Fakta Unik Coklat, Ternyata Pernah Dijadikan Sebagai Mata Uang

Reporter : Nasa
Rabu, 8 Juli 2020 17:35
Fakta Unik Coklat, Ternyata Pernah Dijadikan Sebagai Mata Uang
Coklat ternyata pernah menjadi barang yang begitu berharga.

Saat ini, coklat menjadi salah satu makanan yang paling digemari di seluruh dunia. Sejauh ini coklat juga identik dengan perwujudan kasih sayang.

Berbagai jenis olahan yang terbuat dari coklat semakin ke sini juga semakin beragam. Kamu juga bisa menemui dengan mudah berbagai jenis coklat di toko-toko terdekat dengan haga terjangkau.

Tapi tahu gak sih kamu kalau coklat ternyata dulunya pernah dijadikan mata uang. Jadi dahulu kala, biji coklat dianggap sama berharganya dengan tembakau dan jagung untuk membeli bahan lain.

Nah anggapan tersebut berlaku di kalangan suku Maya sekitar tahun 250-900 sebelum masehi. Mengutip dari laman Economic Anthropology, periode suku Maya klasik sejatinya memang tak pernah menggunakan alat lain untuk transaksi.

Selain suku Maya, suku Aztec disebut juga pernah menggunakan biji kopi sebagai alat transaksi loh. Ada yang menyebut, cara mereka menggunakan biji coklat untuk transaksi kurang lebih sama dengan penggunaan koin saat ini.

1 dari 2 halaman

Coklat Pernah Jadi Mata Uang © Diadona

2 dari 2 halaman

Hari Coklat Sedunia

Coklat saat ini adalah makanan yang hampir bisa ditemui di berbagai belahan dunia. Karena sudah mendunia dan sudah menjadi bagian dari peradaban manusia sejauh ini, hari coklat diperingati setiap tanggal 7 Juli.

Perayaan hari coklat dirayakan setiap tanggal tersebut sejak 2009 silam. Perayaan hari coklat internasional merujuk pada pengenalan pertama coklat di Eropa pada tahun 1550. Wah jadi pengen makan coklat nih. Apa coklat favoritmu?

Beri Komentar