5 Makanan Terlarang untuk Moms yang Sedang Program Hamil, Catat ya!

Reporter : Mila
Rabu, 8 Desember 2021 11:57
5 Makanan Terlarang untuk Moms yang Sedang Program Hamil, Catat ya!
Jangan sampai dilanggar ya.

Saat menjalani program hamil, penting bagi Moms maupun pasangan untuk menjaga kesehatan tubuh sebagai persiapan pembuahan yang berkualitas. Salah satunya adalah memerhatikan apa yang dikonsumsi sehari-hari. Karena, tubuh yang sehat dan ternutrisi dengan baik akan meningkatkan peluang kehamilan.

Selain memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi lewat makanan, Moms juga perlu memerhatikan makanan apa saja yang harus dihindari. Makanan-makanan ini kalau dikonsumsi malah bisa menurunkan kualitas kesuburan.

1 dari 5 halaman

Makanan yang Mengandung Lemak Trans

Cake, biskuit, pastry, makanan cepat saji ataupun keripik favorit Moms harus dihindari sementara waktu. 

Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang mengandung lemak trans berkaitan erat dengan ketidaksuburan pada wanita. Setiap 2% tambahan asupan lemak trans dalam makanan yang dikonsumsi bisa meningkatkan potensi ketidaksuburan hingga 75%. Cukup besar bukan?

2 dari 5 halaman

Makanan Tinggi Karbohidrat dan Gula

Demi menjalani program hamil yang sukses, Moms dan pasangan juga harus membatasi konsumsi makanan tinggi karbohidrat dan gula.

Gula dan karbohidrat dalam makanan-makanan seperti cake, kue kering ataupun kue basah, meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Hal itu memengaruhi kematangan ovarium sehingga mengurangi peluang untuk hamil.

3 dari 5 halaman

Makanan Berbahan Dasar Kacang Kedelai

Kedelai memang punya banyak manfaat kesehatan yang sudah tak diragukan lagi.

Tapi, Moms yang sedang menjalani program hamil harus mengurangi konsumsi makanan berbahan dasar kedelai. Karena ada senyawa tertentu di dalamnya yang memiliki fungsi sama seperti estrogen dalam tubuh wanita.

4 dari 5 halaman

Sayuran Mentah

Sayuran memang salah satu pemasok nutrisi dan vitamin yang baik bagi tubuh. Tapi, ada sayuran-sayuran yang pantang dikonsumsi dalam bentuk mentah untuk mereka yang sedang mencoba untuk hamil.

Misalnya, kecambah mentah dan lobak. Bakteri dalam sayuran mentah bisa memengaruhi kesehatan kesuburan. Sebagai gantinya, konsumsilah makanan organik segar yang dimasak dengan baik.

5 dari 5 halaman

Telur Setengah Matang

Telur tinggi akan nutrisi dan vitamin yang diperlukan tubuh. Asalkan dikonsumsi dalam bentuk matang. Telur setengah matang tidak dianjurkan dikonsumsi Moms yang sedang dalam program hamil. Kenapa?

Telur mentah dikhawatirkan mengandung virus Salmonella yang bisa secara langsung berdampak terhadap peluang kehamilan. Selain itu, banyak telur yang beredar di pasaran mengandung antibiotik yang disuntikkan ke ayam-ayam petelurnya. Oleh karena itu, pilihlah telur organik yang relatif lebih aman.

Semoga informasi di atas membantu ya, Moms!

Beri Komentar