Beda Banget, Peyek Udang Asal Jepang Ini Bentuknya Lebar dan Malah Mirip Lukisan!

Reporter : Nasa
Senin, 1 Juni 2020 07:35
Beda Banget, Peyek Udang Asal Jepang Ini Bentuknya Lebar dan Malah Mirip Lukisan!
Kuliner unik asal Jepang yang satu ini sebenernya menggunakan cumi-cumi sebagai isian utamanya.

Peyek atau rempeyek biasanya menjadi panganan pendamping yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Biasanya peyek dijadikan pendamping menu pecel, atau juga nasi campur pada umumnya.

Seperti yang kita tahu, peyek sendiri merupakan makanan yang terbuat dari bahan-bahan yang sangat sederhana. Yakni tepung beras, tepung tapioka, hingga campuran kacang-kacangan dan udang.

Bentuknya yang pipih dan renyah membuat peyek tak hanya dijadikan sebagai pendamping makanan berat, namun juga menjadi cemilan yang dikonsumsi pada momen-momen santai.

1 dari 4 halaman

Tako Senbei © Diadona

2 dari 4 halaman

Nah, tahu gak sih kamu kalau tak hanya Indonesia yang punya kuliner kriuk nan gurih ini. Ternyata Jepang juga memiliki jenis kuliner yang cenderung mirip loh. Tapi peyek dari Jepang ini terbilang lebih unik.

Panganan tersebut lazim disebut sebagai Tako Senbei, dan berasal dari Enoshima Jepang. Tako Senbei sendiri juga merupakan kulner hits, karena banyak pedagang di sana yang menjual dengan ukuran super lebar.

Nah, Tako Senbei ini biasanya menggunakan isian cumi-cumi dan juga udang utuh! Jadi proses pembuatannya juga dilakukan menggunakan mesin khusus yang sangat unik.

3 dari 4 halaman

Tako Senbei © Diadona

4 dari 4 halaman

Adonan Tako Senbei akan dituang di atas mesin, kemudian cumi-cumi atau udang utuh akan ditambahkan. Setelah itu, mesin akan ditutup dan menekan bahan-bahan tersebut dengan suhu yang sangat tinggi hingga 180 derajat celcius.

Cumi-cumi dan udang yang telah ditekan dengan suhu tinggi menggunakan mesin akan menghasilkan semacam pola yang sangat indah. Bahkan gak sedikit yang bilang kalau Tako Senbei ini malah terlihat seperti lukisan.

Wahhh beda banget nih peyek udang di Jepang ya. Kalau liat dari gambarnya sih bentuknya jadi mirip kerupuk lebar yang ada gambar cumi-cumi atau udangnya gitu.

Jadi penasaran pengen coba nih.

Beri Komentar