10 Cara Membersihkan Udang Besar dengan Efektif, Anti Ribet dan Praktis Banget

Reporter : Arifina
Kamis, 25 April 2024 18:47
10 Cara Membersihkan Udang Besar dengan Efektif, Anti Ribet dan Praktis Banget
Jangan asal ya, ini cara embersihkan dengan efektif.

Cara membersihkan udang besar tidak bisa asal dilakukan. Hal ini penting untuk dijadikan acuan agar hasil udang bersih secara sempurna sebelum dimasak.

Membersihkan udang besar bukan hanya menghilangkan bagian kotoran dan bau amisnya saja. Namun, juga bagimana hasil udang yang telah dibersihkan nantinya dapat meningkatkan rasa dan tektur saat di masak.

1 dari 11 halaman

Cara Membersihkan Udang © Diadona

Udang merupakan salah satu seafood yang banyak diolah menjadi berbagai masakan lezat. Di antaranya, udang asam manis, udang saus padang, udang mentega, udang krispi, udang bakar, sambal kemangi udang, dan masih banyak lainnya.

Karena itulah, olahan udang menjadi salah satu yang banyak digemari. Sebab, hasil masakan udang yang begitu lezat dan kaya protein.

Namun, untuk mendapati cita rasa yang lezat, udang harus dibersihkan dengan benar dan efektif. Yuk simak cara membersihkannya dengan tepat berikut!

 

2 dari 11 halaman

Gunakan Air Dingin

Sebelum mulai membersihkan udang dari kotoran yang menempel, perlu dilakukan pembilasan dengan tepat. Dalam proses ini gunakan air dingin ya.

Air dingin ini untuk membuang lendir dan bau amis yang menempel pada udang sebelum mulai pembersihan. Pastikan saat membersihkan udang, serpihan-serpihan yang menempel rontok.

Perhatikan juga kesegaran dari udang, pilah apakah ada kondisi yang sudah membusuk dan buang.

 

3 dari 11 halaman

Buang Bagian Cangkang Udang

Bagian cangkang udang sebaiknya dibuang setelah proses pembilasan dengan air. Caranya mudah, kamu bisa merobeknya perlahan dengan tangan di bagian kaki udang.

Kemudian, cungkil bagian cangkangnya menggunakan ibu jari tangan dari arah bawah. Lakukan seperti proses mencabut bulu ya,

Pastikan saat melepaskan cangkang udang kamu tetap memegang bagian badannya. Sehingga, udang tidak robek hingga ke bagian dagingnya.

 

4 dari 11 halaman

Gunakan Gunting

Cara Membersihkan Kulit Udang © Diadona

Alih-alih menggunakan pisau, kamu bisa memanfaatkan gunting untuk membersihkan udang. Semisal, kamu akan melepaskan bagian cangkannya maka bisa dengan cepat dan mudah jika menggunakan gunting.

Alat ini akan membuat robekan pada cangkang lebih tepat. Sehingga, kamu tidak perlu repot merobek bagian cangkang udang yang lebih berisiko sampai ke bagian dagingnya ya.

 

5 dari 11 halaman

Cabut Bagian Kepala Udang

Bagian kepala udang sangat jarang digunakan untuk olahan masak. Biasanya area ini juga terdapat kotoran berwarna kuning yang kurang sedap jika dimasak.

Namun, saat akan mencabut bagian kepala udang lakukan dengan hati-hati agar tidak melukai jari tangan. Jepit bagian kepalanya dengan jari telunjuk dan ibu jari.

Pastikan kamu menjepit kepala udang tidak terlalu keras ya. Selanjutnya, putar sedikit cangkang kepalanya, lalu tarik dengan perlahan agar kotorannya sepenuhnya keluar.

 

6 dari 11 halaman

Hilangkan Bagian Kaki Udang

Tidak semua orang menyukai bagian kaki udang, karena teksturnya lebih kasar dan terkadang membuat mulut menjadi sedikit gatal saat dikonsumsi. Jadi, saat pembersihan kamu bisa sekaligus menghilangkan bagian ini.

Caranya, balikkan badan udang hingga pada bagian perut menghadap ke atas. Lemudian, tarik ujung kaki yang berada di dekat kepala denga jari telunjuk dan ibu jari.

Namun, jika melakukan cara ini susah, kamu bisa mencabutnya satu per satu. Hanya saja, ini akan memakan waktu yang lebih lama.

 

7 dari 11 halaman

Singkirkan Kotoran Urat Hitam

Cara Membersihkan Kulit Udang © Diadona

Biasanya pada udang terdapat urat hitam yang membentang memanjang. Itu adalah kotoran dari saluran pencernaan pada udang.

Kamu bisa membersihkan bagian ini dengan gunting atau pisau tajam. Kemudian, cungkil bagian yang terdapat urat hitam tersebut dan tarik perlahan ke atas.

 

8 dari 11 halaman

Gunakan Garpu

Cara membersihkan udang yang lainnya bisa juga menggunakan garpu. Kamu cukup menusukkan garpu di bagian pinggir punggung udang, kemudian tarik bagian cangkangnya ke belakang.

Tarik cangkang udang dengan tenaga kuat agar terlepas sempurna. Sehingga udang bisa terlihat bersih dengan baik.

 

9 dari 11 halaman

Kupas Bagian Kulitnya

Untuk bagian yang satu ini, jika kamu terbiasa untuk mengolah udang dengan kulitnya tidak perlu dilakukan. Namun, jika kamu suka udang tanpa kulit karena teksturnya yang keras sebaiknya kupas dengan cara yang tepat.

Teknik melepaskan kulit udang ini cukup susah. Kamu harus berhati-hati agar dagingnya tidak ikut terbelah.

Kamu bisa mengupasnya perlahan menggunakan tangan. Tapi, jika sulot gunakan piasu tajam, lalu iris bagian punggungnya kemudian kupas menggunakan tangan.

 

10 dari 11 halaman

Buang Bagian Ekor Udang

Cara Membersihkan Kulit Udang © Diadona

Bagian ekor udang jika dimasak dengan tepat akan mudah untuk dimakan dan renyah. Namun, jika salah pengolahan, bagian yang satu ini justru akan terasa keras dan kurang lezat.

Karenanya, sebagian orang akan memilih melepaskannya. Caranya, tingga ditarik saja dengan menggunakan tangan.

Setelah dicabut, buang bagian vena udang (yang berwarna hitam). Sehingga, udang bersih secara merata dan siap dimasak.

 

11 dari 11 halaman

Bilas Kembali dengan Air Mengalir

Proses yang terakhir setelah semua tahapan dilalui adalah kembali membilas udang dengan bersih. Gunakan air mengalir untuk proses pembilasan akhir ini.

Cara ini untuk memisahkan udang dari sisa-sisa kotoran yang menempel. Sehingga, daging udang siap dimasak dengan lezat tanpa khawatir ada kotoran yang menempel.

Itulah cara membersihkan udang besar secara efektif. Praktis untuk dilakukan dan dipraktikkan di rumah nih! Semoga bermanfaat ya.

Beri Komentar