Gak Bisa Sembarangan, Begini Cara Merawat Peralatan Dapur Berbahan Kayu

Reporter : Bagus Prakoso
Kamis, 12 November 2020 15:20
Gak Bisa Sembarangan, Begini Cara Merawat Peralatan Dapur Berbahan Kayu
Biar gak gampang berjamur dan awet, kamu perlu melakukan perawatan khusus terhadap peralatan dapur berbahan kayu ini.

Peralatan dapur berbahan kayu mungkin sudah bukan hal yang baru lagi. Beberapa peralatan dapur yang para moms miliki sebagian besar mungkin ada yang berbahan kayu.

Peralatan masak berbahan kayu ini dirasa lebih aman karena tidak cepat menghantarkan panas. Selain itu, kayu juga alat masak anti karat. Namun, peralatan kayu ini lebih cepat berjamur kalau tidak disimpan dan dirawat dengan cara yang benar.

Oleh karena itu, diadona.id akan memberikan tips kepada para moms agar merawat peralatan dapur berbahan kayu dengan baik dan benar. Apa saja itu?

1 dari 10 halaman

1. Jangan Rendam Terlalu Lama

Peralatan Dapur Berbahan Kayu © Diadona

Yang pertama, jangan rendam alat dapur berbahan kayu terlalu lama. Hal ini akan mempengaruhi kualitasnya. Jika terlalu sering direndam dalam air terlalu lama, peralatan dapur berbahan kayu akan menjadi bau, menghitam bahkan berjamur.

2 dari 10 halaman

2. Jangan biarkan Noda Menempel Terus

Segera bersihkan noda yang menempel pada alat dapur berbahan kayu. Jangan biarkan kerak atau noda makanan menempel terus. Hal ini justru akan merusak lapisan kayunya.

3 dari 10 halaman

3. Jangan Pakai Pembersih Berbahan kawat

Bersihkan peralatan dapur berbahan kayu dengan spons. Hindari untuk membersihkan dengan pembersih berbahan kawat. Hal ini akan membuat peralatan dapur berbahan kayu justru cepat rusak dan cepat terkelupas. Gunakan spons di bagian kasar.

4 dari 10 halaman

4. Menggunakan Larutan Garam

Ilustrasi Garam dan Minyak Zaitun © Diadona

Campur garam dengan air panas. Setelah itu, rendam peralatan dapur berbahan kayu selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, lap hingga kering.

5 dari 10 halaman

Cuci menggunakan lemon atau jeruk nipis

Ilustrasi Garam dan Lemon © Diadona

Cuci menggunakan lemon atau jeruk nipis. Kamu bisa mencampurnya dengan air ataupun sabun cuci piring. Hal ini agar peralatan dapur berbahan kayu bisa bebas bau sisa makanan.

6 dari 10 halaman

Oleskan Minyak Kelapa

Ilustrasi Minyak Kelapa dan Lemon © Diadona

Kamu bisa mengoleskan minyak kelapa pada kain, lalu menggosok ke permukaannya. Setelah itu keringkan dengan cara digantung. Minyak Kelapa ternyata bisa membuat peralatan masak berbahan kayu tak mudah retak. Kamu bisa melakukan ini sebulan sekali.

7 dari 10 halaman

Pakai Baking Soda

Beda Baking Soda dan Baking Powder © Diadona

Larutan baking soda akan menghilangkan aroma tak sedap pada peralatan dapur berbahan kayu. Kamu cukup merendam peralatan berbahan kayu dalam larutan baking soda dan air selama 15 menit saja.

8 dari 10 halaman

Gunakan Cuka

Kamu juga bisa menggunakan cuka. Tuangkan cuka ke spons, lalu gosokkan pada peralatan dapur yang berbahan kayu. 

9 dari 10 halaman

Jemur di Bawah Sinar Matahari

Peralatan Dapur Berbahan Kayu © Diadona

Setelah mencucinya hingga bersih, jemur di bawah matahari langsung. Hal ini untuk menghilangkan bekas bau setelah digunakan. Selain itu, dengan dijemur di bawah sinar matahari langsung akan menghindarkan peralatan kayu dari jamur.

10 dari 10 halaman

10. Simpan di Tempat Kering

Peralatan Dapur Berbahan Kayu © Diadona

Setelah menjemurnya dan kering, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang kering. Kamu bisa menyimpannya di rak khusus peralatan dapur dari kayu. Dengan begitu, peralatan dapur berbahan kayu akan lebih awet dan bebas jamur.

Beri Komentar