5 Rekomendasi Jenis Minyak Sehat untuk Memasak, Penuhi Kebutuhan Sehari-hari Tanpa Rasa Khawatir

Reporter : Kurnia
Senin, 28 Maret 2022 11:52
5 Rekomendasi Jenis Minyak Sehat untuk Memasak, Penuhi Kebutuhan Sehari-hari Tanpa Rasa Khawatir
Gak perlu takut sampai antri karena minyak sawit sedang mahal dan langka

Saat ini, minyak goreng tengah menjadi perbincangan hangat tiada henti akibat kelangkaan hingga harganya yang kian melonjak. Di tengah krisis minyak yang menjadi sorotan tajam, nggak sedikit sandiwara antri hingga kegalauan ibu-ibu karena susahnya mencari minyak goreng untuk memasak.

Pada dasarnya bukan hanya minya kelapa sawit, tapip Moms juga masih bisa menggunakan beragam jenis minyak yang lebih sehat untuk memasak. Dengan catatan, harganya pasti lebih mahal namun manfaat yang didapatkan tentu seimbang.

Dikutip dari laman hellosehat.com, berikut ini ada rekomendasi jenis minyak goreng yang lebih sehat untuk memasak. Apa saja?

1 dari 5 halaman

1. Minyak zaitun murni

minyak zaitun © Diadona

Minyak zaitun murni merupakan salah satu sumber lemak tidak jenuh tunggal yang bisa menjadi pilihan sehat Moms untuk memasak.

Jenis minyak ini bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol jahat tetap rendah, meningkatkan kadar kolesterol baik, hingga menjadi sumber antioksidan tinggi yang baik untuk melindungi jantung loh.

Moms bisa menggunakan minyak zaitun untuk memasak seperti mengukus sayuran atau untuk menumis sayuran, hingga salad dressing.

2 dari 5 halaman

2. Minyak kanola

Minyak kanola merupakan jenis minyak yang mengandung lemak tidak jenuh tunggal yang juga bisa menjadi pilihan sehat setelah minyak zaitun. Jenis minyak ini kaya asam alfa-linoleat, bentuk dari omega-3 sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

Jenis minyak sehat ini juga memiliki rasa netral dan asap yang tinggi, sehingga cocok nih untuk memanggang atau menumis.

Jenis minyak ini bisa Moms gunakan untuk semua teknik memasak. Tetapi jangan pernah menggunakannya secara berulang ya, Moms karena minyak ini tidak stabil setelah dipanaskan.

3 dari 5 halaman

3. Minyak kenari

Ilustrasi Memasak © Diadona

Minyak kenari pun masuk dalam daftar pilihan sehat yang mengandung lemak tidak jenuh ganda dan juga mengandung omega-3.

Minyak kenari mempunyai rasa seperti kacang, sehingga baik digunakan sebagai salad dressing atau untuk memanggang. Sayangnya, jenis minyak ini tidak tahan lama karena hanya akan bertahan sampai 3 bulan di dalam kulkas.

4 dari 5 halaman

4. Minyak kacang

Minyak kacang tanah memiliki titik asap yang tinggi, sehingga menjadi pilihan baik untuk memasak dalam suhu tinggi, seperti untuk memanggang dan menumis ya, Moms.

Minyak kacang tanah menjadi pilihan memasak yang sehat karena mengandung fitosterol untuk menurunkan kadar kolesterol darah dan mencegah penyakit kanker.

5 dari 5 halaman

5. Minyak bunga matahari

Ilustrasi Memasak © Diadona

Selanjutnya ada minyak bunga matahari yang mengandung lemak tidak jenuh ganda. Jenis minyak ini baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat.

Moms bisa menggunakan jenis minyak ini untuk menggoreng dan dapat menjadi pengganti mentega. Dari daftar di atas, jenis minyak mana nih yang akan menjadi pilihan sehat Moms untuk keluarga di rumah?

Beri Komentar