Sering Salah Kaprah, Ini Tips Memanaskan Sisa Makanan Sesuai dengan Jenisnya!

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 7 Desember 2020 11:20
Sering Salah Kaprah, Ini Tips Memanaskan Sisa Makanan Sesuai dengan Jenisnya!
Jangan sampai salah, ya!

Banyak dari kita yang selalu menyimpan sisa makanan dalam kulkas untuk kita santap lagi keesokan harinya. Terkadang, kita terlalu ngasal ketika memanaskan sisa makanan tersebut, sehingga kita tak mendapat tekstur makanan yang sesuai dengan kemauan kita. Akibatnya, kita jadi tak berselera untuk memakannya lagi dan justru malah membuangnya.

Memanaskan sisa makanan memang terdengar sederhana, padahal, tiap makanan punya perlakuan yang berbeda tergantung dari jenis makanannya. Nah, berikut adalah beberapa tips memanaskan sisa makanan sesuai dengan jenis makanannya. Apa aja itu?

1 dari 5 halaman

Pizza

Ilustrasi Pizza © Diadona

Memanaskan kembali pizza cukup mudah. Kamu hanya perlu memanggangnya kembali dalam oven. Kamu juga bisa menambahkan sedikit air dalam wadah dan memasukkannya ke oven bersamaan dengan pizza untuk mendapat tekstur pizza yang tak terlalu kering.

Bagi kamu yang nggak punya oven, kamu juga bisa memanaskannya dengan terflon anti lengket.

2 dari 5 halaman

Mie

Ilustrasi Mie Suantangzi © Diadona

Memanaskan kembali mie sisa juga nggak boleh asal. Jika langsung kamu panaskan, maka yang kamu dapat adalah tekstur mie yang sangat kering dan keras. Untuk itu, kamu bisa memanaskannya dengan air, kuah, ataupun saus yang sesuai dengan yang digunakan.

Hal ini juga berlaku pada pasta dan spageti yang ingin kamu panaskan kembali. Kamu bisa menambahkan sedikit kuah, susu, ataupun saus untuk membuat teksturnya tak begitu kering ketika hendak kamu makan kembali.

3 dari 5 halaman

Gorengan

Ilustrasi kentang goreng © Diadona

Goreng-gorengan seperti kentang goreng bisa kamu panaskan kembali dalam oven. Sama halnya seperti memanaskan pizza, kamu bisa menambahkan setengah gelas air matang, kemudian panaskan bersama di dalam oven. Hal ini juga bisa kamu lakukan untuk memanaskan gorengan lainnya seperti takoyaki dan lain-lain.

4 dari 5 halaman

Daging

Ilustrasi daging steak © Diadona

Jika kamu punya daging seperti steak atau olahan daging lainnya yang tersisa, kamu bisa memanaskannya kembali dalam teflon atau wajan besi. Pastikan wajan sudah panas terlebih dahulu, lalu masukkan daging dan bolak-balik hingga panasnya merata.

5 dari 5 halaman

Dimsum

Ilustrasi Dimsum © Diadona

Nah, jika kamu punya dimsum yang tersisa dan ingin kamu makan kembali, cara yang paling baik untuk memanaskannya adalah dengan mengukusnya. Pastikan kukusan panas terlebih dahulu, baru kemudian baru masukkan makanannya.

Jika kamu memasukkannya ketika kukusan masih dingin, kamu justru akan mendapat tekstur yang terlalu lembek.

Beri Komentar