11 Makanan Penyubur Kandungan yang Alami dan Paling Ampuh

Reporter : Anif Fathul Amin
Kamis, 23 Januari 2020 13:10
11 Makanan Penyubur Kandungan yang Alami dan Paling Ampuh
Ketika pasangan belum memiliki momongan, ada baiknya menjaga pola makan dengan mengonsumsi makanan penyubur kandungan.

Sulit mempunyai keturunan kadang-kadang menjadi masalah tersendiri bagi banyak pasangan. Kamu bisa mencoba berusaha meningkatkan kesuburan dengan mengonsumsi makanan penyubur kandungan dan sperma. Ini merupakan cara alami dan lebih aman dibanding dengan harus mengonsumsi suplemen penyubur kandungan. Kalau kamu sedang ingin memilliki momongan, ada baiknya kmau menyimak info makanan penyubur kandungan di bawah ini.

1 dari 4 halaman

Makanan Penyubur Kandungan dan Sperma

Makanan bukan hanya sekedar untuk memberi energi bagi tubuh. Secara umum juga memberi nutrisi pada tubuh, termasuk agar menambah kesuburan pada kandungan dan sperma. Lalu apa saja makanan penyubur kandungan dan sperma yang bisa kamu coba? berikut informasinya untukmu.

Sayuran Hijau

Ilustrasi Sayuran Hijau © Diadona

Berbagai sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, sawi hijau, atau kangkung menyediakan nutrisi penting seperti kalsium, zat besi, dan folat. Sayuran hijau tersebut bisa menjadi alternatif sebagai makanan penyubur kandungan dan sperma. kNutrisi tersebut bisa memperbaiki siklus menstruasi sekaligus mengurangi gejala PMS. Selain itu, folat yang memang dibutuhkan oleh tubuh terutama untuk mempersiapkan kehamilan.

Jeruk

Ilustrasi Jeruk Lemon © Diadona

Jeruk juga bisa menjadi pilihan lain makanan penyubur kandungan dan sperma yang bisa kamu coba.Buah ini merupakan salah satu sumber vitamin C terbaik. Satu buah jeruk menyediakan kalium, kalisum, volat, dan vitamin B yang dapat mengatur ovulasi dan menciptakan lingkungan yang sehat untuk sel telur.

kamu bisa menikmati buah ini secara langsung atau dibuat jus. Penuhi kebutuhan vitamin C kamu setiap hari setidaknya dengan satu grapefriut ukuran sedang, satu buah jeruk ukuran besar, atau tiga buah jeruk ukuran kecil.

Alpukat

Ilustrasi Alpukat © Diadona

Alpukat merupakan makanan penyubur kandungan dan sperma yang berasal dari buah-buahan selain pisang. Bayi baru bisa diberikan setelah usia 6 bulan. Alpukat kaya akan lemak nabati yang sehat sehingga bisa meningkatkan berat badan bayi

Di dalam buah alpukat juga terkandung beberapa vitamin dan mineral penting seperti vitamin B6, E, C, K, asam folat, serat makanan, dan asam pantotenat.

2 dari 4 halaman

Makanan Penyubur Kandungan agar Cepat Hamil

Selain dengan melakukan beberapa aktivitas yang menyehatkan tubuh secara keseluruhan seperti olahraga dan menjaga pola tidur, ada hal lain yang juga perlu diperhatikan oleh pasangan saat program hamil.

Hal tersebut yakni dengan menjaga pola makanan. Dengan mengonsumsi jenis makanan penyubur kandungan, diyakini sel telur atau ovarium akan menjadi lebih sehat dan berkualitas.

Proses pembuahan pun akan berlangsung lebih cepat dan bisa meningkatkan peluang kehamilan. Nah, apa saja ya pilihan makanan penyubur kandungan agar cepat hamil? Berikut tim Diadona rangkum informasinya:

Daging Sapi

Ilustrasi steak dan kentang © Diadona

Daging sapi, khususnya bagian yang rendah lemak, kaya akan kandungan zinc yang juga baik bagi kesehatan dan menjaga kualitas sel telur.

Mencukupi konsumsi sumber zinc juga diketahui bisa mencegah sperma menggumpal, yang bisa membuat proses pembuahan menjadi terhambat.

Selain dari daging sapi, konsumsi zinc juga bisa didapat dari daging ayam, kepiting dan tiram. Dari semua manfaat dan kandungan yang dimiliki rasanya wajar kalau menjadikan daging sebagai makanan penyubur kandungan.

