8 Cara Membersihkan Wadah Plastik yang Kusam, Dijamin Auto Kinclong dan Anti Bau Apek Nih!

Reporter : Arifina
Jumat, 8 Desember 2023 14:01
8 Cara Membersihkan Wadah Plastik yang Kusam, Dijamin Auto Kinclong dan Anti Bau Apek Nih!
terapkan cara-cara berikut agar wadah plastik awet dan anti bau apek ya!

Cara membersihkan wadah plastik yang kusam harus diperhatikan agar bersih sempurna dan tidak bau apek. Tempat penyimpanan satu ini biasanya banyak disimpan untuk bisa dipergunakan kembali.

Wadah plastik biasanya bisa digunakan untuk menyimpan sayuran, buah, ataupun bahan-bahan makanan lainnya. Sayangnya, wadah ini memang mudah untuk memiliki noda kusam dan bau tak sedap jika cara penyimpanannya salah.

1 dari 8 halaman

Cara Membersihkan Wadah Plastik yang Kusam © Diadona

Kondisi tersebut terjadi karena setelah wadah dicuci tidak dikeringkan terlebih dahulu, sehingga wadah plastik menjadi lembab, mudah berubah warna, bahkan bisa memunculkan bau tak sedap atau apek.

Kebanyakan jika wadah plastik yang sudah memiliki warna kusam bandel dan bau tak sedap akan langsung dibuang begitu saja. Padahal, wadah plastik dapat dibersihkan masih dapat dibersihkan lho!

Nah, agar wadah plastik tetap awet, yuk simak beberapa cara membersihkannya berikut dilansir dari berbagai sumber!

2 dari 8 halaman

Gunakan Campuran Cuka dan Air

Tidak hanya untuk pelengkap masakan, cuka ternyata juga dapat membantu membersihkan, mencerahkan, dan membunuh bakteri kuman pada wadah plastik yang kusam. Namun, penggunaan cuka untuk membersihkan noda kusam pada wadah tidak serta merta hanya langsung dituang dan dioles begitu saja.

Agar hasil akhir wadah yang kusam bisa bersih dan bening maksimal, caranya campurkan cuka putih dan air pada sebuah wadah. Lalu, rendam wadah plastik pada wadah tersebut hingga terendam penuh.

Diamkan selama beberapa jam atau semalaman. Setelah itu, langsung bilas dengan air bersih.

3 dari 8 halaman

Baking Soda

Selain cuka, ternyata bahan makanan lain seperti baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan wadah plastik yang kusam. Caranya pun mudah, cukup campurkan baking soda dan air hangat.

Kemudian, oleskan larutan baking soda dan air pada wadah yang kusam atau dengan merendam wadah plastik yang kusam. Selain menghilangkan noda, larutan baking soda dan air juga dapat menghilangkan bau tak sedap pada wadah yang kusam.

Selain dilarutkan, kamu juga bisa membuat pasta baking soda untuk membersihkan wadah plastik. Cukup campurkan bahan tersbeut dengan air hingga berbentuk pasta.

Selanjutnya, oleskan pasta baking soda ini ke bagian wadah plastik yang memiliki noda kusam. Barkan selama beberapa jam dan gosok perlahan pada semua bagian. Lalu, bilas wadah dengan air mengalir hingga bersih.

4 dari 8 halaman

Rendam dengan Pemutih Baju

Cara Menghilangkan Jentik Nyamuk di Bak Mandi - Pemutih Pakaian © Diadona

Pemutih baju juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda dan perubahan warna pada wadah plastik lho!. Caranya, siapkan wadah, lalu campurkan satu sendok makan pemutih untuk setiap satu cangkir berisi air.

Setelah larutan dibuat, rendam wadah hingga seluruh bagiannya terendam larutan pemutih dan air. Diamkan selama 30-45 menit agar larutan tersebut bekerja untuk membersihkan wadah plastik yang kusam. Setelah itu, bilas wadah dengan air hingga bersih.

5 dari 8 halaman

Pasta Gigi

Buat kamu yang tidak mau ribet, cara yang satu ini bisa kamu gunakan untuk membersihkan wadah plastik yang kusam. Ya, pasta gigi bisa menjadi solusi yang cukup ampun untuk membuat wadah plastik bersih dengan cepat lho!

Pasta gigi juga dapat mengangkat sisa-sisa keruh yang masih menempel pada wadah plastik. Pertama-tama, basahi wadah plastik secara menyeluruh, lalu gosokkan pasta gigi ke seluruh bagian wadah.

Setelah itu, gosok wadah yang sudah dioles pasta gigi dengan kain kasar atau sikat gigi yang lembut. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dan keringkan wadah.

6 dari 8 halaman

Gunakan Lemon atau Jeruk Nipis

Jika kamu memiliki sisa lemon, daripada membuangnya begitu saja kamu dapat menggunakannya untuk membersihkan wadah plastik. Lemon bisa membantu membersihkan wadah plastik yang kusam jika caranya benar.

Namun, jika kamu tidak memiliki lemon dan tidak bisa membelinya karena harga yang relatif mahal, kamu bisa mengganti lemon dengan jeruk nipis. Caranya, potong-potong lemon atau jeruk nipis dan gosokkan pada bagian wadah plastik yang kusam hingga merata.

Setelah seluruh bagian wadah sudah digosokkan lemon atau jeruk nipis, diamkan selama beberapa menit. Kandungan asam sitrat pada lemon atau jeruk nipis dapat membantu mencerahkan dan membersihkan noda kusam pada wadah plastik.

Setelah didiamkan, bilas dengan air bersih hingga seluruh bagian wadah plastik tidak ada sisa cairan lemon atau jeruk nipis.

7 dari 8 halaman

Larutan Sabun Cuci Piring

Cara Membersihkan Wadah Plastik yang Kusam © Diadona

Cara lainnya yang bisa digunakan untuk membersihkan wadah plastik kusam adalah dengan sabun pencuci piring. Namun, cara memberdihkannya tidak seperti saat kita mencuci piring seperti biasa.

Melainkan, campurkan sabun cuci piring dengan air hangat. Gunakan perbandingan air dan sabun 2:2 untuk menghasilkan larutan yang pas. Setelah larutan selesai dibuat, gosok wadah plastik menggunakan sikat lembut atau spons secara merata ke seluruh bagian wadah plastik.

Lalu, bilas wadah plastik dengan air mengalir hingga bersih secara merata.

8 dari 8 halaman

Pakai Hand sanitizer

Siapa yang selalu sedia hand sanitizer di rumah? Nah, barang yang satu ini rupanya bisa kamu gunakan untuk membersihkan wadah plastik yang kusam lho!

Kamu cukup tuangkan hand sanitizer di atas noda wadah plastik, lalu diamkan selama 45 menit. Selanjutnya, gunakan lap untuk membersihkan wadah plastik dari hand sanitizer dan cuci dengan sabun.

Lalu, bilas dengan air bersih dan kamu akan mendapati hasil wadah plastik yang kembali kinclong.

Itu tadi beberapa cara membersihkan wadah plastik yang kusam. Kamu bisa menjaga dan merawat koleksi wadah kamu agar tetap bersih dan bening.

Jangan lupa untuk mengikuti tahapannya agar hasil akhir wadah yang kusam bisa bersih kinclong. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar