Agar Tak Amis dan Berlendir, Begini Cara Merebus Ceker yang Benar

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 2 Januari 2021 14:20
Agar Tak Amis dan Berlendir, Begini Cara Merebus Ceker yang Benar
Yuk disimak!

Ceker ayam kini merupakan salah satu makanan yang cukup digemari. Teksturnya yang lembut membuat ceker ayam makin digemari. Cara menyantap ceker ayam yang paling banyak digemari adalah disajikan dengan kuah pedas.

Meskipun kini menjadi makanan yang sedang nge-hits, namun, bagi sebagian orang, ceker dianggap sebagai bagian tubuh yang paling menjijikkan. Pasalnya, ceker adalah bagian tubuh paling bawah yang selalu bersentuhan dengan kotoran.

Selain itu, banyak juga yang mengatakan jika bagian ceker adalah tempat ayam disuntik dengan obat, sehingga, bagian ceker adalah bagian yang dianggap bisa membahayakan tubuh manusia.

Ceker biasanya juga mengeluarkan bau amis serta berlendir jika tak dibersihkan dengan benar. Oleh karena itu, kamu perlu tahu bagaimana cara merebus ceker dengan benar.

Gimana sih caranya? Yuk kita simak!

1 dari 2 halaman

Cara Merebus Ceker yang Benar Agar Tak Bau Amis dan Berlendir

Ilustrasi Ceker Ayam © Diadona

Untuk mengolah ceker, cara pertama yang dilakukan adalah dengan merebusnya. Namun, terkadang, setelah merebusnya, ceker masih berbau amis dan berlendir. Untuk itu, kamu perlu menambahkan beberapa bahan agar ceker tak bau dan berlendir.

Bahan Merebus Ceker

  • 1/2 kg ceker ayam
  • 1/2 buah jeruk nipis, diperas airnya saja
  • 1 sdt garam
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai
  • 1/2 sdt kunyit bubuk

Cara Merebusnya

  1. Cuci bersih ceker ayam
  2. Rebus ceker sebanyak 3 kali. Rebusan pertama: Didihkan air, masukkan ceker, garam, air perasaan jeruk nipis. Rebus selama 5 menir, buang airnya dan cuci bersih lagi.
  3. Rebusan kedua: Didihkan air, masukkan serai, daun salam, daun jeruk, jahe, dan bubuk kunyit. Masukkan ceker dan rebus hingga 10 menit. Angkat dan buang airnya.
  4. Untuk rebusan ketiga, masukkan ceker dan air, lalu rebus hingga mendidih. Diamkan selama 5 menit. Tiriskan.
  5. Setelah melakukan tiga tahapan tadi, kamu bisa mengolah ceker sesuai selera mulai dari sebgai ceker mercon hingga soto ceker.

Beri Komentar