Sulit Mendapatkan Daun Jeruk untuk Bahan Masak, 7 Bahan Ini Bisa Jadi Alternatif

Reporter : Galang
Jumat, 13 Mei 2022 19:05
Sulit Mendapatkan Daun Jeruk untuk Bahan Masak, 7 Bahan Ini Bisa Jadi Alternatif
Jangan bingung kalau harga daun jeruk jadi mahal

Harga daun jeruk belakangan ini melonjak tinggi. Padahal daun jeruk ini terbilang punya peran penting dalam beberapa sajian. Seperti yang diketahui, daun jeruk biasa digunakan untuk menambahkan rasa dan aroma yang menggoda ke dalam masakan.

Tentunya, karena harga sedang melambung tentunya penggunaannya perlu dipertimbangkan ulang. Tapi kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa bahan pengganti daun jeruk yang bisa kamu coba.

1 dari 7 halaman

Daun Salam

33 Manfaat Rebusan Daun Salam Untuk Kesehatan dan Diet © Diadona

Daun salam adalah pilihan yang tepat untuk menggantikan daun jeruk. Mengutip Mashed, daun salam muncul dengan sedikit aroma pinus yang menyegarkan. Meski aromanya berbeda, namun daun salam bisa menambah cita rasa pada makanan.

2 dari 7 halaman

Kulit jeruk nipis

Ilustrasi Jeruk Nipis © Diadona

Kulit jeruk nipis menghadirkan rasa dan aroma jeruk ke dalam hidangan, mirip dengan daun jeruk purut. Anda bisa memarut kulit jeruk nipis untuk kemudian digunakan sebagai pelengkap masakan.

Namun, penting juga untuk memperhatikan tekstur kulit jeruk nipis yang digunakan. Kulit jeruk nipis yang diparut halus biasanya akan lebih mudah meleleh dalam masakan.

3 dari 7 halaman

Air jeruk nipis

Ilustrasi Jeruk Nipis © Diadona

Bahan pengganti daun jeruk berikutnya adalah air perasan jeruk nipis. Selain rasa dan aroma jeruk, perasan ini akan emberikan rasa asam yang menyegarkan serta menyeimbangkan rasa dalam makanan.

4 dari 7 halaman

Jenis daun jeruk yang lain

 

Selain yang berasal dari pohon jeruk purut, Anda juga bisa menggunakan daun jeruk dari jenis pohon lainnya. Misalnya saja daun lemon.

Namun, Anda disarankan untuk menggunakan daun segar. Daun lemon kering memiliki rasa yang cenderung pahit.

5 dari 7 halaman

Serai

Ilustrasi Serai © Diadona

Bahan lain yang bisa digunakan adalah serai. Meski rasanya tak mirip seperti jeruk purut, namun serai dapat menambahkan aroma menyegarkan ke dalam sajian.

Perlu diketahui, serai tak memiliki rasa yang kuat seperti daun jeruk purut. Untuk itu, gunakan serai dalam jumlah dua kali lipat daun jeruk yang dibutuhkan dalam resep.

6 dari 7 halaman

Thyme

Thyme © Diadona

Anda juga bisa menggunakan thyme untuk menggantikan daun jeruk. Daun ini menggabungkan rasa thyme dengan aroma lemon yang ringan.

Beri Komentar