7 Tips Membuat Kue Rendah Kalori, Cocok Jadi Camilan Program Diet Nih!

Reporter : Arifina
Senin, 20 November 2023 20:07
7 Tips Membuat Kue Rendah Kalori, Cocok Jadi Camilan Program Diet Nih!
Ingin makan kue tapi sedang program diet? Begini tips membuatnya, agar kue jadi rendah kalori.

Tips membuat kue rendah kalori cocok menjadi makanan pengganti atau camilan saat diet. Bahan-bahan terpilih digunakan untuk membuat kue ini, seperti penggunaan tepung dan gula yang tepat.

Dengan mengosumsi kue ini, tak perlu lagi khawatir jika kandungan pada kue dapat menambah kalori dna menggagalkan program diet kamu. Justru, olahan kue rendah kalori ini bisa tetap menjaga agar berat badan tidak naik.

Umumnya, kue dibuat dengan campuran gula dan lemak pada setiap bahan-bahannya. Kedua bahan tersebut dapat menghambat proses diet. Namun, kamu tak perlu khawatir lagi, karena ada tips untuk membuat kue rendah kalori yang mudah lho!

Jadi, bagaimana cara yang tepat untuk membuat kue rendah kalori ini? Simak beberapa tipsnya berikut!

 

1 dari 8 halaman

Perhatikan Tepung yang Digunakan

Ilustrasi Oatmeal untuk Diet © Diadona

Tepung terigu menjadi salah satu bahan utama dalam pembuatan berbagai macam kue. Akan tetapi, tepung terigu menjadi salah satu bahan makanan yang mengandung lemak.

Jika proses diet kamu untuk mengurangi kandungan lemak berlebih, tepung terigu dapat diganti dengan tepung oat atau gandum. Tepung oat menjadi alternatif pilihan pengganti tepung terigu yang bebas gluten sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.

Gandum sendiri jauh lebih sehat dan rendah lemak karena kandungan magnesium yang tinggi sehingga meningkatkan hormon insulin. Juga, kandungan gandum ini baik untuk para penyandang diabetes karena rendahnya kadar gula.

2 dari 8 halaman

Ganti Penggunaan Gula Pasir dengan Madu

Selain tepung, gula juga menjadi komponen penting dalam pembuatan kue. Pasalnya, tidak sedikit kue memiliki rasa cenderung manis. Namun, ketahuilah jika kamu sedang diet, kamu dapat mengganti gula pasir dengan madu murni.

Rasa manis alami dari madu juga dapat mengganti rasa manis gula pasir, bahkan kue menjadi lebih sehat jika menggunakan bahan ini, Akan tetapi, tetap perhatikan takaran madu murni pada pembuatan kue karena madu juga mengandung gula.

Selain mengandung gula, madu murni juga mengandung nilai gizi yang tinggi seperti, mineral, vitamin, enzim, dan masih banyak lainnya. Cukup gunakan madu murni hingga mencapai rasa manis yang pas atau tidak berlebih.

3 dari 8 halaman

Ganti Mentega dengan Yogurt

Peran mentega juga tidak kalah penting dalam pembuatan kue karena mentega dapat menjaga kelembaban kue. Namun, mentega mengandung banyak lemak yang akan menghambat proses diet.

Sebaiknya, ganti mentega dengan yogurt. Gunakan yogurt yang rendah lemak atau tanpa lemak untuk pengganti mentega dalam bahan resep kue. Tidak hanya mengurangi kandungan lemak, tetapi juga dapat menambah kelembaban dan rasa yang lezat pada kue.

4 dari 8 halaman

Pilih Penggunaan Coklat Hitam

Ilustrasi Dark Chocolate © Diadona

Jika kue yang kamu buat menggunakan coklat, pilihlah jenis coklat hitam atau yang biasa kita sebut dark chocolate. Coklat yang biasanya dimasukkan dalam beberapa resep kue adalah coklat susu yang lebih banyak mengandung gula dan lemak.

Coklat hitam atau dark chocolate mengandung kalori yang lebih rendah. Saat kamu mengganti coklat susu dengan coklat hitam, rasa kue akan tetap enak walaupun rasa manisnya sedikit kurang terasa.

5 dari 8 halaman

Pilih Jenis Susu yang Tepat

Beberapa kue sering menambahkan susu yang tinggi lemak agar tekstur kue lebih lembut. Selain itu, susu juga dapat menambah aroma pada kue agar lebih gurih dan manis.

Namun, susu juga mengandung gula dan lemak jika digunakan terlalu banyak atau berlebih. Salah satu tips agar tetap menikmati kue dengan rasa yang nikmat dan sehat adalah mengganti susu tinggi lemak dengan susu krim atau biasa yang disebut susu full cream.

Dengan mengganti susu full cream, kandungan gula dan lemak cenderung lebih rendah. Pastinya juga tidak akan mengurangi rasa enak pada kue.

6 dari 8 halaman

Tambahkan Puree Kacang

Puree kacang seperti kacang tanah atau puree kacang almond bisa untuk kamu jadikan tambahan dalam pembuatan kue rendah kalori. Kedua kacanf tersebut akan menambah tekstur pada kue agar lebih renyah.

Kamu juga bisa menambahkan kacang-kacangan dalam adonan atau dijadikan topping. Selain menambah tekstur pada kue, kamu juga mendapat nutrisi lebih dari kandungan kacang-kacangan.

Namun, tetap perhatikan kacang yang digunakan, kamu bisa menambahkan jenis kacang mede, kacang almond, dan masih banyak lagi. Dengan menambahkan kacang-kacangan ini juga dapat memberikan tekstur dan rasa yang unik pada setiap gigitan kue.

7 dari 8 halaman

Beri Topping yang Sehat

Tips Membuat Kue Rendah Kalori © Diadona

Tidak hanya puree kacang, agar kandungan nutrisi lebih kaya tambahkan juga buah-buahan sebagai topping kue. Topping buah pada kue dapat menjadi tambahan gizi dan nutrisi pada kue saat dikonsumsi.

Tidak hanya nutrisi saja, topping buah juga dapat mempercantik tampilan kue agar lebih menarik. Buah-buahan yang dapat dijadikan topping, antara lain seperti stroberi, blueberry, kiwi, atau buah lainnya.

Selain potongan buah-buahan, kamu juga bisa menjadikan buah-buahan menjadi saus. Caranya, rebus buah dengan sedikit pemanis dan air, lalu masak hingga mengental dan sajikan di bagian atas kue sebagai topping. Pastikan buah untuk topping yang dipilih sesuai dengan jenis kue yang dibuat.

Beri Komentar