7 Tips Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Spons Cuci Piring, Jangan Asal Dibuang Ya!

Reporter : Arifina
Selasa, 12 Desember 2023 18:07
7 Tips Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Spons Cuci Piring, Jangan Asal Dibuang Ya!
Ternyata, menghilangkan bau tak sedap pada spons cuci piring tidak susah lho!

Tips menghilangkan bau tidak sedap pada spons cuci piring ternyata tidak sulit lho! Alih-alih langsung membuangnya begitu saja, spons cuci piring yang bau bisa dibersihkan lagi untuk kembali digunakan.

Spons cuci piring merupakan salah satu peralatan dapur yang cukup penting dan harus selalu ada. Alat pencuci piring satu ini berfungsi untuk menjaga kebersihan peralatan makan dan masak.

1 dari 8 halaman

Tips Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Spons Cuci Piring © Diadona

Namun, spons cuci piring juga rentan menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan jamur. Sehingga, tidak dapat dipungkiri peralatan pembersih piring satu ini juga dapat menyebabkan bau tidak sedap.

Jika sudah memunculkan bau, tentunya alat ini akan membuat tidak nyaman saat digunakan. Nah, agar tetap dapat digunakan dengan nyaman dan higeine, berikut ini diadona.id rangkumkan dari berbagai sumber tips menghilangkan bau tidak sedap pada spons cuci piring!

2 dari 8 halaman

Rendam di Larutan Pembersih

Salah satu cara untuk menghilangkan bau tak sedap pada spons cuci piring yakni, rendamlah di laurtan pembersih. Caranya pun cukup mudah, karena kamu cukup mencampurkan air hangat dengan sedikit cuka atau baking soda.

Kemudian, rendam spons cuci piring dalam larutan tersebut beberapa saat dan bilas hingga bersih dan bau akan menghilang. Cuka dan baking soda memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membersihkan dan menghilangkan bau tidak sedap pada spons.

3 dari 8 halaman

Gunakan Air Panas

Tips yang lebih simpel untuk dilakukan, kamu bisa membersihkan spons yang bau tak sedap dengan menggunakan air panas. Sebelum spons digunakan, maka cukup basahi dengan air panas.

Cara ini membantu membunuh bakteri yang mungkin ada pada spons dan dapat mengurangi risiko munculnya bakteri penyebab bau tak sedap.

4 dari 8 halaman

Garam

Ilustrasi Garam © Diadona

Garam juga bisa digunakan sebagai penghilang bau tak sedap pada spons cuci piring lho! Caranya, bilas spons cuci piring dengan air hangat, lalu peras agar remah-remah atau sisa-sisa makanan yang menempel hilang.

Selanjutnya, isi wadah lain dengan campuran air hangat dan seperempat cangkir garam. Aduk-aduk sampai garam larut dan masukkan spons ke delam wadah tersebut.

Pastikan spons cuci piring terendam seluruhnya ya. Biarkan semalaman atau beberapa jam, lalu keluarkan, peras dan bilas dengan air bersih.

5 dari 8 halaman

Pakai Cuka

Proses pembersihan spons cuci piring dengan cuka tak jauh berbeda dengan cara sebelumnya. Kamu perlu menyiapkan campuran 1 cangkir air panas dan setengah cangkir cuka putih, lalu tambahkan 3 sendok makan garam.

Dengan cara yang satu ini, kamu akan mendapati bau tak sedap pada spons cuci piring menghilang. Tak hanya itu, spons cuci piring juga akan terlihat seperti baru lagi lho!

6 dari 8 halaman

Jemur di Bawah Matahari

Cara ini juga cukup mudah untuk dilakukan nih! Sesaat setelah spons cuci piring digunakan, maka jemur di bawah sinar matahari langsung.

Sinar matahari memiliki efek sterilisasi alami yang dapat membantu proses pengeringan spos dengan cepat. Sehingga, dengan cara ini akan dapat mencegah pertumbuhan bakteri berlebihan pada spons yang bisa menyebabkan bau.

7 dari 8 halaman

Gunakan Pewangi Alami

Tips Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Spons Cuci Piring © Diadona

Pewangi bisa juga digunakan untuk menghindai bau tak sedap pada spins cuci piring. Tentunya, pilih bahan pewangi alami, seperti potongan kulit jeruk dan daun mint.

Tempelkan potongan kulit jeruk atau sejumput daun mint ke spons cuci piring. Pewangi alami ini tidak hanya akan memberikan aroma segar, tetapi juga dapat membantu mengurangi bau tidak sedap pada spons.

8 dari 8 halaman

Cuci Spons Secara Berkala

Hal yang penting untuk diperhatikan agar spons cuci piring tidak bau selalu cuci secara berkala. Proses ini akan membantu menghilangkan bakteri menempel pada spons.

Kamu bisa memilih proses pencucian dari beberapa cara diatas. Paling mudah, cuci menggunakan air panas dengan campuran sedikit pemutih.

Dengan begitu, spons cuci piring bebas bau tak sedap dan bebas digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Itulah sederet tips menghilangkan bau tidak sedap pada spons cuci piring. Bisa kamu terapkan di rumah ya, semoga bermanfaat!

Beri Komentar