20 Manfaat Jagung Rebus Manis, Rambut dan Nasi Jagung untuk Ibu Hamil

Reporter : Bagus Prakoso
Sabtu, 4 Januari 2020 12:42
20 Manfaat Jagung Rebus Manis, Rambut dan Nasi Jagung untuk Ibu Hamil
Jagung adalah sumber karbohidrat yang banyak dijumpai di Indonesia. Selain karbohidrat, jagung juga memiliki segudang manfaat lain.

Jagung adalah tanaman yang sering kita jumpai. Biasanya jagung menjadi campuran sup, atau bisa dikonsumsi baik direbus maupun dibakar. Ada banyak manfaat jagung untuk kesehatan.

Kandungan gizi pada jagung membuat tanaman ini baik dikonsumsi. Jagung mengandung nutrisi seperti karbohidrat, protein, serat, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Jagung kaya akan filat, vitamin A, dan vitamin B. Sedangakan mineral dalam jagung antara lain mangan, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, mganesium, seng, dan tembaga.

Nah, kali ini, kami akan mengulas jenis olahan jagung dan manfaatnya untuk tubuh. Apa saja itu? Yuk kita simak!

1 dari 5 halaman

Manfaat Jagung Manis

Jagung manis populer diolah dengan cara direbus. Dibalik rasanya yang manis, jagung memiliki segudang manfaat antara lain:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat jagung manis yang pertama adalah meningkatkan kesehatan jantung. Jagung manis mengandung carotenoid yang berguna untuk menurunkan risiko dan mencegah penyumbatan arteri.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat jagung manis berikutnya adalah dapat mengatasi gangguan pencernaan. Jagung manis kaya akan serat yang dapat mengatasi gangguan pencernaan sekaligus melancarkannya.

3. Menyembuhkan Anemia

Manfaat jagung manis selanjutnya adalah dapat menyembuhkan anemia. Jagung manis kaya akan asam folat, zat besi, dan vitamin B12 yang berkhasiat untuk mengatasi anemia.

4. Mengobati kanker

Manfaat jagung manis juga dipercaya dapat mengobati kanker. Jagung manis bersifat antioksidan yang sangat baik mencegah sel kanker.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Manfaat jagung manis kelima adalah dapat meningkatkan kesehatan mata. Kandungan carotenoid dalam jagung baik untuk mengatasi gangguan mata sekaligus mencegah penyakit mata.

2 dari 5 halaman

Manfaat Jagung Rebus

ilustrasi jagung © Diadona

Jagung merupakan mankanan yang mudah didapatkan di Indonesia. Cara pengolahan yang paling sering dilakukan adalah dengan cara direbus. Adapun manfaat yang bisa kamu dapatkan dari jagung rebus.

1. Pencernaan

Manfaat jagung rebus yang pertama adalah mengatasi masalah pencernaan. Jagung memiliki manfaat yang baik untuk pencernaan karena kaya akan serat. Sehingga dapat menyerap kolesterol jahat dalam tubuh.

2. Mencegah Anemia

Manfaat jagun rebus berikutnya adlaah dapat mencegah anemia. Jika dikonsumsi dengan cara direbus, kandungan Vitamin B1, asam folat dan zat besi tidak akan hilang. Kandungan tersebut baik untuk mencegah anemia.

3. Pengganti nasi

Manfaat jagung rebus selanjutnya adalah sebagai sumber energi pengganti nasi. Hal ini karena jagung rebus mengandung karbohidrat kompleks. Selain itu, jagung memiliki kalori yang lebih sedikit dibanding nasi.

4. Menu diet

Manfaat jagung rebus yang terakhir adalah sebagai menu diet bagi penderita diabetes. Jagung memiliki kandungan karotenoid dan bioflavonoid yang dapat menyerap dan mengendalikan kolesterol jahat dalam tubuh.

3 dari 5 halaman

Manfaat Rambut Jagung

ilustrasi jagung © Diadona

Banyak yang tidak menyangka kalau rambut jagung juga memiliki berbagai khasiat. Kamu bisa mengolahnya menjadi teh rambut jagung. Apa saja sih manfaat rambut jagung untuk kesehatan? Berikut ulasannya.

1. Melindungi saluran kemih

Manfaat rambut jagung yang pertama adalah dapat melindungi saluran kemih. Sifat antiseptik dan diuretik dari rambut jagung mampu mencegah infeksi yang mempengaruhi saluran kemih.

