Gak Perlu Ribet, Begini Cara Membersihkan Talenan Plastik dari Noda yang Membandel

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 4 Januari 2021 17:50
Gak Perlu Ribet, Begini Cara Membersihkan Talenan Plastik dari Noda yang Membandel
Talenan plastik selalu meninggalkan bercak noda dari sisa bahan makanan yang sulit untuk dibersihkan.

Talenan merupakan alat dapur yang cukup sering digunakan. Kita biasa menggunakan talenan untuk memotong bahan-bahan makanan seperti sayuran sampai daging. Karena itu, kita sering menemui talenan yang sudah lama sangat kotor. Jika sudah kotor, talenan cukup sulit untuk dibersihkan.

Oleh karena itu, kamu perlu membersihkannya dengan cara yang benar. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan talenan yang sudah kotor. Gimana caranya? Yuk kita simak!

1 dari 5 halaman

Bersihkan Talenan Plastik dengan Cuka Putih dan Baking Powder

Ilustrasi Talenan Plastik © Diadona

Campur baking powder dan cuka putih hingga menjadi pasta. Oleskan pasta di atas noda. Diamkan selama 5 menit, lalu bersihkan dengan air dan spons sabun.

2 dari 5 halaman

Bersihkan Talenan Plastik dengan Minyak Atsiri, Cuka dan Air

Ilustrasi Talenan Plastik © Diadona

Campurkan 1 cangkir air, 1/2 cangkir cuka putih, dan 5 sampai 8 tetes minyak esensial. Masukkan ke dalam botol semprot. Lalu semprotkan larutan ke seluruh papan, lalu gosok dan sikat. Cuci dengan deterjen pencuci piring.

3 dari 5 halaman

Bersihkan Talenan Plastik dengan Soda Kue, Garam Cuka dan Hidrogen Peroksida

Ilustrasi Talenan Plastik © Diadona

Rendam talenan dalam larutan cuka. Kamu juga bisa menyemprotnya dengan larutan hidrogen peroksida 3%. Lalu diamkan 5 menit. Buat pasta yang terdiri dari satu bagian soda kua, satu bagian garam, dan satu bagian air untuk membersihkan noda di permukaan.

4 dari 5 halaman

Bersihkan Telenan Plastik dengan Hidrogen Peroksida, Soda Kue, dan Sabun Cuci Piring

Ilustrasi Talenan Plastik © Diadona

Campurkan 3-4 sendok makan soda kue, 1 sendok makan sabun cuci piring, dan 1-2 sendok makan hidrogen peroksida dalam mangkuk. Oleskan campuran tadi ke noda dalam talenan plastik. Lalu diamkan semalaman. Setelah itu bilas dan gosok dengan air sabun hangat.

5 dari 5 halaman

Bersihkan Talenan Plastik dengan lemon dan Sinar Matahari

Ilustrasi Talenan Plastik © Diadona

Potong lemon menjadi dua bagian. Peras airnya sambil menggosokkannya di sekitar talenan. Lalu letakkan papan di luar dan jemur di bawah sinar matahari sampai kering.

Beri Komentar