Khlodets, Puding Daging Asal Rusia yang Terbuat dari Gelatin Alami Lemak Hewan

Reporter : Nasa
Kamis, 9 Juli 2020 11:35
Khlodets, Puding Daging Asal Rusia yang Terbuat dari Gelatin Alami Lemak Hewan
Gelatin alaminya didapat dari lemak ekor sapi.

Kalau biasanya puding identik dengan rasa manis, beda nih sama puding asal Rusia ini. Puding yang satu ini malah berasa gurih dan berisikan aneka sayuran dan daging.

Di Rusia, panganan ini lazim disebut dengan Kholodets. Hidangan yang satu ini biasa dijadikan sebagai menu utama yang biasanya disajikan di sejumlah daerah di Rusia.

1 dari 2 halaman

Kholodets Puding Daging Asal Rusia © Diadona

2 dari 2 halaman

Puding dari Gelatin Hewan Alami

Jika dilihat sekilas, Kholodets ini terlihat seperti jelly dengan berbagai isian. Namun ternyata, bahan utama pembuatan puding ini adalah gelatin alami lemak hewan.

Gelatin alami yang dimaksud adalah yang didapat dari lemak alami hewan. Biasanya mudah ditemui di bagian ekor sapi, atau juga bagian kaki dan telinga babi. Konon katanya, proses pembuatan puding daging butuh waktu lama.

Jadi kaldu dari rebusan bagian tubuh hewan tersebut direbus berjam-jam hingga mengental. Baru kemudian didinginkan di dalam kulkas selama kurang lebih 24 jam. Nah, besoknya baru bisa disantap.

Mengutip dari laman Russiapedia, kata Kholodets berasal dari kata 'kholod' dari bahasa Rusia yang berarti 'dingin'. Makanya kholodet ini identik sebagai makanan musim dingin di Rusia.

Konon, kholodet dulunya adalah makanan masyarakat kelas bawah. Namun imagenya perlahan berubah seiring dengan datangnya pengaruh tradisi kuliner Prancis di sana.

Udah ada yang pernah coba? Bagiin dong pengalaman kamu di kolom komentar.

Beri Komentar