6 Tips Memilih Buah Kiwi yang Manis, Segar dan Matang Sempurna

Reporter : Arifina
Jumat, 17 November 2023 20:07
6 Tips Memilih Buah Kiwi yang Manis, Segar dan Matang Sempurna
Ternyata buah kiwi yang manis itu begini cara lihatnya!

Tips memilih buah kiwi yang manis ternyata mudah lho! Dengan mengikuti tips ini nantinya kamu akan bisa mendapatkan buah kiwi yang lebih nikmat saat dikonsumsi.

Buah kiwi memiliki bentuk yang kecil seperti sawo. Namun, kiwi memiliki berbagai macam warna, seperti hijau dan kuning pada bagian dagingnya.

Buah yang berbentuk bulat, kelonjongan dengan warna kulit hijau kecoklatan ini bisa dikonsumsi dengan dimakan langsung, atau untuk campuran aneka es buah, hingga salad buah.

Buah kiwi yang sudah matang sempurna memiliki rasa yang enak dan manis jika cara memilihnya tepat. Selain rasa yang enak, buah ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

1 dari 7 halaman

Ilustrasi Buah Kiwi © Diadona

Dilansir dari yankes.kemkes.go.id, manfaat kiwi terdapat dari banyaknya kandungan antioksidan yang menjadi sumber serat yang baik. Ekstrak buah kiwi dan minyaknya kaya akan vitamin dan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan kulit.

Kemudian, terdapat juga kandungan vitamin C yang tinggi pada kiwi yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin tersebut akan bermanfaat bagi tubuh jika tepat dalam mengonsumsi buah kiwi.

Lantas, bagaimana tips memilih buah kiwi yang tepat dan manis? Simak yang berikut!

2 dari 7 halaman

Perhatikan Bagian Kulitnya

Untuk memastikan buah kiwi yang kamu beli manis, maka perhatikan bagian kulitnya. Buah kiwi yang manis memiliki kecenderungan permukaan kulit yang lebih halus.

Kemudian, kiwi yang manis bagian kulitnya juga tidak berkeriput. Sebab, bisa jadi buah kiwi sudah melewati proses kematangan dan cepat busuk. Namun, pilih kiwi yang lembut dan sedikit berkerut saja, karena itu tanda buah telah matang dengan baik.

Meskipun buah kiwi memiliki kulit yang halus tetap periksa bagian lainnya secara menyeluruh. Hal ini untuk memastikan kembali bahwa buah kiwi matang dan memiliki rasa yang manis.

 

 

3 dari 7 halaman

Cium Aroma Buah Kiwi

 

Kamu juga bisa memastikan buah kiwi terasa manis dari mencium aromanya. Biasanya, aroma buah kiwi dapat dicium pada bagian ujungnya.

Tekan bagian ujung bawah buah kiwi untuk membantu mengeluarkan aroma pada buah. Jika aroma yang dihasilkan harum, maka tandanya buah kiwi memiliki tingkat kematangan yang baik dan rasa yang manis.

Aroma yang dikeluarkan dari buah kiwi akan lebih kuat saat mendekati buahnya. Biasanya aroma ini kombinasi antara manis dan segar, mirip dengan bau buah seperti stroberi atau pisang.

4 dari 7 halaman

Perhatikan Warna Kulitnya

Tips Memilih Buah Kiwi yang Manis © Diadona

Tak hanya tekstur kulitnya saja, kamu bisa menilai buah kiwi manis dan tidak dari warnanya. Buah kiwi yang sudah matang sebagian besar memiliki warna kulit hijau kecoklatan atau coklat kehijauan.

Jika warnanya merata dan tanpa bintik-bintik yang berwarna terlalu gelap atau terang biasanya memiliki tingkat kematangan yang baik dan pas. Sementara, buah kiwi yang berwarna kuning pada kulitnya cenderung memiliki rasa yang lebih asam.

5 dari 7 halaman

Pilih Kiwi yang Berlabel

Akan lebih baik jika kamu memilih buah kiwi yang memiliki label, seperti yang biasa dijual di supermarket. Kiwi yang berlabel biasanya dari New Zealand yang memiliki rasa yang lebih manis.

Buah yang diberi label biasanya menandakan bahwa buah tersebut sudah melewati tahap seleksi dengan memastikan kualitasnya. Selain itu, label pada buah kiwi menunjukan bahwa buah tersebut telah memenuhi syarat tertentu, terutama pada kesehatan makanan untuk memberi kepercayaan kepada konsumen.

Namun, tidak semua buah kiwi yang diberi label menjamin kualitas dan keamanan buah. Tetap periksa kondisi buah kiwi secara keseluruhan untuk memastikan kualitasnya.

6 dari 7 halaman

Lihat dari Warna Daging Buah Kiwi

Terdapat dua jenis buah kiwi yang biasa kita temukan, yakni buah kiwi hijau dan kuning. Buah kiwi yang memiliki rasa manis terdapat pada buah kiwi yang memiliki daging buah berwarna kuning keemasan.

Jika buah kiwi yang dibeli dirasa kurang matang dan belum siap dimakan, maka simpan buah kiwi pada suhu dingin. Suhu yang cenderung stabil bisa mempertahankan rasa manisnya agar lebih baik.

7 dari 7 halaman

Perhatikan Tekstur Buah Kiwi

Manfaat Kiwi © Diadona

Buah kiwi yang manis memiliki tekstur lebih lunak. Itu tandanya buah telah mencapai tingkat kematangannya yang pas.

Buah kiwi yang lunak akan menghasilkan rasa manis yang lebih kuat karena gula pada buah kiwi telah berkembang bersama nutrisi lainnya. Namun, buah kiwi yang lunak tidak menjadi indikator utama untuk memastikan buah tersebut manis atau tidak.

Beberapa buah kiwi yang lunak bisa jadi masih memiliki rasa asam yang kuat, terutama jika buah tersebut belum matang sepenuhnya.

Itulah beberapa tips memilih buah kiwi yang manis. Praktikkan saat memberilnya,  agar tidak menyesal saat mengonsumsinya. Selamat mencoba!

 

Penulis: Safira Salsabillah Maharani

Beri Komentar