5 Cara Menghias Tumpeng Sederhana dan Tumpeng Mini lengkap dengan Tutorial Gambarnya

Reporter : Dhewi Bayu Larasati
Sabtu, 25 Maret 2023 06:00
5 Cara Menghias Tumpeng Sederhana dan Tumpeng Mini lengkap dengan Tutorial Gambarnya
Nasi tumpeng yang indah dan unik bisa kamu buat dan hias sendiri di rumah dengan sederhana. Yuk simak cara menghias tumpeng berikut ini!

Karena unik, seru namun mudah dilakukan, cara menghias tumpeng kerap kali dilombakan pada berbagai perayaan. Sebut aja untuk memperingati acara keluarga baik ulang tahun, syukuran juga kegiatan kantor atau komunitas bahkan perayaan hari besar seperti Kemerdekaan RI. 

Nasi tumpeng umumnya terdiri dari nasi kuning lengkap dengan olahan lauknya. Selain rasanya, proses lomba menghias tumpeng ini dinilai dengan melihat keunikan, keindahan, dan kerapian dalam meletakkan dan mengatur porsi dalam wadah tambah besar yang biasa dijadikan dasaran untuk menyajikan olahan ini. 

Apakah kamu ingin membuat dan atau bahkan ikut lomba menghias tumpeng? Yuk langsung saja simak beberapa cara menghias tumpeng di bawah ini. Selamat mencoba!

 

1 dari 9 halaman

Cara Menghias Nasi Tumpeng

Nasi tumpeng yang disajikan akan semakin indah jika dihias walaupun itu hanya hiasan sederhana. Cara menghiasanasi tumpeng ini tak sesulit kelihatannya kok!

Bahan hias:

  • Daun pisang, cuci bersih dan lap, lalu potong satu jengkal
  • Daun kel dan ambil daunnya
  • Cabai merah besar
  • Tomat ceri kecil
  • Ketimun
  • Wortel
  • Daun parsley

Bahan lauk:

  • Nasi kuning
  • Mie goreng
  • Urap-urap
  • Telur balado
  • Ayam goreng

Alat:

  • Tampah besar
  • Staples
  • Cetakan tumpeng
  • Pisau tajam

2 dari 9 halaman

Cara menghias nasi tumpeng:

Cara Menghias Tumpeng dengan Membuat Alas Daun Bentuk Segitiga © Diadona

Buat dasaran sebagai wadah nasi tumpeng dengan daun pisang. Lipat daun pisang berbentuk segitiga lalu staples agar tidak lepas. Lakukan hal yang sama hingga daun pisang bisa menutup dasaran tampah secara melingkar.

3 dari 9 halaman

Membuat Bunga dari Cabai untuk Hiasan Tumpeng © Diadona

Buat hiasan dengan cabai merah besar dengan cara potong menembus 3-4 kali potongan dan taruh dalam air es. Agar lebih jelas, kamu bisa melihatnya dari video berikut : 

4 dari 9 halaman

Ilustrasi Menghias Tumpeng © Diadona

Potong ketimun menjadi empat bagian, lalu pada bagian pinggirnya yang melingkar potong-potong untuk membuat ukuran lancip.

Buang bagian tengahnya dan taruh timun ceri. Lalu masukkan dalam air es. Atau juga kamu bisa bentuk bunga seperti pada gambar berikut ini :

Cara Menghias Tumpeng dengan Timun © Diadona

Simak di video berikut ini untuk cara membuatnya :

5 dari 9 halaman

Ilustrasi Menghias Tumpeng © Diadona

Tata daun pisang dalam tampah secara melingkar. Taruh nasi kuning dalam cetakan pada tampah. Cetak nasi kuning selagi panas lalu tekan-tekan pada cetakan hingga padat. 

Ilustrasi Menghias Tumpeng © Diadona

Letakkan aneka lauk pada sisi ruang tampah yang kosong. Dan taruh hiasan sesuai selera. Nasi tumpeng sederhana siap disajikan saat acara keluarga atau perayaan kegiatan.

