Bingung Ngapain Waktu di Rumah Aja? Jualan Frozen Food Aja Yuk! Ini lho Tips Jitunya

Reporter : Bagus Prakoso
Selasa, 21 April 2020 14:20
Bingung Ngapain Waktu di Rumah Aja? Jualan Frozen Food Aja Yuk! Ini lho Tips Jitunya
Tips langsung dari Chef Ragil.

Pandemi virus corona nampaknya memang berdampak sangat berdampak pada perekonomian masyarakat. Bahkan beberapa orang harus rela mendapatkan PHK karena perusahaan tidak lagi mendapatkan pemasukan.

Untuk kamu yang bingung mengisi waktu luang, mungkin berjualan frozen food adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk lebih produktif dan bisa mendapatkan pendapatan di luar pekerjaan. Gimana aja sih tips-tipsnya? Yuk kita simak!

1 dari 3 halaman

Tips Berjualan Frozen Food

Bisnis kuliner memang menjadi pilihan yang sangat tepat untuk mengisi waktu luang ketika bosan di rumah aja. Nah, kamu bisa nih menjual makanan ready to eat karena lebih praktis. Makanan ready to eat biasanya dijual dalam bentuk frozen atau kemasan beku.

Makanan ready to eat memang lebih mudah karena sesampainya di tangan konsumen, makanan hanya tinggal dipanaskan. Selain itu, menjual makanan frozen terbilang lebih awet.

Nah berikut adalah tips dari Chef Ragil tentang berjualan frozen food dilansir dari diskusi siaran langsung.

Yang pertama adalah memilih jenis makanan. Tapi, jangan asal pilih, pilihlah jenis makanan yang memang menjadi favorit banyak keluarga. Perlu diperhatikan, makanan itu tetaplah harus membuat tubuh menjadi sehat.

Untuk itu, kamu juga perlu memperhatikan proses masak sebelum dikirimkan ke konsumen. Berikut adalah tips memasaknya.

2 dari 3 halaman

Tips memasak frozen food sebelum dipasarkan

Memasak frozen food memang berbeda dengan masak pada umumnya. Chef Ragil menyarankan untuk memasak makanan frozen lebih baik dimasak 50-60 persen matang untuk kemudian dibekukan dan dipasarkan.

3 dari 3 halaman

Proses Pengemasan

Frozen Food © Diadona

Proses selanjutnya adalah pengemasan. Ini juga perlu diperhatikan sebelum tiba di tangan konsumen. Berikut adalah tipsnya.

Setelah makanan dimasak setengah matang, biarkan dulu hingga dingin. Jika sudah dingin, masukkan makanan ke freezer. Setelah itu dikemas dan sangat disarankan mengemas dengan cara divakum.

Jangan khawatir jika kamu nggak punya alat vakum, kamu bisa menggunakan plastik khusus makanan yang sudah dijal di mana-mana.

Untuk yang menggunakan plastik khusus makanan, lebih baik membuang udara dalam plastik sebelum merekatkan penutup. Caranya cukup digilas menggunakan penggaris, setelah tidak ada udara, baru penutup plastik direkatkan.

Nah gimana? Udah siap untuk bisnis kuliner frozen food di tengah pandemi? Selamat mencoba!

Beri Komentar