8 Cara Membersihkan Kulit Udang, Mudah, Cepat, dan Anti Hancur Tanpa Makan Waktu

Reporter : Arifina
Kamis, 3 Agustus 2023 17:37
8 Cara Membersihkan Kulit Udang, Mudah, Cepat, dan Anti Hancur Tanpa Makan Waktu
Membersihkan kulit udang yang tepat dan tidak hancur harus tahu triknya ya!

Mengolah udang memang susah susah gampang, termasuk membersihkan bagian kulit dan kotorannya. Cara membersihkan kulit udang dilakukan dengan menarik kakinya terlebih dahulu, lalu gunakan ibu jari buat menarik cangkangnya. Sementara itu kotoran udang yang berada di bagian punggung dan bagianbawah tubuhnya, dibersihkan dengan cara ditarik.

Bagian kulit udang ini keras, sehingga tidak bisa asal saat membersihkannya. Karena bisa melukai jari, dan jika masih kotor dapat memengaruhi cita rasa dari udang itu sendiri.

Nah setelah dibersihkan, kulit atua cangkang udang bisa diolah sebagai kaldu udang buatan sendiri di rumah lho! Kaldu udang ini ngasih rasa gurih yang ringan dan unik pada masakan.

 

1 dari 9 halaman

Cara Membersihkan Kulit Udang © Diadona

Padahal, udang adalah salah satu jenis seafood yang banyak digemari berbagai kalangan. Makanan ini dihidangkan sebagai menu seafood berbagai olahan.

Selain tekstur dagingnya yang lembut dan rasanya yang lezat, udang juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Hal inilah yang membuat udang banyak digemari, karena banyak manfaatnya buat kesehatan.

Nah, biar tidak salah dan udang bersih sempurna, berikut ini diadona.id rangkumkan tips membersihkan kulit udang dengan cepat dan anti hancur!

2 dari 9 halaman

1. Siapkan Wadah Khusus

Sebelum memulai proses memasak udang, kamu perlu menyiapkan wadah khusus untuk membersihkannya. Masukkan udang segar ke dalamnya, lalu siram dengan air panas secukupnya saja.

Biarkan udang berwarna kemerahan, lalu buang airnya. Udang siap dikuliti deh!

3 dari 9 halaman

2. Pisahkan Kepala Udang

Cara Membersihkan Udang © Diadona

Sebelum membuka kulitnya, versihkan dulu bagian kepala dan ekor udang. Caranya, jepit bagian kepala udang dengan jari telunjuk dan jempol tapi jangan terlalu keras ya.

Kemudian, putar sedikit cangkang kepalanya dan tarik perlahan, sehingga kotoran sepenuhnya keluar.

4 dari 9 halaman

3. Tarik Bagian Ekornya

Untuk lebih memudahkan proses membersihkan kulit udang, kamu bisa melakukan dengan menarik bagian ekornya. Pastikan jangan terlalu keras saat menarik ekor udang agar tidak merusak daging.

Cara ini bisa dilakukan saat udang dalam kondisi mentah atau sudah dimasak.

5 dari 9 halaman

4. Belah Bagian Punggung Udang

Cara Membersihkan Kulit Udang © Diadona

Langkah lainnya, kupas kulit udang dengan membelah bagiang punggungnya. Caranya, dikuliti menggunakan pisau dengan kedalaman tidak lebih dari 0,5 cm saja.

Cara ini agar daging udang tidak ikut ketarik dan tetap bisa dinikmati ya!

6 dari 9 halaman

5. Gunakan Gunting

Membelah kulit udang tak hanya bisa dilakukan dengan pisau lho! Kamu bisa juga memanfaatkan gunting.

Gunakan gunting kecil dan tajam, lalu potong kulitnya dari bagian atas hingga ekor, buka kulitnya. Kamu bisa memilih membuang bagian ekor atau tetap mempertahankannya.

7 dari 9 halaman

6. Pakai Garpu

Cara Membersihkan Kulit Udang © Diadona

Garpu dapat digunakan untuk membersihkan kulit udang dengan cepat lho! Caranya mudah, kamu hanya perlu memasukkan ujung garpu ke bagian punggung udang.

Selanjutnya, tarik garpu hingga ke bagian ekor. Penggunaan garpu ini cocok untuk mengupas kulit udang dengan ukuran sedang dan besar agar tidak menyebabkan hancur pada daging.

8 dari 9 halaman

7. Tanggalkan Kulit Perut

Setelah mengeluarkan kulit punggung udang, kamu akan melihat kulit tipis yang melapisi bagian perut udang. untuk membersihkannya, cukup belah kulit perut dengan pisau tajam secara perlahan dan angkat bagian kulitnya.

Lakukan cara tersebut dengan hati-hati ya! Pastikan juga kamu tidak merusak daging udang di bawahnya.

9 dari 9 halaman

8. Bilas dengan Air

Cara Membersihkan Kulit Udang © Diadona

Setelah semua cara mengupas kulit udang selesai, kamu tetap harus membersihkannya kembali. Bilas udang dengan air dingin.

Ini untuk menghilangkan sisa kulit dan kotoran yang mungkin masih menempel pada daging. Udang pun siap diolah menajdi hidangan nih!

Itulah sederet cara membersihkan kulit udang. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya!

Beri Komentar