Hampir Mirip, Apa Sih Perbedaan Ramen dan Ramyun?

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 20 Maret 2021 12:20
Hampir Mirip, Apa Sih Perbedaan Ramen dan Ramyun?
Ramen dan Ramyun punya tampilan yang terbilang mirip.

Bagi kamu pecinta mie, pasti udah nggak asing lagi dengan Ramen dan juga ramyun. Perbedaan paling mendasarnya adalah mie ramen berasal dari Jepang, sedangkan Ramyun berasal dari negeri gingseng Korea.

Namun, dari segi tampilan, jika kita tidak jeli, keduanya memang hampir mirip. Kedua mie ini memang serupa namun tak sama. Lalu, apa aja sih perbedaan antara Mie Ramen dan Mie Ramyun? Melansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

1 dari 2 halaman

Cara Penyajian Mie Ramen dan Ramyun

Ilustrasi Ramyeon © Diadona

Seperti dijelaskan di awal, Mie Ramen datang dari Jepang, sedangkan Mie Ramyun berasal dari Korea.

Dari segi penyajiannya, Mie Ramen identik dengan kuah miso yang asin dan gurih, ditambah topping seperti sayuran, irisan daging, dan juga telur rebus.

Sementara itu, di Korea sendiri Ramyun disajikan lebih praktis. Ramyun bahkan menjadi makanan instan yang sering dijual di hampir seluruh minimarket Korea. Kamu hanya perlu menambahkan air panas dan bumbu yang sudah ada dalam kemasan.

Namun, kabarnya menurut sejarah, Ramyun memang adaptasi dari sajian ramen yang ada di Jepang.

2 dari 2 halaman

Bahan Penyajian

Ilustrasi Ramyeon © Diadona

Dari bahan penyajiannya, Ramen dan Ramyun cukup berbeda. Kuah kaldu ramen punya cita rasa alami. Ini karena kuah itu disaring langsung dari rebusan daging ayam, babi, hingga seafood. Sedangkan ramyun, kuahnya lebih kuat karena tercampur penyedap rasa.

Kuah kaldu ramen memiliki lima varian. Yaitu kaldu shio asin, kaldu miso manis nan gurih, kaldu kari Jepang, kaldu shoyu, dan kaldu babi atau tonkotsu. Prosesnya sangat menyita waktu. Namun hal ini punya tujuan untuk menciptakan rasa alami dalam kuah.

Lain dengan Ramyun yang masuk kategori mie instan. Untuk menambah rasa, mereka sering menambahkan saus gochujang, kimchi, wijen, nori, suwiran rumput laut, hingga keju.

Ilustrasi Ramen © Diadona

Nah, dari bentuk mie-nya juga sangat berbeda. Jika kamu perhatikan, mie ramen berbentuk lurus, panjang, dan kecil. Mie ramen diolah dari bahan alami seperti gandum. Tak heran jika warna mie-nya lebih segar dibandingkan ramyeon.

Untuk ramyeon sendiri diolah terlebih dahulu menggunakan mesin. Namun, keunggulannya, mie ramyun lebih awet dan punya masa masa kedaluwarsa yang lama.

Nah, kalau diazens lebih pilih mana? Ramen atau Ramyun? Silakan tulis di kolom komentar, ya!

Beri Komentar