16 Do and Don'ts saat Kencan Pertama buat Para Cowok

Reporter : TIM MAGANG ASIK
Jumat, 10 November 2023 14:16
16 Do and Don'ts saat Kencan Pertama buat Para Cowok
Ada banyak banget tips biar kencan pertama kamu berjalan lancar, mulai dari pastikan tubuhu wangi, outfit yang kece, topik pembicaraan yang seru dan masih banyak lagi.

First date merupakan hal yang penting bagi beberapa orang. Sebab kencan pertama ini bisa menentukan keberlanjutan dari suatu hubungan. Jangan sampai deh hubungan dengan crush harus udahan karena first date yang tak lancar.

Karena first impression sangat penting, first date harus dilakukan dengan kesalahan seminimal mungkin. Misalnya nih jangan sampai kamu bau badan, nggak menghasilkan topik obrolan yang menarik atau banyak lagi.

Baik cewek atau cowok harus mempersiapkan momen ini sebaik mungkin. No need to worries karena Diadona bakal spill tips ngedate pertama kali buat cowok.

 

1 dari 4 halaman

Tips Kencan Pertama Buat Cowok © Diadona

Tunjukkan Rasa Percaya Diri

Diadona yakin banget kamu pasti nervous mengingat ini adalah kali pertama kamu jalan sama doi. Meskipun demikian, kamu tetap harus menunjukkan rasa percaya diri.

Tips ngedate pertama kali buat cowok ini penting banget dengan catatan percaya diri bukan berarti sombong, ya! Jadi kamu juga perlu memperhatikan ucapanmu agar doi nggak ilfeel.

Punya Rekomendasi Lokasi Date

Seperti yang kita tahu, doi bisa aja jawab ‘terserah’ pas kamu tanya tentang lokasi kencan. Nah, tips ngedate pertama kali buat cowok adalah jangan sampai doi yang nentuin lokasi date. 

Sebenarnya tuh, boleh-boleh aja, tetapi mostly mereka jawab ‘terserah’ karena pengen tahu kamu bisa diandalkan atau nggak. Selain itu, jangan langsung nembak lokasi yang kamu inginkan, seenggaknya kamu sediakan opsi buat dia pilih.

Sediakan Cukup Uang

Permasalahan siapa yang akan bayar di kencan pertama, memang sensitif banget. Di kalangan saat ini emang banyak banget yang udah menerapkan konsep split bill saat kencan pertama, yakni bayar pesanan masing-masing atau gantian membayar.

Namun kamu harus bersiap juga bila pihak cewek lebih suka dibayarin atau ingin melihat effort kamu dalam berkencan.

2 dari 4 halaman

Tips Kencan Pertama Buat Cowok © Diadona

Siapkan List Pertanyaan

Eits, menyiapkan list bukan berarti kamu betul-betul membuat daftar tertulis lalu kamu bawa saat lagi ngedate, ya! Sah-sah aja sih kalau kamu mau bikin daftar tertulis, tapi jangan dibawa juga dong.

Tips ngedate pertama kali buat cowok ini cukup kamu jadikan guideline biar selama kalian ngobrol nggak kehabisan topik obrolan. Misalnya nih kamu bisa bertanya tentang keseharian dia, hobi, rekomendasi kuliner kesukaannya dan masih banyak lagi.

Gunakan Outfit Terbaik

First date juga menentukan first impression dia ke kamu. Kalau kamu pakai baju apa adanya dan cenderung lebih mirip nongki bareng teman daripada ngedate, siap-siap say goodbye aja sama doi.

Tips ngedate pertama kali buat cowok ini nggak harus fancy kok. Pokoknya, selama kamu tampil rapi dan sesuai lokasi juga udah oke. Misalnya nih jangan pakai kaos belel atau sandal kotor.

Pastikan Kamu Wangi

Kalau kamu adalah tipe orang yang nggak peduli sama penggunaan wewangian, It's time to care about your body odor, bro. Jangan sampai nih, ya, dia menghilang pergi karena kamu bau.

Dari berbagai curhat warganet tentang pengalaman ngedate terburuk mereka, mayoritas mengeluhkan bau badan laki-laki yang bikin angkat bendera putih tinggi-tinggi.

Tips ngedate pertama kali buat cowok ini nggak harus pakai parfum yang mahal kok, yang penting gunakan baju yang sudah dicuci, semprotkan parfum dan jangan lupa pastikan nafasmu wangi.

