9 Cara Mengatasi Wajan Lengket, Bisa Pakai Bahan Dapur Lho!

Reporter : Arifina
Senin, 8 Januari 2024 20:07
9 Cara Mengatasi Wajan Lengket, Bisa Pakai Bahan Dapur Lho!
Wajan yang lengket memang bikin aktivitas memasak terganggu, simak deh cara mengatasinya berikut!

Cara mengatasi wajan lengket sebenarnya cukuplah mudah. Wajan lengket menjadi salah satu permasalahan umum di dapur yang sangat mengganggu proses memasak.

Sebab, kondisi wajan yang lengket dapat membuat proses memasak menjadi lebih sulit dan merepotkan. Makanan menjadi sulit dibalik atau diaduk, dan terkadang bahkan dapat merusak wajan.

Banyak faktor yang mempengaruhi wajan menjadi lengket. Seperti, penggunaan minyak yang terlalu sedikit, sisa makanan yang menempel, atau lapisan antilengket yang sudah rusak.

Nah, guna mengatasi persoalan tersebut sebenarnya tidaklah sulit. Kamu cukup menggunakan bahan-bahan dapur saja lho! Berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber cara mengatasi wajan lengket!

1 dari 9 halaman

Gunakan Minyak yang Cukup

Cara Mengatasi Wajan Lengket © Diadona

Salah satu penyebab wajan lengket adalah penggunaan minyak goreng yang terlalu sedikit saat proses memasak. Karena itu, pastikan kamu menggunakan minyak yang cukup untuk olahan masakan agar wajan tetap aman dan mudah digunakan.

Minyak berfungsi untuk melapisi wajan dan mencegah makanan menempel. Dengan cara ini, proses memasak akan lebih mudah, efisien, dan terhindar dari masalah makanan yang lengket ke permukaan wajan.

2 dari 9 halaman

Pastikan Wajan dalam Kondisi Kering

Sebelum memulai memasak menggunakan wajan, pastikan kondisinya benar-benar kering sempurna. Sebab, ketika wajan dalam kondisi basah justru akan membuat proses memasak menjadi terkendala.

Jika wajan dalam kondisi basah juga akan mempengaruhi hasil masakan. Seperti bahan makanan yang menempel dan lengket dan tidak bisa diolah dengan baik.

Hal itu karena terdapat sisa air pada wajan yang masih basah, dan bisa membuat lauk yang digoreng menjadi lengket. Masakan biasanya juga tidak matang sempurna dan menjadi hancur.

3 dari 9 halaman

Panaskan Wajan Sebelum Memasak

Cara ini bisa kamu gunakan untuk menghindari menempelnya makanan pada wajan lho! Jadi, lebih baik untuk memanaskan wajan sebelum dimasukki minyak goreng atau bahan masakan yang akan diolah.

Proses ini untuk membuat sisa-sisa air ada pada wajan menguap. Sehingga proses memasak juga lebih mudah dan efisien.

Memanaskan wajan juga akan membuat hasil masakan tidak akan mudah menempel di permukaannya. Sehingga, masakan akan matang dengan baik tanpa hancur.

4 dari 9 halaman

Gunakan Baking Soda dan Cuka

Cara Merawat Panci Anti Lengket © Diadona

Wajan yang lengket biasanya akan memunculkan bekas-bekas noda makanan. Selain itu, proses pembersihannya cukup sulit dan tidak bisa hanya dengan menggunakan sabun pencuci biasa.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menggunakan bahan-bahan makanan seperti soda kue dan cuka. Cukup campurkan satu cangkir air dengan 2 sendok makan soda kue dan setengah cangkir cuka putih.

Selanjutnya, masukkan dalam wajan yang sudah di letakkan di atas kompor. Panaskan sampai mendidih sekitar 10 menit, lalu bilas. Dijamin, wajan di rumah akan kembali bersih dalam keadaan seperti sedia kala.

5 dari 9 halaman

Pakai Minyak Sayur

Bahan lainnya yang bisa digunakan untuk mengatasi persoalan wajan lengket adalah, minyak sayur. Cara penggunannya pun mudah, kamu cukup menggosok-gosok wajan dengan minyak sayur.

Gosok-gosok bagian permukaan wajan untuk membersihkan sisa makanan yang lengket dengan minyak sayur. Pastikan saat proses membersihkannya, wajan masih dalam konsisi hangat kuku atau suhu ruangan ya! Sehingga, proses pembersihan wajan yang lengket akan lebih mudah dan cepat.

6 dari 9 halaman

Berilah Semprotan Anti Lengket

Bila ingin yang lebih praktis dan terhindar dari persoalan wajan yang lengket, cara yang satu ini bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menggunakan spray reparasi panci atau semprotan anti lengket untuk wajan.

Cara penggunannya, pastikan wajan sudah secara menyeluruh dicuci bersih tanpa ada sisa makanan. Kemudian, biarkan untuk mengering sejenak.

Setelah benar-benar kering, baru semprotkan cairan anti lengket secukupnya saja di permukaan wajan. Biarkan kurang lebih selama 30 menit, dan bilas hingga bersih.

7 dari 9 halaman

Gunakan Minyak Zaitun

Cara Merawat Panci Anti Lengket © Diadona

Langkah lainnya, kamu bisa menggunakan minyak zaitun untuk mengatasi wajan lengket. Dalam artian, kamu disarankan untuk menggunakan jenis minyak ini dalam proses memasak menggunakan wajan.

Penggunaan minyak zaitun ini akan membuat wajan lebih awet. Minyak zaitun juga mudah dibersihkan dibandingkan dengan minyak jenis lainnya. Selain itu, menggunakan minyak zaitun dalam masakan juga menjadikan makanan yang diolah lebih sehat lho!

8 dari 9 halaman

Hindari Alat Pembersih yang Kasar

Mengatasi permasalahan wajan lengket juga perlu memperhatikan saat proses pembersihannya. Dalam hal ini hindari pemakaian alat pembersih yang kasar untuk wajan yang kamu gunakan sehari-hari ya!

Pembersihan dengan menggunakan alat kasar justru dapat merusak lapisan anti lengket wajan. Sebaiknya, gunakan spons lembut atau kain lap yang tidak merusak permukaan wajan saat membersihkannya ya!

9 dari 9 halaman

Lakukan Perawatan dengan Rutin

Rutinlah membersihkan wajan setelah digunakan. Jangan biarkan sisa-sisa makanan atau minyak mengering di permukaan wajan begitu lama.

Perawatan rutin dapat memperpanjang umur wajan dan mencegah terjadinya lengket saat makanan dimasak. Sehingga, wajan lebih awet dan dapat digunakan dengan baik setiap saat.

Itulah sederet cara mengatasi wajan lengket. Dengan berbagai bahan dapur kamu bisa mengembalikan wajan seperti sedia kala lho! Semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar