8 Cara Masak Peyek Kacang Merah, Gurih dan Renyah Digigit

Reporter : Arifina
Rabu, 19 April 2023 17:17
8 Cara Masak Peyek Kacang Merah, Gurih dan Renyah Digigit
Camilan favorit siapa nih? Cobain cara masaknya di rumah yuk!

Peyek merupakan salah satu camilan khas Indonesia yang banyak difavoritkan. Dibuat dari adonan tepung beras, peyek memiliki cita rasa yang gurih dan harum yang khas.

Hadir dengan berbagai variasi, mulai dari peyek udang, peyek teri, hingga peyek kacang merah. Sensasi renyah saat digigit, membuat camilan satu ini juga cocok untuk dijadikan lauk pendamping makanan nasi lainnya.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba kreasi memasak peyek kacang merah di rumah, berikut diadona.id rangkumkan caranya agar terasa gurih dan renyah sempurna dilansir dari berbagai sumber.

1 dari 8 halaman

Perhatikan Jenis Tepung Beras yang Digunakan

Cara masak peyek kacang merah © Diadona

Salah satu kunci utama dalam membuat peyek kacang merah adalah pada tepung beras yang digunakan. Pastikan, tepung beras untuk membuat peyek lembut dan kering.

Biasanya untuk hasil yang sempurna disarankan menggunakan jenis tepung beras giling. Pastikan, saat proses menggiling sudah benar-benar halus ya!

2 dari 8 halaman

Pakai Santan Kelapa Segar

Untuk menambah cita rasa dari peyek kacang merah lebih nikmat dan gurih, disarankan menambahkan santan kelapa segar pada adonan. Selain menambah cita rasa gurih, santan dapat membuat tekstur peyek lebih crispy lho!

Disarankan untuk memakai santan pada perasan pertama agar hasil akhir peyek didapati rasa yang gurih. Namun, jika ingin memakai santan instan juga tidak masalah ya!

3 dari 8 halaman

Pakai Telur

Cara masak peyek kacang merah © Diadona

Tidak semua pembuat peyek kacang merah memakai telur untuk adoanan. Namun, jika kamu ingin menjadikan peyek buatanmu lebih gurih dan renyah maka wajib menggunakan telur ya!

Bahan telur ini tak jauh beda dengan santan, yakni bisa membuat rasa gurih pada peyek. Telur dapat mengikat adoanan, sehingga peyek akan lebih renyah dan rapi saat digoreng.

4 dari 8 halaman

Tambahkan Air Kapur Sirih

Mungkin tidak semuanya cocok dengan bahan yang satu ini. Tapi, kapur sirih ternyata dapat menambah tingkat kerenyahan dari peyek lebih lama lho!

Tak perlu khawatir akan memengaruhi rasa ya, tambahkan air kapur sirih secukupnya saja. Dengan bahan ini, dijamin peyek kacang merah buatanmu akan crispy lebih awet.

5 dari 8 halaman

Pastikan Takaran Bahan Pas

Cara masak peyek kacang merah © Diadona

Jangan asal dalam menakar bahan untuk membuat peyek kacang merah. Dalam hal ini, kamu harus memastikan takarannya semua pas.

Sebab, jika kelebihan takaran justru akan membuat peyek menjadi keras. Rasanya pun juga menjadi tidak nikmat deh!

6 dari 8 halaman

Tambahkan Kemiri

Menambahkan kemiri pada adonan peyek kacang merah akan membuat hasilnya sesuai keinginanmu nih! Kemiri mengandung lemak yang dapat membuat peyek lebih renyah, gurih, dan empuk.

Tapi, sebelum mencampurkan dengan adonan, kemiri harus disangrai terlebih dahulu ya. Penggunaan kemiri dapat dihaluskan bersama bumbu penyek lainnya.

7 dari 8 halaman

Tepung Tapioka

Cara masak peyek kacang merah © Diadona

Selain tepung beras, kamu bisa menambahkan tepung tapioka atau tepung sagu dalam adonan peyek lho! Jenis tepun ini akan membuat peyek kacang merahmu semakin renyah.

Namun, perhatikan takarannya saat mencampur dengan adoanan. Pastikan tidak terlalu banyak supaya peyek tidak keras.

8 dari 8 halaman

Goreng dengan Tepat

Gunakan api sedang saat proses menggoreng peyek kacang merah. Sebab api yang terlalu besar akan membuatnya lebih cepat gosong, dan jika terlalu kecil akan susah matang.

Perhatikan juga wajan yang digunakan, disarankan untuk menggoreng peyek di wajan bentuj cekung dengan minyak goreng yang banyak. Lalu, tuang adonan mulai dari pinggir wajan terlebih dulu.

Proses ini akan membuat peyek kacang merah lebih renyak dengan bentuk yang tidak terlalu tebal.

Itulah sederer cara masak peyek kacang merah, selamat mencoba di rumah ya!

Beri Komentar