9 Jenis Pisau yang Ada di Dapur, Beda Bentuk Beda Fungsinya, lho!

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 16 November 2020 17:20
9 Jenis Pisau yang Ada di Dapur, Beda Bentuk Beda Fungsinya, lho!
Jangan sampai salah pakai, ya!

Pisau adalah salah satu alat masak yang paling sering dijumpai di dapur. Dengan bantuan alat dapur ini, kamu bisa membuat bahan-bahan makanan menjadi potongan kecil sehingga akan memudahkan kamu dalam memasak.

Namun, banyak kamu temui jika pisau memiliki bentuk yang sangat beragam. Mulai dari yang paling kecil, sampai yang bentuknya cukup besar. Ternyata, bentuk-bentuk tersebut memiliki maksud tersendiri. Jadi, beda bentuknya, beda juga kegunaannya. Yuk kita kenali jenis-jenis pisau dan kegunaannya.

1 dari 9 halaman

1. Chef's Knife

Chef's Knives © Diadona

Chef's Knife adalah salah satu jenis pisau yang sering kita lihat. Pisau ini bisa dibilang pisau dapur serbaguna karena bisa digunakan untuk memotong apa saja. Chef's Knife banyak ditemui di pasaran. Bentuknya tidak terlalu besar dan tak terlalu kecil. Sangat pas untuk memotong dan mengupas makanan. Pisau ini bahkan juga bisa digunakan untuk memotong daging dengan ukuran yang kecil.

2 dari 9 halaman

2. Boning Knife

Boning Knife © Diadona

Boning Knife memang jarang kita temui di dapur. Namun, Boning Knife biasa dipakkai oleh chef profesional untuk memisahkan daging dari tulangnya. Bentuknya melengkung serta mengecil di bagian ujung. Pisau ini dibuat melengkung agar mempermudah para chef untuk mengontrol potongan jenis daging apapun.

3 dari 9 halaman

3. Cheese Knife

Cheese Knife © Diadona

Sesuai namanya, Cheese knife digunakan untuk memotong keju yang memiliki tekstur lunak dan lengket. Cheese Knife memiliki lubang-lubang di seluruh badan pisau. Lubang ini berfungsi agar potongan keju terlihat lebih rapi dan tak lengket dan menempel di pisau.

4 dari 9 halaman

4. Cleaver Knife

Cleaver Knife © Diadona

Cleaver Knife ini mungkin sudah sering kita temui di film-film masak. Pisau ini punya bentuk persegi panjang yang besar. Rupanya, bentuknya yang besar ini punya fungsi tersendiri. Cleaver knife ini berfungsi untuk mencincang makanan, sayur, dan juga memotong tulang daging yang besar. Dengan bentuknya yang lebar, pisau ini memang cocok untuk bahan makanan yang sulit dipotong.

5 dari 9 halaman

5. Paring Knife

Paring Knife © Diadona

Paring Knife adalah pisau dengan ukuran yang cukup kecil. Panjangnya hanya 5-10 cm saja. Bentuknya yang kecil ini ternyata digunakan hanya untuk mengupas buah, memotong sayuran, dan juga memisahkan kulit udang. Paring Knife juga biasa dipakai untuk menghias makanan.

6 dari 9 halaman

6. Bread Knife

Bread Knife © Diadona

Tak hanya buah, daging, dan sayuran aja yang dipotong, Roti juga biasanya dipotong agar bisa membaginya menjadi dua. Namun, pisau yang digunakan tentu juga berbeda. Biasanya Brad Knife ini memiliki bentuk mata pisau yang bergerigi. Dengan begitu, kamu bisa memotong roti tanpa harus merusak rotinya.

7 dari 9 halaman

7. Mincing Knife

Mincing Knife © Diadona

Mincing Knife adalah jenis pisau yang sangat unik dan jarang ditemui di dapur. Namun, pisau jenis ini banyak digunakan oleh para koki untuk menghaluskan makanan dengan cara dipotong-potong. Bentuknya melengkung, dengan dua gagang di masing-masing ujung. Kamu hanya perlu memegang kedua gagang kemudian menggerakannya ke kiri dan ke kanan sampai bahan makanan menjadi sangat halus.

8 dari 9 halaman

8. Carving Knife

Carving Knife © Diadona

Carving Knife memiliki bentuk yang tipis dan runcing. Berbeda dengan Chef's Knife, pisau ini lebih tipis. Biasanya, pisau jenis ini berada di meja makan, dan bersebelahan dengan garpu. Carving Knife biasa digunakan untuk memotong makanan seperti daging.

9 dari 9 halaman

9. Slicing Knife

Slicing Knife © Diadona

Slicing Knife ini punya bentuk yang lebih panjang dan runcing. Pisau ini sangat berguna untuk mengiris daging atau ikan yang sangat tipis. Hal ini karena Slicing Knife memiliki mata pisau yang sangat tajam. Selain itu, pisau ini juga bisa digunakan untuk mengiris bahan seperti bawang, tomat, timun ataupun mengupas kulit buah.

Beri Komentar