6 dari 9 halaman

Cara Menghias tumpeng yang Bagus

Terdapat beberapa cara menghias tumpeng yang bisa kamu terapkan. Cara menghias tumpeng memang gampang-gampang susah. Tapi, jangan khawatir Berikut Diadona ulas cara menghias tumpeng yang bagus. Semoga berhasil.

Ilustrasi Menghias Tumpeng © Diadona

Siapkan Peralatan yang Diperlukan untuk Menghias

Sebelum memulai membuat hiasan tumpeng, pastikan kamu sudah memiliki alat yang diperlukan. Jadi, kamu tidak perlu lagi deh mencari-cari alat saat sudah mulai menghias.

Alat seperti cutter, pisau, lidi, serta mould. Cutter dan pisau digunakan untuk memotong dan mengiris-iris sayuran sebagai hiasan. Termasuk membuat pola guratan pada bahan hiasan.

Pilih Lidi yang kuat dan runcing. Hal ini berguna untuk membuat bahan hiasan bisa tetap tegak. Lidi juga dipakai sebagai penyambung sayuran dan hiasan lain pada tumpeng.

Selain itu, mould atau pisau buah yang berbentuk seperti bulan dipakai untuk membentuk pola bulatan kecil pada hiasan tumpeng.

Ilustrasi Menghias Tumpeng © Diadona

Cetak Nasi Seperti yang Diinginkan

Persiapan lainnya untuk membuat hiasan tumpeng adalah mencetak nasi menjadi bentuk yang diinginkan. Seperti diketahui, nasi tumpeng identik dengan bentuk pola kerucut, tetapi saat ini sudah banyak juga lho bentuk nasi yang digunakan.

Tahap mencetak nasi bisa disesuaikan dengan ukuran tumpeng yang hendak dibuat. Cetakan umumnya bisa menggunakan alat cetak berbahan alumunium yang banyak dijual di pasaran ya.

Ilustrasi Menghias Tumpeng © Diadona

Pilih dan Buatlah Lauk dengan Warna Kontras

Kamu bisa menggunakan lauk dengan sambal balado yang berwarna merah, dengan tambahan sayur urap yang beraneka warna, serta telur rebus yang dibagi dua sehingga ada warna putih dan kuning yang terlihat.

Upayakan lauk yang warnanya senada tidak diletakkan berdampingan supaya lebih menarik ya. Sayuran dan lauk juga sebaiknya berdekatan supaya lebih bervariasi.

Ilustrasi Menghias Tumpeng © Diadona

Pilihlah Sayuran Sederhana untuk Membuat Hiasan

Jika nasi sudah siap, kini saatnya kamu membuat hiasan tumpengnya. Salah satu yang sederhana, siapkan alas daun pisang sebagai wadah dari nasi tumpeng. Daun pisang bisa dilipat dan disusun supaya rapi.

Beberapa pilihan sayuran sederhana yang bisa dipilih sebagai hiasan tumpeng di antaranya:

Tomat

Kupas kulit tomat secara melingkar agar menjadi gulugan lembaran tipis. Saat mengiris panjang, upayakan jangan sampai terputus ya. Gulung irisan kulit tomat tersebut menjadi bentuk bunga mawar. Kemudian, susun mawar tomat ini di sekeliling nasi tumpeng agar warnanya kontras.

Hiasan tumpeng dari tomat juga bisa kamu bentuk serupa bunga mawar sebagai berikut :

Kacang panjang

Bersihkan bagian ujung kacang panjang dan samakan ukuran panjangnya. Kemudian potong beberapa kacang panjang dan tusuk dengan lidi, pasangkan di sekeliling tumpeng dengan jarak sama sebagai pondasi dari pagar. Lilit kacang panjang yang belum dipotong selang-seling membentuk pagar, kemudian kunci dengan lidi. Biar lebih jelas, pantengin video berikut ini :

Kacang panjang juga bisa kamu bentuk untuk mempercantik bunga lho!

