Jangan Asal Beli! Ini 7 Cara Memilih Jeruk Santang yang Manis, Segar dan Berkualitas

Reporter : Arifina
Selasa, 20 Februari 2024 14:47
Jangan Asal Beli! Ini 7 Cara Memilih Jeruk Santang yang Manis, Segar dan Berkualitas
Terapin cara ini biar gak salah pilih ya!

Cara memilih jeruk santang yang manis memang susah-susah gampang. Apalagi, tampilan dari jeruk santang ini serupa dengan warna kulit orange menyala yang segar.

Jeruk santang, atau jeruk mandarin, merupakan salah satu buah favorit banyak orang. Jika tepat memilih, rasanya manis dan segar sehingga membuatnya cocok dinikmati kapan saja.

Biasanya, jeruk santang menjadi salah satu sajian utama dalam perayaan Imlek. Hal itu karena buah jeruk dianggap sebagai simbol keberuntungan berkat dari warnanya yang cerah.

1 dari 9 halaman

Cara Memilih Jeruk Santang yang Manis © Diadona

Warna orange yang segar, membuat jeruk santang sangat menggugah selera siapa saja yang melihatnya. Namun, jika asal pilih, bukan tidak mungkin kamu akan mendapati rasa jeruk santang yang masam dan kurang lezat lho!

Nah, biar tidak asal pilih dan mendapati rasa segar dan manis sempurna, simak yuk cara memilih jeruk santang yang tepat  yang sudah dirangkum diadona.id tdari berbagai sumber berikut!

2 dari 9 halaman

Perhatikan Warna Kulit Jeruk Santang

Jeruk santang yang sudah matang umumnya memiliki warna kulit yang cerah dan merata. Pilih jeruk dengan warna orange yang intens atau pekat, hindari yang terlalu pucat atau kekuningan.

Warna kulit orange ini menandakan kematangan buah secara merata. Hindari yang kusam atau terdapat bintik-bintik coklat.

Sebab, bisa jadi hal tersebut adlah jenis jeruk santang yang kering dan tidak enak saat dikonsumsi. Warna orange pekat pada jeruk santang umumnya memiliki cita rasa yang manis lho!

3 dari 9 halaman

Pilih yang Kulitnya Mengkilap

Cara Memilih Jeruk Santang yang Manis © Diadona

Selain memperhatikan warnanya yang orange pekat, kamu juga perlu memperhatikan lebih detail pada bagian kulitnya. Dalam hal ini, pilih jenis jeruk santang yang mengkilap pada bagian kulitnya.

Kulitnya yang orange mengkilap ini biasanya menandakan kalau buah masih amat segar dan terasa manis. Pastikan kamu tidak membeli jeruk dengan kondisi kulit yang sudah berlubang atau rusak ya.

Hal itu menandakan jeruk tidak dalam kondisi baik, dan kurang lezat saat dikonsumsi tentunya.

4 dari 9 halaman

Lihat Bagian Tekstur Kulit Jeruk

Setelah memastikan warnanya, maka kamu juga perlu memperhatikan tekstur dari jeruk santang yang akan dibeli. Biasanya, jeruk santang yang manis cenderung memiliki tekstur yang lebih halus.

Sentuh kulit jeruk untuk mengecek teksturnya. Pilih jeruk yang kulitnya halus dan tidak berkeriput.

Hindari jeruk yang terlalu lembek atau berkerut, karena itu bisa menjadi tanda jeruk yang layu, terlalu matang atau bahkan rusak.

5 dari 9 halaman

Pastikan Terasa Empuk saat Ditekan

Cara Memilih Jeruk Santang yang Manis © Diadona

Nah, ketika sedang memilah-milah jeruk santang yang akan dibeli, pastikan kamu menekan sedikit saja permukaannya. Tekan jeruk dengan lembut untuk memastikan kondisinya empuk atau keras.

Jeruk santang yang manis umumnya terasa empuk, namun tidak lembek. Hindari jeruk yang keras karena menandakan rasa asam dan kurang matang.

Dengan cara ini kamu akan tahu jika jeruk telah matang, daging buahnya terasa manis dan segar.

6 dari 9 halaman

Perhatikan Berat Buah Jeruk Santang

Kondisi berat dari buah jeruk santang juga bisa menjadi penentu apakah buah tersebut terasa manis dan tidak. Karena itu, sembari memilah-milah ketika akan membelinya, pastikan juga kondisi beratnya ya.

Ketika memilih jeruk Santang, rasakan berat buahnya. Kamu bisa menimbang jeruk santang menggunakan telapak tangan.

Jeruk yang berat cenderung memiliki kadar air yang tinggi, menandakan kematangan dan rasa yang lebih manis. Jika ringan, maka bisa jadi jeruk memiliki daging yang cenderung kering dan kurang lezat saat dikonsumsi.

Namun, pastikan beratnya proporsional untuk ukuran jeruknya.

7 dari 9 halaman

Cium Aroma Jeruk Santang

Cara Memilih Jeruk Santang yang Manis © Diadona

Umumnya, jeruk santang yang sudah matang dan terasa manis akan mengeluarkan aroma harum yang khas. Sehingga, sesaat sebelum membelinya kamu bisa memastikannya dengan mencium aroma jeruk.

Aroma jeruk santang yang harum juga untuk memastikan jika buah masih segar. Aroma yang kuat dan manis menandakan bahwa jeruk tersebut siap untuk dinikmati.

Jika aromanya terasa aneh dan baunya lain, besar kemungkinan jeruk telah rusak atau kualitasnya buruk. Hal inilah yang mejadikan buah kurang enak saat dikonsumsi.

8 dari 9 halaman

Pastikan Kulitnya Mudah Dikupas

Bagian kulit yang mudah dikelupas juga bisa mejadi acuan dalam memilih jeruk santang lho! Sebab, jika kulitnya mudah dikupas itu menandakan buah telah matang dan lezat.

Sementara, jika kulit jeruk santang sulit dikupas itu bisa jadi menandakan buah telah kering. Biasanya, kondisi ini menjadikan buah memiliki cita rasa kurang manis atau masam.

Kamu bisa meminta kepada penjual apakah boleh untuk mencoba mengupasnya ya!

Nah, itulah sederet cara memilih jeruk santang yang manis dan segar. Jadi, nggak perlu khawatir bakal ketemu rasa jeuk masam lagi ya! Semoga bermanfaat!

Beri Komentar