9 Tips Menyiasati Harga Minyak Goreng yang Terus Meningkat, Moms Sudah Tahu?

Reporter : Kurnia
Rabu, 23 Februari 2022 13:21
9 Tips Menyiasati Harga Minyak Goreng yang Terus Meningkat, Moms Sudah Tahu?
Menggunakan pasir bisa menjadi alternative banget nih

Kenaikan harga bahan pokok terutama minyak goreng menjadi masalah baru bagi ibu-ibu di rumah. Terlebih bagi Moms yang lebih suka masak-masakan berminyak, hal ini tentu saja menjadi penyebab kegelisahan yang baru.

Ya, seperti kita ketahui bersama Moms, masyarakat Indonesia kan seneng banget tuh sama masakan-masakan berbau minyak. Jadi, kenaikan harga minyak goreng tentu menjadi masalah baru.

Sebenarnya, ada cara yang cukup efektif untuk menyiasati kenaikan harga minyak goreng yang terus meningkat ini loh. Apa saja?

1 dari 5 halaman

Memperbanyak Masakan Non Goreng

Seperti yang telah Diadona.id rangkum dari berbagai sumber, salah satu cara yang cukup efektif untuk menyiasati kenaikan harga minyak adalah dengan merubah cara masak. Kok bisa?

Jika Moms lebih sering memasak dengan cara digoreng, sekarag rubahlah dengan metode merebus, memanggang, ataupun membakar seperti memasak pepes, sate, atau jenis masakan lain.

2 dari 5 halaman

Mengatur Suhu Kompor

Selanjutnya adalah mengatur suhu kompor. Moms, pastikan agar tidak menghidupkan kompor terlalu besar sehingga membuat minyak cepat kotor.

Mengatur suhu kompor dinilai efektif untuk membuat minyak goreng agar tidak mudah gosong dan jelantah menjadi kotor loh, Moms.

Memakai Wadah Jelantah yang Baik

Gunakanlah wadah jelantah dari bahan stainless steel yang berpenyaring atau oil pot agar proses penyaringan lebih efektif sehingga menghasilkan jelantah yang lebih bagus.

Selanjutnya, Moms lebih baik menyimpan jelantah jauh dari panas dan tutup dengan rapat atau bisa menyimpannya di kulkas.

3 dari 5 halaman

Mengatur Jumlah Minyak

Kalau yang satu ini udah gak perlu diragukan lagi. Moms pasti sudah ahli banget dong untuk urusab hemat menghemat dengan mengatur jumlah minyak?

Ilustrasi Minyak © Diadona

4 dari 5 halaman

Mengurangi Penggunaan Tepung Kering

Mengurangi penggunaan tepung kering dengan lebih banyak menggunakan tepung basah bisa menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk menyiasati harga minyak goreng yang terus meningkat.

Penggunaan tepung kering bisa boros minyak, belum lagi ditambah dengan endapan sisa gorengannya sangat sulit disaring dan mudah tengik.

Mengganti Minyak dengan Media Pasir

Bagi pecinta kerupuk, Moms bisa banget loh mencoba menggoreng makanan kering, renyah, dan gurih satu ini dengan media pasir kucing.

Cara ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang jaman dulu. Sekarang, Moms bisa menggunakannya kembali dengan mencuci bersih terlebih dahulu sebelum menggunakannya, ya.

5 dari 5 halaman
Beri Komentar