3 dari 4 halaman

Tips Kencan Pertama Buat Cowok © Diadona

Hindari Main HP Berlebihan

Tips ngedate pertama kali buat cowok yang sering terlupa adalah berhenti main hape saat lagi sama doi. Dicuekin pas lagi ngomong aja udah nyebelin apalagi ditinggal scrolling timeline media sosial. Rasa sebelnya udah pasti double tuh. Kebiasaan kaya gini tuh nunjukin kalau kamu nggak tertarik sama cerita dia. 

Research tentang Doi

Nah, ini salah satu tips ngedate pertama kali buat cowok biar kamu punya topik obrolan. Cari informasi seputar dia lewat media sosialnya. Biasanya dari situ kamu bisa tau tuh apa aja kesukaan dia.

Another case kalau ternyata media sosialnya kosong. Solusinya adalah tanya-tanya aja ke teman terdekatnya.

Dengarkan Cerita

Kalau dia udah mulai bercerita, jadilah pendengar yang baik dan jangan menyela. Tips ngedate pertama kali buat cowok yang satu ini bisa bikin dia lebih nyaman sama kamu, lho.

Saat doi udah nyaman, dia pasti akan bercerita lebih banyak tentang dirinya. Meskipun begitu, kamu juga boleh bercerita juga selama tahu batasan cerita yang bisa kamu ungkapkan.

4 dari 4 halaman

Tips Kencan Pertama buat Cowok.jpg © Diadona

Nggak Terlambat

Tips ngedate pertama kali buat cowok ini harus banget kamu catat karena bisa berdampak ke first impression. Jangan sampai kamu datang terlambat saat akan menjemputnya atau bikin doi nunggu kamu di lokasi janjian.

Tentunya kamu nggak mau dianggap sebagai cowok yang punya jam karet, ‘kan?

Beri Dia Apresiasi

Semua orang suka diapresiasi, begitu pula dia! Nah tips ngedate pertama kali buat cowok ini gampang banget, kamu tinggal beri dia beberapa pujian. Pastikan juga pujian yang kamu berikan tuh tulus dan jangan terlalu melebih-lebihkan.

Be Yourself!

Meskipun first date bikin jantung berdebar, kamu tetap harus jadi dirimu sendiri.

Tips ngedate pertama kali buat cowok ini bisa menunjukkan dirimu apa adanya dan hal ini justru bikin hubungan lebih mudah untuk dibangun karena sifat yang pertama kali dikenal oleh dia bakal nggak berbeda jauh saat kalian udah lebih dekat.

Tunjukkan Sifat Positif

Energi positif bisa bikin orang lebih nyaman didekatnya. Oleh karena itu, kamu harus memberikan kesan positif saat first date sama dia. Tips ngedate pertama kali buat cowok ini menunjukkan kalau kamu memiliki banyak positive energy dan dia jadi makin betah sama kamu, deh.

Beri Pertanyaan Terbuka

Maksud dari pertanyaan terbuka adalah pertanyaan yang memberikan penjelasan saat dijawab. Tips ngedate pertama kali buat cowok ini penting karena pertanyaan yang hanya memiliki jawaban ‘ya’ atau ‘tidak’ nggak bisa bikin obrolan kalian menjadi menarik. Jadi, penting untuk mendengar penjelasannya/

Konfirmasi Lagi Kencan Beberapa Jam Sebelumnya

Tips ngedate pertama kali buat cowok ini sering dilupakan padahal penting. Beberapa jam sebelum waktu yang udah ditentukan, kamu harus make sure lagi ke dia.

Tujuan dari make sure ini tuh sebagai reminder buat doi dan memastikan kalau date itu bakal terjadi. Beberapa orang suka bingung kalau nggak ada konfirmasi sebelum waktunya.

Realistis

Nggak semua kencan bakal jadi perfect date, jadi kamu juga harus realistis dengan kenyataan. Tips ngedate pertama kali buat cowok ini penting untuk menjaga ekspektasimu.

Meskipun kamu merasa dia adalah pasangan yang tepat buat kamu kalau dia nggak merasakan hal yang serupa juga hubungan kalian nggak bakal berlanjut.

Selama kamu jadi dirimu sendiri dan tetap realistis, first date kamu bisa berjalan dengan lancar. Good luck on your first date, semoga hubungan kalian bakal tetap berlanjut yap!

Penulis : Alvita Maharani

Beri Komentar