5 Cara Menggoreng dan Memasak Tanpa Minyak, Tetap Enak dan Makin Sehat

Reporter : Kurnia
Selasa, 22 Maret 2022 12:26
5 Cara Menggoreng dan Memasak Tanpa Minyak, Tetap Enak dan Makin Sehat
mulai dari cara modern hingga tradisional seperti menggunakan daun pisang…

Harga minyak kian melonjok, ibu-ibu di rumah makin kelimpungan karena persediaan bahan pokok satu ini juga semakin susah ditemukan.

Menanggapi kelangkaan dan lonjakan harga minyak goreng yang semakin meningkat, Moms di rumah bisa banget loh mengakalinya dengan cara lain. Jika Moms mau memasak atau menggoreng makanan tanpa minyak goreng memangnya bisa?

1 dari 6 halaman

Tentu saja bisa. Di era teknologi seperti saat ini, berbagai produk hingga alat telah dikembangkan untuk memudahkan manusia. Termasuk produk dan cara-cara berikut ini yang bisa Moms terapkan saat harga minyak tidak sedang bersahabat seperti sekarang ini.

Tentunya bakal membuat lebih sehat dan nggak perlu khawatir degan kelangkaan minyak ya, Diazens.

2 dari 6 halaman

Menggunakan Penggoreng Anti Lengket

Menggunakan Penggoreng Anti Lengket © Diadona

Menggoreng pakai wajan pasti harus menggunakan minyak.

Tapi bagaimana jika Moms mulai bergeser pada wajan anti lengket yang terbuat dari stainless steel, berupa bahan besi berlapis enamel atau titanium keramik.

Dirangkum dari berbagai sumber, ketika Moms memilih memasak menggunakan alat ini, Moms bisa loh menggoreng tanpa minyak sekaligus nggak perlu takut jika makanan akan lengket pada wajan.

3 dari 6 halaman

Menggunakan Air Fyer

Menggunakan Air Fyer © Diadona

Air Fryer tentu sudah bukan tekonologi yang asing lagi di Indonesia. Teknologi air fyer telah dirancang khusus untuk menggoreng makanan tanpa menggunakan minyak.

Penggunaan Air Fyer dalam memasak menjadi salah satu cara modern yang dapat Moms lakukan ketika harga minyak yang melambung tinggi seperti sekarang. 

4 dari 6 halaman

Menggunakan Pasir

Kembali pada cara tradisional yang melokal. Moms bisa memasak dan menggoreng tanpa menggunakan minyak hanya dengan pasir.

Cara yang satu ini cukup terkenal dikalangan masyarakat. Pasir umumnya digunakan untuk menggoreng kerupuk. Hal ini bisa menjadi salah satu strategi dalam menghadapi keberadaan minyak goreng yang langka. 

5 dari 6 halaman

Menggunakan Baking Paper

Menggunakan Baking Paper © Diadona

Baking Paper atau kertas panggang biasanya digunakan untuk memanggang bahan makanan di dalam oven. Baking paper juga bisa menjadi piihan untuk menghemat penggunaan mingak goreng loh, Moms

Tapi, sebelum menggunakan baking paper, Moms harus pastikan terlebih dahulu ukuran kertas dengan wajan yang akan digunakan. 

6 dari 6 halaman

Menggunakan Daun Pisang

Sudah pernah mencobanya?

Moms bisa loh menggoreng meskipun tanpa minyak hanya dengan menggunakan daun pisang. Cara yang satu ini belum banyak diketahui oleh masyarakat.

Tapi, menggoreng dengan daun pisang ini sudah banyak digunakan masyarakat Aceh dalam pembuatan tenaruh dadeh loh.

Selain itu, masyarakat Aceh biasanya juga bisa menggoreng telur di atas panci yang telah dilapisi oleh daun pisang. 

Tertarik mau coba yang mana?

Beri Komentar