amilosa bakalan ngasih sifat keras atau pera sedangkan amilopektin adalah jenis pati yang menghasilkan sifat lengket. Amilopektin yang tinggi pada bahan makanan akan menghasilkan makanan bersifat renyah, ringan, porus dan garing. Tepung tapioka memiliki kandungan amilosa sebesar 17 persen sedangkan amilopektin sebesar 83 persen.

Itulah kenapa tepung yang memiliki nama lain tepung kanji ini memiliki tekstur yang lengket menyerupai lem ketika bertemu air dan dipanaskan, elastisitas tinggi dan bisa digunakan sebagai pengental. Sebagai perbandingan, kandungan amilosa pada tepung terigu sebesar 28 persen dan amilopektin sebesar 72 persen sedangkan kandungan amilosa pada tepung beras sebesar 22 persen dan amilopektinnya sebesar 78 persen.

Tepung ini biasanya berwarna putih dan mempunyai tekstur yang licin. Tepung tapioka memiliki harga yang paling murah dibandingkan dengan tepung lainnya.

2 dari 4 halaman

Perbedaan Tepung Tapioka dan Tepung Terigu

Nama Lain Tepung Tapioka © Diadona

Kayak yang udah dijelasin di atas bahwa tepung tapioka dibuat dari pati singkong. Tepung terigu yang kerap kita gunakan sebagai bahan baku pembuatan kue dan cake terbuat dari biji gandum yang digiling halus. Yup, tepung terigu yang banyak kita konsumsi itu berasald ari bahan baku yang tak bisa kita tanam sendiri.

Apakah tepung tapioka bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu? Pada produk pastry, nampaknya tepung tapioka tak bisa menggantikan tepung terigu sebab tapioka nggak mengandung gluten, zat yang membuat roti mengembang. Namun untuk makanan yang dikukus, tepung tapioka bisa menggantikan tepung terigu karena bisa menghasilkan adonan yang bersifat lebih lunak.

3 dari 4 halaman

Kegunaan Tepung Tapioka sebagai Bahan Pangan

Tepung Tapioka © Diadona

Sifatnya serupa dengan tepung terigu sehingga penggunaan kedua bahan tersebut bisa saling menggantikan meskipun dengan hasil akhir yang berbeda. Tepung tapioka banyak digunakan sebagai bahan pengental dan dalam industri makanan, berfungsi sebagai pengikat.

Contoh fungsi dari karakteristik tepung tapioka tersebut yaitu dalam pembuatan puding, makanan bayi, es krim, pengolahan sosis daging, industri farmasi, dan lain-lainnya. Tepung tapioka juga banyak diolah sebagai olahan makanan seperti produk mie, roti, dan masih banyak lagi.

Tepung juga bisa sebagai pengganti tepung maizena untuk pengental tumisan karena karena ciri khasnya yang mengental saat dipanaskan dan berwarna bening. Beberapa makanan yang menggunakan tepung tapioka sebagai bahan dasarnya antara lain:

4 dari 4 halaman

Boba

Boba yang biasanya dicampurkan dalam minuman ternyata dibuat dari tepung tepioka lho. Untuk membuat boba kamu perlu mencampur tepung tapioka sampai rata tusditambakan dengan gula merah cair untuk rasa dan juga pewarna.

Cenil

Ada yang tak tahu jajanan tradisional ini? Teksturnya kenyal dengan rasa manis dari taburan gula pasir dan taburan kelapa parut yang membuatnya gurih. Cenil dibuat dari tepung tapioka, tapi ada juga kok yang dimasak dari tepung dan campurna agar-agar.

Penasaran dengan cara bikinnya? Cobain dari kumpulanm resep cenil Diadona berikut ini

Campuran Bakso

Tepung terigu dan tepung kanji, nama lain tepung tapioka adalah dua tepung yang digunakan sebagai campuran daging pada pembuatan bakso untuk memperbaiki sifat fisik bakso. Misalnya nih tepung tapioka sebagai bahan perekat bakso dan ngasih tektur kenyal. Selanjutnya tepung terigu pada campuran bakso untuk bahan pengisi yang membantu menghasilkan bakso dengan tekstur kenyal dan padat atau kompak.

Udah tahu kan apa nama lain dari tepung tapioka ini dan fungsinya dalam masakan? Jangan sampai tertukar dengan jenis tepung yang lainnya ya!

Beri Komentar