16 Makanan Penambah Trombosit untuk Demam Berdarah pada Anak

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 2 April 2020 12:38
16 Makanan Penambah Trombosit untuk Demam Berdarah pada Anak
Jangan sampai anak kekurangan trombosit, akibatnya bisa fatal

Trombosit atau keping sel darah adalah pemeran utama dalam proses pembekuan darah. Jika trombosit menurun, dapat dipastikan proses pembekuan darah akan sangat terganggu. Penting bagi kita untuk memenuhi kebutuhan trombosit dalam tubuh agar fungsi organ dalam tubuh bisa berjalan dengan maksimal. Yuk, ketahui tentang penyebab turunnya trombosit dan juga makanan penambah trombosit yang dapat mengatasinya!

1 dari 4 halaman

Makanan Penambah Trombosit Darah

Penanganan trombisitopenia harus disesuaikan dengan penyakit penyebabnya. Namun di samping menjalami pengobatan, kamu juga bisa menggunakan makanan penambah trimbosit untuk dapat meningkatkan trombosit. Makanan ini juga cocok sekali dikonsumsi sebagai oleh kamu yang berpotensi mengalami penurunan trombosit.

Berikut adalah beberapa pilihan makanan penambah trombosit darah yang bisa kamu coba:


Buah delima

 

Ilustrasi Buah Delima © Diadona

Makanan penambah trombosit selanjutnya adalah buah delima. Buah ini mengandung vitamin C yang tinggi sehingga dipercaya dapat meningkatkan sistem imun dan meningkatkan trombosit.

Sayuran Hijau

 

Sayuran hijau juga merupakan makanan penambah trombosit. Sayuran hijau seperti bayam dan sayuran lainnya, memiliki kandungan zat besi dan vitamin K yang cukup tinggi. Vitamin K merupakan salah satu vitamin yang berperan penting dalam proses pembekuan darah, yang artinya vitamin K sangat baik untuk meningkatkan trombosit.

Buah Naga

 

Ilustrasi Buah Naga Merah © Diadona

Makanan penambah darah selanjutnya yang berasal dari buah-buahan adalah buah naga. Buah naga yang mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi dipercaya dapa meningkatkan trombosit dan juga mencagah pengantalan darah pasien demam berdarah.

2 dari 4 halaman

Makanan dan Minuman Penambah Trombosit

Ilustrasi Kiwi © Diadona

Kondisi menurunnya trombosit bisa memunculkan berbagai gejala seperti munculnya memar pada kulit, muncul ruam merah di kulit, gusi berdarah, mimisan, pendarahan abnormal saat mentruasi, pendarahan pada luka lebih lama berhenti, kelelahan, muntah darah, hingga buang air besar dan kecil mengandung darah.

Oleh karenanya, penting untuk selalu memenuhi asupan trombosit dalam tubuh. Berikut kami rekomendasikan beberapa makanan dan minuman penmabh trombosit yang bisa kamu coba di rumah

Kiwi

 
Kiwi juga dinyatakan sebagai makanan penambah trombosit alami dan cepat. Buah kiwi juga dikenal dengan manfaatnya untuk mengatasi anemia. Namun jika kamu memiliki riwayat alergi, maka berhati-hatilah karena banyak orang yang alergi terhadap buah lezat satu ini.

Putih telur

 

Ilustrasi Putih Telur © Diadona


Telur merupakan jenis makanan yang murah dan sangat mudah ditemukan. Putih telur ternyata juga merupakan makanan penambah trobosit. Telur mengandung senyawa albumin yang merupakan sumber protein yang sebagain besar membentuk plasma darah.

Tomat

 
Sama seperti buah naga dan delima, tomat juga merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Hal ini lah yang membuat tomat juga dipercaya menjadi makanan penambah trombosit. Tomat dapat dikonsumsi secara langsung maupun diolah menjadi jus.

Kurma

 

Ilustrasi Buah Kurma © Diadona


Kurma tidak hanya mengandung berbagai gula alami yang bisa menjadi energi bagi tubuh, tetapi juga bisa menajdi salah stau pilihan makanan panambah trombosit. Kurma memiliki kandungan zat besi yang tinggi seperti sayuran hijau sehingga dapat meningkatkan trombosit.