Kacang panjang untuk Tangkai Bunga. © Diadona

Buat tangkai bunga dengan kacang panjang. Potong-potong kacang panjang dengan ukuran sesuai selera lalu tusuk lubang kacang panjang dengan tusukan sate dengan cara diputar secara perlahan agar kacang panjang tidak pecah. Selain kacang panjang kamu juga bisa menggunakan daun bawang sebagai tangkai bunga.

Cabai

Pilih cabai besar yang panjang, lalu belah menjadi dua. Gunting bagian bawah cabai hingga ke atas, lalu gunting sisi lainnya. Tarik semua bagiannya membentuk seperti kelopak bunga. Agar tampilannya lebih cantik, buang semua serat dan biji cabainya, ya. Lalu masukkan ke dalam air es agar kelopaknya mekar.

Timun

Cuci timun dan potong bagian dasarnya supaya bisa berdiri dengan baik. Lalu belah membentuk kelopak bunga. Untuk bagian tengahnya, potong rapi berbentuk diagonal. Biarkan demikian atau kamu juga bisa mengisinya dengan sayuran lain supaya lebih menarik 

Lobak dan Wortel Bentuk Bunga

Selain dengan timun, tomat dan cabai, bunga untuk hiasan tumpeng juga bisa kamu buat dari lobak. Bunga yang dihasilkan akan berwarna putih cantik, membuat tampilan tumpeng makin nampak segar. 

Buat bunga dari lobak dan wortel dan kupas bersih lobak dan wortel. Buat kelopak bunga dari lobak dengan menggunakan pisau kecil lalau kerat menjadi lima kelopak dan jangan sampai putus. Lepaskan dari lobaknya dan rapikan dengan gunting menyerupai bunga. Rendam dalam air agar tetap segar.

Klik di sini untuk melihat videonya.

Lobak Bentuk Bunga untuk Hiasan Tumpeng © Diadona

 

7 dari 9 halaman

Cara Menghias Tumpeng Mini

Cara Menghias Tumpeng Mini © Diadona

Jika kamu termasuk pemula dalam membuat dan menghias tumpeng, maka kamu juga bisa membuat tumpeng mini dengan sederhana. Anggap saja sebagai latihan karena porsi yang kamu buat dalam tahap ini adalah porsi yang kecil.

Alat yang digunakan:

  • Pisau kecil
  • Guntung
  • Kuas lukis
  • Pewarna makanan
  • Tusuk sate
  • Air secukupnya untuk merendam

Bahan lauk:

  • Nasi kuning
  • Sambal goreng kentang
  • sambal goreng tempe
  • Ayam goreng
  • Perkedel kentang
  • Urap
  • Mie
  • Telur bumbu Bali

Bahan hiasan:

  • Mentimun secukupnya
  • Wortel secukupnya
  • Lobak secukupnya
  • Tomat secukupnya
  • Cabai merah besar secukupnya
  • Daun Bawang secukupnya
  • Kacang panjang secukupnya
  • Daun selada secukupnya

Simak video pembuatannya di bawah ini :

 

8 dari 9 halaman

Cara Menghias Tumpeng Ulang Tahun

Ilustrasi Menghias Tumpeng © Diadona

Untuk menghias tumpeng ulang tahun sangat mudah dan sederhana kok. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan nasi, lauk, dan sayuran untuk hiasan. Dalam tahap ini kamu diperlukan untuk membuat bahan seperti wortel yang dibentuk hurup dan angka. Kamu bisa menggunakan cetakan hurup untuk mmebuatnya yang bisa kamu beli di toko alat dan bahan kue juga roti. Selamat mencoba.

9 dari 9 halaman

Cara Menghias Tumpang yang Unik

Ilustrasi Menghias Tumpeng © Diadona

Selian tumpeng ulang tahun, kamu juga bisa menghias tumpeng dengan unik dengan tema kartun seperti karakter barbie di atas. Yap, kamu bisa memanfaatkan bentuk nasi tumpeng sebagai badan bawah barbie. Mudah bukan?

Nah, itulah beberapa cara menghias tumpeng yang bisa kamu praktikkan dengan mudah dan sederhana di rumah. Bagaimana dengan pengalaman menghias tumpeng kamu selama ini? Share jawaban kamu di kolom komentar ya!

Beri Komentar