14 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dan Internet dengan Cepat

Reporter : Wicha Mashita
Senin, 20 Juli 2020 16:23
14 Cara Mendapatkan Uang dari YouTube dan Internet dengan Cepat
Ternyata begini loh cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat.

Ada berbagai cara mendapatkan uang dari YouTube dan Internet yang bisa kamu coba guys. Apalagi di era serba digital seperti sekarang, pemanfaatan internet dalam kehidupan sehari-hari penting loh!

Nggak hanya sebagai sarana hiburan, kamu juga bisa memanfaatkan YouTube jadi tempat berpenghasilan. Nggak heran ya guys, kalau sudah banyak yang ke ranah YouTube untuk mendapatkan uang, bahkan dari kalangan public figure seperti artis. Bahkan content creator di YouTube penghasilannya nggak main-main loh!

1 dari 8 halaman

Cara Mendapatkan Uang dari YouTube

Raditya DikaRaditya Dika © YouTube/ Melaney Ricardo
Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan untuk cara mendapatkan uang dari YouTube, yaitu:

1. Membuat Channel


Langkah pertama cara mendapatkan uang dari YouTube adalah membuat channel. Tentu saja channelmu sendiri ya guys.

Kamu juga perlu menentukan fokus ke mana konten yang kamu upload di channelmu. Jadi di sini juga kamu memikirkan konsep dari konten-konten yang aku buat. Tentukan juga value yang bisa didapat dari konten-kontenmu bagi viewers dan tentunya yang tidak membosankan.

2 dari 8 halaman

2. Monetisasi Akun YouTube


Jika konsepmu sudah matang, cara mendapatkan uang dari YouTube selanjutnya adalah dengan monetisasi akun milikmu. Caranya dengan masuk ke account information, lalu klik Creator Studio di menu sebelah kiri. Kemudian, klik Channel dan Status and Features. Pilih Enable Monetisation dan setujui agreement yang sudah terpampang.

Ada persyaratan baru dari YouTube di tahun 2018 nih. Para YouTuber diberi syarat 10.000 penayangan untuk monetisasi. Peraturan ini sudah berlaku mulai 9 Januari 2018 yang mana mengharuskan memiliki 1.000 pelanggan dan mengumpulkan 4.000 jam waktu tontonan dalam 12 bulan terakhir. Kalau sudah, baru deh YouTube akan verifikasi dan meninjau orisinialitas video di akun kamu.

3. Menyambungkan dengan AdSense


Kalau sudah monetisi akun, ada cara mendapatkan uang tambahan lewat AdSense atau iklan yang lewat di video kamu. Caranya dengan melakukan associate approved AdSense account ke YouTube account.

Nantinya kamu akan mendapatkan penghasilan dari fitur YouTube Analytic yang sudah tersedia. Iklan akan muncul saat video sudah di-upload setelah monetisasi aktif.

3 dari 8 halaman

4. Endorse

Cara Mendapatkan Uang dari YouTubeCara Mendapatkan Uang dari YouTube © theverge
Ada cara mendapatkan uang dari YouTube lainnya yang bisa kamu manfaatkan. Semakin banyak viewers dan subscriber, membuatmu bisa bekerjasama dengan brand ternama. Kamu mengunggah video untuk soft promotinn serta cantumkan link produk di kolom deskripsi.

Pasti sudah nggak asing dengan sistem endorse kan guys? Cara mendapatkan uang di YouTube dengan endorse ini memang sudah sering dilakukan.

Kalau kamu amati, YouTuber terkenal pasti memiliki beberapa iklan dari sponsorship atau advertisement di videonya. Yap, cari sponsor bisa mendapatkan uang di internet.

5. Melakukan Live


Kalau kamu sudah punya banyak subscriber dan penggemar, bisa nih melakukan live streaming. Hal ini untuk membangun kepercayaan mereka lebih dalam sama kamu. Terus juga jadi buat seru-seruan ngobrol lepas dari konten yang selama ini kamu buat guys.

4 dari 8 halaman

6. Menjual Video ke Website Penjualan Video


Ada satu tips lagi cara mendapatkan uang dari YouTube buat kamu yang pemula. Menggunakan akun website penjualan video ini bisa untuk promosikan channelmu biar semakin banyak viewers dan subscibernya. Caranya yaitu sertakan teaser yang diarahkan ke channel YouTube kamu untuk melihat versi lengkapnya.