Cara yang bisa dilakukan adalah membuat teh dari rambut jagung. Kamu bisa mendapat manfaat rambut jagung ini dengan cara diminum secara rutin.

2. Mengatasi nyeri sendi

Manfaat rambut jagung yang kedua adalah dapat mengatasi nyeri sendi. Sifat anti-inflamasi dan basa dari rambut jagung baik untuk pengobatan nyeri sendi. Cara yang sama bisa dilakukan yaitu dengan dibuat teh rambut jagung kemudian dikonsumsi secara rutin.

3. Mengatur tekanan darah tinggi

Manfaat rambut jagung berikutnya adalah dapat mengatur tekanan darah tinggi. Rambut jagung bagi para penderita hipertensi. Kandungan flavonoid di dalamnya dapat meningkatkan sirkulasi dan mengatur tekanan darah ke seluruh tubuh.

4. Mengatasi hidung tersumbat

Manfaat rambut jagung berikutnya adalah dapat mengatasi hidung tersumbat. Rambut jagung dapat membantu membersihkan saluran pernapasan, mengurangi peradangan di tenggorokan dan mengendalikan gejala pilek dan flu.

5. Membantu detoksifikasi tubuh

Manfaat rambut jagung yang kelima adlah membantu detoksifikasi tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam rambut jagung dapat merangsang penghapusan racun yang disimpan dalam tubuh.

4 dari 5 halaman

Manfaat Jagung untuk Ibu Hamil

ilustrasi ibu hamil © Diadona

Dari berbagai macam kandungan jagung, ternyata biji-bijian ini juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Apa saja sih manfaat jagung untuk ibu hamil?

1. Mengurangi risiko cacat pada bayi

Manfaat jagung untuk ibu hamil yang pertama adalah dapat mengurangi risiko cacat pada bayi. Kandungan asam folat pada jagung terbukti bermanfaat dalam mengurangi risiko malformasi netral pada bayi yang belum lahir.

2. Membantu perkembangan mata bayi

Manfaat jagung untuk ibu hamil yang kedua adalah dapat membantu perkembangan mata bayi. Jagung penuh dengan antioksidan seperti lutein yang dapat memainkan peran dalam meningkatakan penglihatan bayi yang belum lahir.

3. Mencegah degenerasi otot

Manfaat jagung untuk ibu hamil adalah dapat mencegah degenerasi otot. Konsumsi jagung selama kehamilan bisa melindungi bayi dari degenerasi otot setelah kelahirannya karena kandungan zeaxanthin dalam jagung.

4. Mengatasi sembelit

Jagung adalah sumber serat yang baik. Hal ini dapat mengatasi masalah pencernaan yang dialami ibu hamil seperti sembelit.

5. Perkembangan otak janin

Manfaat jagung untuk ibu hamil yang terakhir adalah sebagai nutrisi pengembang otak janin. Mengonsumsi jagung selama kehamilan dapat membantu perkembangan otak janin yang sehat. Hal ini karena kandungan tiamin dalam jagung.

5 dari 5 halaman

Manfaat Nasi Jagung

nasi jagung © Diadona

Nasi jagung merupakan makanan pokok Indonesia di wilayah tertentu seperti NTT dan Jawa Timur. Selain itu adalah daerah yang banyak menghasilkan jagung. Banyak yang mengatakan mengonsumsi nasi jaagung bisa membantu mengontrol gula darah sehingga baik untuk penderita diabetes dibandingkan nasi putih.

Jagung merupakan sumber karbohidrat dan serat yang tinggi sehingga penderita diabetes tidak perlu khawatir memakannya. Serat dapat membantu melepaskan glukosa sebagai sumber energi secara perlahan, sehingga gula darah tidak langsung naik setelah makan jagung.

Jika dibandingkan dengan nasi putih, jagung memiliki kalori yang lebih sedikit. Dalam 100 gr jagung terkandung 140 kalori, sedangkan 100 gr nasi memiliki kalori sebanyak 175 kalori.

Walaupun rasa nasi putih dan nasi jagung terlihat mirip, namun membiasakan konsumsi nasi jagung tampaknya agak sulit. Jika ingin beralih makan nasi jagung, sebaiknya beralih secara perlahan. Caranya adalah dengan mencampurkan ansi jagung dan nasi putih terlebihh dahulu.

Ternyata banyak ya manfaat jagung yang mungkin belum kita tahu. Semoga bermanfaat ya.

Beri Komentar