Buah bit

 
Buah bit dikenal sebagai buah yang mampu meningkatkan sel darah merah sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita anemia. Selain meningkatkans sel darah merah, ternyata buah bit juga mampu untuk meningkatkan trombosit dalam tubuh.

Air Mineral

 

Apakah Air Mineral Bisa Kadaluwarsa? © Diadona


Agar nutrisi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat terserap dengan baik maka minumlah air hangat, dan ini tentu ampuh sebagai cara menaikkan trombosit.

Sel darah terbuat dari air dan protein, maka dengan minum banyak air akan menghasilkan lebih banyak sel darah dan bisa jadi cara menaikkan trombosit.

3 dari 4 halaman

Makanan Penambah Trombosit Anak

Kebutuhan trombosit pada anak juga harus diperhatikan oleh para orang tua. Langkah ini dilakukan agar anak terhindari dari berbagai penyakit seperti leukimia, tifus, pendarahan di lambung, dan lain-lain.

Yuk, kenali beberapa pilihan makanan penmabah trombosit anak, agar buah hati bisa sehat selalu.

Kismis

 
Meskipun merupakan buah kering, tetapi kandungan kismis tidak kalah dengan buah segar. Kismis memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga mampu untuk menjadi makanan penambah trobosit. Konsumsi kismis secara langsung atau dapat dikombinasikan dengan madu dan susu.

Alpukat

 

Ilustrasi Buah Alpukat © Diadona

Alpukan merupakan buah yang tinggi lemak baik dan memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh. Selain mengandung lemak baik, alpukat ternyata juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menambah kadar eritrosit.

Angkak


Angkak merupakan beras yang sudah difermentasi. Angkak memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk meningkatkan trombosit. Angkak umumnya sudah tersedia dalam bentuk suplemen herbal yang siap konsumsi.

Kacang-kacangan

 

Ilustrasi Kacang-Kacangan © Diadona


Mengonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan, salah satunya seperti kacang kenari juga sangat baik untuk meningkatkan kadar trombosit. Hal ini disebabkan oleh karena kacang mengandung asam folat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

4 dari 4 halaman

Makanan Penambah Trombosit untuk Demam Berdarah

Ilustrasi Jambu Biji Merah © Diadona

Ketika seseorang sedang terkena penyakit demam berdarah, umumnya akan disarankan untuk mengonsumsi berbagai makanan penambah trombosit. Ya, penurunan trombosit memang merupakan salah satu gejala dari demam berdarah. Kondisi menurunnya trombosit tentu saja bukan merupakan hal yang baik untuk tubuh karena trombosit merupakan salah satu komponen darah yang sangat penting.

Jambu biji dan daunnya

 
Kamu tentu sudah sering mendengar bahwa jambi biji memiliki khasiat untuk menambah trombosit. Tidak heran jika penderita demam berdarah sangat sering disarankan untuk mengonsumsi jambu biji sebagai makanan penambah trombosit. Tapi sebagian ahli juga berpendapat bahwa daun jambu biji lebih ampuh untuk meningkatkan trombosit dibandingkan buahnya.

Daun dan buah pepaya

 

Ilustrasi Buah Pepaya © Diadona


Hal yang serupa juga terjadi pada pepaya. Buah pepaya yang dipercaya sebagai makanan penambah trombosit, diduga kalah khasiatnya dibanding daun pepaya yang dapat mencegah pecahnya trombosit. kamu bisa mengonsumsi kedunya untuk mendapatkan manfaat yang lebih banyak.

Gandum utuh

 

Makanan penambah darah selanjutnya adalah makanan yang berasal dari gandum utuh. Pilihan gandum utuh bisa menjadi alternatif makanan penganti nasi ketika kamu sedangan mengalami trompositopenia.

 

Selain dengan mengonsumsi makanan sehat, kamu jga harus rajin berolahraga dan istirahat dengan cukup. Semoga bermanfaat!

Beri Komentar