Telur

Ilustrasi telur rebus © Diadona

Telur adalah makanan yang sehat dan berasal dari jenis protein hewani. Selain sehat, telur juga bisa menjadi makanan penyubur kandungan agar cepat hamil. Pada telur, terdapat kandungan protein yang tinggi. Selain itu, telur juga mengandung mineral, vitamin A dan vitamin B12. Selain kaya akan manbfaat yang sudah disebutkan di atas, harga telur juga terbilang cukup murah.

3 dari 4 halaman

Makanan Penyubur Kandungan Setelah Haid

Sebelum banyak melakukan usaha untuk mendapatkan keturunan, sebaiknya ketahui dulu cara cepat hamil setelah haid selesai. Cara ini terbilang cukup mudah diterapkan. Jika kamu melakukan ini, mungkin bisa menambah peluang untuk segera memliki momongan. Beriku kami rekomendasikan beberapa makanan penyubur kandungan setelah haid.

Kubis Brussel

Ilustrasi Kubis © Diadona

Kubis brussel atau juga biasa dikenal dengan nama Brussels sptoutsunu, juga termasuk dalam makanan penyubur kandungan setelah haid karena mengandung asam folat tinggi. Setengah mangkuk kubis Brussel yang bisa kamu konsumi saat pagi hari, mengandung 47 mikrogram asam folat.

Brokoli

23 Manfaat Jus Sayur Brokoli untuk Kesehatan dan Bayi © Diadona

Brokoli sudah lama diketahui sebagai makanan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. termasuk sebagai makanan penyubur kandungan. Satu mangkok sajian brokoli yang sudah direbus mengandung 84 mikrogram asam folat yang memenuhi seperlima dari kebutuhan harian. Kandunganh asam folat yang ada dalam brokoli akan mendorong meningkatnya tingkat kesuburan.

Ikan Salmon

Ilustrasi Ikan Salmon © Diadona

Selain memiliki kandungan minyak Omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh semua orang, ikan salmon juga termasuk dalam makanan penyubur kandungan. Dengan mengonsumsi ikan salmon atau jenis ikan lain, kesbuuran reproduksimu diyakini akan meningkat. Perlu dicoba nih!

4 dari 4 halaman

Makanan Penyubur Kandungan Setelah KB

Banyak pasangan yang mengeluh sulit untuk kembai hamil usai menggunakan KB. Kehamilan yang tak kunjng datang usai menggunakan KB, dikarenakan oleh sisa hormon yang masih tersimpan dalam lemak. Agar keseimbangan kembali normal, sebaiknya kamu mengonsumsi makanan penyubur kandungan setelah kB. Apa saja itu? berkut indonya untukmu.

Ubi Jalar

Ilustrasi Ubi Jalar Kuning © Diadona

Ubi jalar mengandung serat, kalium, vitamin C, vitamin B6, zat besi, tembaga, dan beta-karoten. Kehadiran antioksidan beta-karoten dalam ubi jalar akan dikonversi menjadi vitamin A oleh tubuh.

Nah, vitamin A sangat penting untuk menekan proses ovulasi. Dengan semua kandungan dan manfaat yang ada, Ubi jalar sangat cocok dijadikan sebagai makanan penyubur kandungan. Ubi jalar bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari ditumbuk, dibakar, direbus, atau digoreng.

Karbohidrat kompleks

Roti gandum © Diadona

Makanan lainnya yang dapat menjadi makanan penyubur kandungan adalah karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks dapat berupa makanan tertentu seperti salah satunya adalah roti gandum.

Buah beri

Stroberi © Diadona

Berbagai macam buah beri, seperti stroberi dan rasberi merah dan hitam mengandung antioksidan alami serta fitonutrien antiperadangan. Keduanya dapat meningkatkan kesuburan baik wanita maupun pria.

Selain itu, jenis buah ini juga kaya dengan vitamin C yang membantu sistem kekebalan tubuh. Serat yang terkandung pada buah-buahan ini mampu menurunkan berat badan, setidaknya bila kamu mengonsumsi satu cangkir setiap harinya. Jadi jangan diragukan lagi kalau buah beri menjadi salah satu makanan penyubur kandungan.

Semoga informasi dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk membantu menyuburkan kandungan.

Beri Komentar