7. Konsisten dan Kreatif


Metode yang nggak kalah penting adalah konsisten dalam mengunggah video dan kreatif. Lebih baik lagi kalau ada jadwal tertentu untuk mengupload video-video kreatif milikmu. Kamu bisa memanfaatkan Google Trends untuk tahu keyword apa yang lagi rame dan tren untuk ditonton.

5 dari 8 halaman

Cara Mendapatkan Uang dari Internet dengan Cepat

Cara Mendapatkan Uang dari InternetCara Mendapatkan Uang dari Internet © thebalancesmb
Ada berbagai cara mendapatkan uang dari internet yang bisa kamu manfaatkan. Salah satunya tadi dengan membuat konten menjadi YouTuber. Berikut ini beberapa kegiatan di internet yang bisa jadi cara mendapatkan uang dan perlu kamu coba.

Menjadi YouTuber


Seperti yang sudah kita bahas di atas, cara mendapatkan uang dari internet bisa dengan membuat konten menarik di YouTube. Apalagi di era serba memanfaatkan internet seperti sekarang.

Pilihan kontennya juga bermacam-macam. Mulai dari daily vlog yang merekam kegiatan sehari-harimu, makan atau mukbang, main video game, talk show dan masih banyak lagi. Kalau kamu ada ide menarik, bisa banget nih dituangin jadi content di kanal YouTube pribadimu.

Influencer Media Sosial


Kata Influencer sudah nggak asing lagi ya guys. Menjadi influencer media sosial ini sangat ramai digemari, apalagi untuk mendapatkan penghasilan. Kamu bisa dengan membagikan konten bermanfaat di media sosial, seperti tips and trick make up, manajemen keuangan, olahraga dan masih banyak lagi.

Memang sih, butuh proses untuk membangun profil sebagai influencer. Tapi memang nggak ada cara instan kan buat menjadi sukses?

6 dari 8 halaman

Blogger


Tahu nggak sih, sebelum dunia YouTube ramai seperti sekarang, blogger atau vlogger ramai banget loh! Dengan menjadi blogger bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Kegiatan ini juga cocok banget buat kamu yang suka nulis.

Tentu saja, kamu harus rajin dan konsisten menulis serta mengunggahnya di blog. Pilih konten yang menarik agar banyak orang datang ke blogmu dan memasang iklan. Bisa dengan travelling, kesehatan, kecantikan, cerita fiksi dan lain-lain.

Kontributor Penulis


Kalau kamu suka desain, bisa nih membuat website sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari internet. Kamu bisa menjadi konstributor penulis untuk mengisi website perusahaan dan media yang mengenalkan profil perusahaan mereka kepada netizen.

7 dari 8 halaman

Dropshipper

Cara Mendapatkan Uang dari InternetCara Mendapatkan Uang dari Internet © startupsavant
Berjualan dengan sistem dropshipper, yaitu tanpa modal bisa jadi pilihanmu cara mendapatkan uang dari internet. Kuncinya, kamu harus memasarkan produk dengan baik dan menarik. Sistem ini bisa terbilang mudah loh!

Soalnya kamu tidak perlu membuat produk dan mengantarkan pada pelanggan. Cukup memasarkannya dan dapat keuntungan deh. Eits.. tapi kamu perlu riset produk lebih dulu ya buat dijual.

Podcast


Lagi ramai banget nih ngobrol asyik lewat podcast. Bahkan konten di YouTube juga banyak yang berbentuk podcast. Bagusnya lagi, metode ini lagi nge-trend loh!

Meski belum ada cara resmi untuk dapat AdSense, kamu bisa menyelipkan sponsor di dalam podcast. Asyik kan?

8 dari 8 halaman

Menjual Stok Foto di Microstock


Buat yang hobi fotografi bisa memanfaatkan jual stok foto nih sebagai cara mendapatkan uang di internet. Caranya kamu mendaftar jadi kontributor di miscrostock, yaitu platform industri penyedia foto berbayar.

Setelah mendaftar, kamu unggah foto di platform dan akan diseleksi oleh tim microstock. Kalau lolos, foto akan muncul di website dan dibeli oleh peminatnya. Kerja asyik dengan melakukan hal yang kamu suka plus dapat uang lagi.

Jadi, itu tadi berbagai cara mendapatkan uang di internet yang bisa kamu coba mulai sekarang. Memanfaatkan internet dengan bijak dan cerdas, bisa dapat penghasilan juga kan?

Beri Komentar