Cepat Layu, Begini Cara Menyimpan Daun Kemangi Agar Tahan Lebih Lama

Reporter : Bagus Prakoso
Rabu, 18 November 2020 17:20
Cepat Layu, Begini Cara Menyimpan Daun Kemangi Agar Tahan Lebih Lama
Daun Kemangi memang cocok sebagai pelengkap menu lalapan atau makanan lainnya.

Kemangi adalah salah salah satu bahan makanan yang sering kita jumpai di dapur. Daun kemangin memiliki aroma khas yang wangi. Cocok sebagai pendamping makanan-makanan seperti lalapan ataupun makanan bersantan. Selain itu, Daun Kemangi kerap dijadikan penyedap rasa. Bahkan ada yang percaya juga jika daun kemangi bisa mengatasi bau mulut.

Meskipun begitu, salah satu permasalahan yang kerap dihadapi oleh para moms adalah daun kemangi tak bisa tahan lama. Hal ini karena daun kemangi memang rentan rontok, layu, bahkan busuk. Padhal, Daun Kemangi sangat cocok dinikmati ketika segar.

Lalu, bagaimana cara menyimpan Daun Kemangi dengan benar? Yuk kita simak!

1 dari 5 halaman

Beli Kemangi Muda

Ilustrasi Daun KemangiIlustrasi Daun Kemangi © crushpixel.com

Sangat disarankan untuk kamu membeli kemangi yang masih baru dipetik. Hal ini tentu saja bertujuan agar kesegaran dari kemangi tetap terjamin ketika disimpan.

Daun Kemangi muda daunnya lebih hijau terang, tipis dan lebar. Teksturnya halus, dan tak berlubang. Bentuknya juga tidak keriting dan batangnya hijau tak terlalu tua. Kemangi muda juga sedikit lembab dan tak layu.

2 dari 5 halaman

Bersihkan Daun yang Rontok

Ilustrasi Daun KemangiIlustrasi Daun Kemangi © shutterstock.com/Dicky K. Anggara

Setelah kamu membeli, periksa dulu sebelum menyimpannya. Pisahkan atau bersihkan dulu daun-daun kemangi yang sekiranya sudah rontok dari batang. Hal ini bertujuan agar kemangi lebih segar merata.

3 dari 5 halaman

Simpan dalam Keadaan Kering

Ilustrasi Daun KemangiIlustrasi Daun Kemangi © shutterstock.com/Cholifahcho2

Jangan simpan kemangi dalam keadaan basah. Pastikan dulu kemangi dalam keadaan masih kering. Bungkus dengan kertas, lalu masukkan dalam kulkas. Oleh karena itu, sangat tidak disarankan untuk mencuci dulu kemangi sebelum disimpan. Setelah disimpan dalam kulkas, kemangi akan bertahan sekitar 2-3 hari.

4 dari 5 halaman

Bungkus dengan Plastik Bening

Ilustrasi Daun KemangiIlustrasi Daun Kemangi © shutterstock.com/rahadianperwiranegara

Kamu juga bisa menyimpan kemangi dalam kulkas menggunakan plastik bening. Namun, seperti poin sebelumnya, pastikan dulu jika kemangi dalam keadaan kering. Beri beberapa lubang pada plastik, lalu ikat. Lubang ini tentu berfungsi sebagai sirkulasi udara.

5 dari 5 halaman

Masukkan dalam Wadah Berisi Air

Ilustrasi Daun KemangiIlustrasi Daun Kemangi © shutterstock.com/Eddy Fahmi

Alternatif yang lain adalah kamu bisa menyimpannya pada wadah gelas yang berisi air. Pastikan gelas tersebut berukuran cukup tinggi untuk menopang kemangi. Isilah gelas dengan air bersih, masukkan kemangi, lalu sesuaikan volume air seukuran batang bawah kemangi agar bisa terendam air. Simpan di tempat yang tak terkena paparan sinar matahari langsung.

Semoga bermanfaat!

Beri Komentar