Bukan Telur Ceplok, Ini Lho Nama Aslinya yang Harus Kamu Tahu! Beda Bentuk Beda Sebutannya

Reporter : Bagus Prakoso
Senin, 8 Juni 2020 12:20
Bukan Telur Ceplok, Ini Lho Nama Aslinya yang Harus Kamu Tahu! Beda Bentuk Beda Sebutannya
Kalau di Indonesia, apapun bentuknya, sebutannya tetep telur ceplok.

Telur adalah makanan sehari-hari yang sering kita jumpai. Harganya yang murah dan mudah dimasak, membuatnya menjadi makanan yang bisa diterima semua kalangan.

Salah satu cara penyajian telur yang populer adalah telur ceplok. Telur langsung dipecahkan dan digoreng hingga matang tanpa harus dikocok terlebih dahulu. Selain masaknya yang mudah, memasak dengan cara diceplok juga bisa menghasilkan bentuk telur yang bagus. Bahkan bentuk telur ceplok biasa dipakai di iklan-iklan mie instan dan lainnya.

Ternyata, dibalik bentuknya yang beragam, telur ceplok juga memiliki nama sendiri sesuai dengan bentuk dan tingkat kematangannya. Apa aja sih itu? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya!

1 dari 5 halaman

Over Hard Eggs

Over Hard Eggs © Diadona

Yang pertama adalah Over Hard Eggs. Telur ini berbentuk mirip telur mata sapi, hanya saja kuning telur terlihat berada di dalam putih telur. Menggorengnya pun juga dilakukan hingga kuning telur matang merata dan keras. Putih telurnysa sendiri akan matang merata dengan tekstur sedikit gosong di pinggirnya.

2 dari 5 halaman

Over Medium Eggs

Over Medium Eggs © Diadona

Yang ke dua adalah Over Medium Eggs. Bentuknya mirip seperti Over Hard, hanya saja ketika kamu memecahkan kuning telur, akan terlihat tekstur keras dibagian luar kuning telur namun meleleh di tengahnya mirip dengan telur setengah matang.

3 dari 5 halaman

Over Easy Eggs / runny

Over Easy Eggs © Diadona

Kalau jenis ini biasa disebut telur setengah matang. Hal ini karena telur dimasak di atas penggorengan dan hanya dibalik sekali namun tetap menjaga kuning telur agar tidak mengeras. Sehingga bentuk yang dihasilkan adalah putih telur di atas dan kuning di bawah. Telur jenis ini juga sering disebut dengan Sunny Side Down.

4 dari 5 halaman

Sunny Side Up

Sunny Side Up © Diadona

Bentuk inilah yang paling terkenal. Sering dipakai di iklan-iklan produk makanan karena bentuknya yang cantik. Putih telur berwarna putih sempurna dengan kuning telur di tengahnya tanpa adanya warna gosong sedikitpun membuatnya menjadi indah dan sayang kalau dimakan.

Telur ini dibuat tanpa dibalik. Dengan begitu akan membuat kuning telur masih encer di dalam.

Beri Komentar