5 Tips Mengatasi Ketakutan Anak pada Pandemi

Reporter : Audila Rima Ndani
Jumat, 29 Januari 2021 16:37
5 Tips Mengatasi Ketakutan Anak pada Pandemi
Nggak hanya orang dewasa, pandemi juga memberi dampak pada anak.

Wabah corona masih menjadi masalah yang menghantui kita hingga saat ini. Angka kasus yang semakin bertambah membuat kita masih harus terus menjalani hidup di masa pandemi.

Bagi banyak orang, kondisi ini bisa memicu stres hingga depresi. Hal itu bahkan nggak terjadi pada orang dewasa aja tetapi juga anak-anak.

Pandemi membuat anak-anak nggak bisa bebas bermain bahkan melakukan kegiatan sekolah di luar rumah. Kenyataan bahwa mereka bisa terpapar virus kapan saja tentu membuat ketakutan mulai muncul dalam diri mereka.

Perasaan takut tentu nggak baik jika dibiarkan begitu saja. Untuk itu, dilansir dari Parents Canada, berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membantu anak.

1 dari 5 halaman

Tetap bersikap tenang

Ilustrasi Ibu dan Anak Berpelukan © Diadona

Kita harus memberikan dukungan pada anak di tengah pandemi. Caranya adalah dengan tetap bersikap tenang saat bicara dengan anak.

Terkadang bukan kata-kata yang diucapkan yang bisa menyakiti anak. Tapi cara mengucapkannya yang menentukan bagaimana anak akan bereaksi.

2 dari 5 halaman

Pelajari fakta sebelum bicara dengan anak

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Pastikan kita memahami apa yang terjadi dan mendapatkan informasi tentang pandemi dari sumber yang terpecaya. Menyampaikan informasi yang salah hanya akan meningkatkan rasa takut dalam diri anak.

Jadi pastikan untuk mengecek fakta terlebih dahulu sebelum menceritakannya pada anak. Di saat seperti ini, akan lebih baik jika kita lebih berhati-hati dalam memahami informasi.

3 dari 5 halaman

Kelola stres kita

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Anak-anak bisa merasakan stres yang dialami oleh orang tua dan memberikan respon sesuai dengan kondisi itu. Makanya penting bagi orang tua untuk mengelola stres jika ingin membantu anak.

Nggak masalah jika kita membutuhkan waktu sejenak untuk melepas lelah. Menenangkan diri sebelum berinteraksi dengan anak akan memberikan efek yang lebih baik dalam hubungan dengan mereka.

4 dari 5 halaman

Memberi dukungan

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Stres merupakan masalah yang nggak bisa diremehkan. Jangan mengecilkan kecemasan yang dirasakan oleh anak dengan mengatakan bahwa hal itu berlebihan.

Semua ketakutan yang mereka rasakan adalah hal yang sah dan bukan sebuah kesalahan. Jika kondisi anak cukup serius, kita bisa membawa mereka untuk konsultasi dengan dokter.

5 dari 5 halaman

Menjaga kesehatan

ilustrasi ibu dan anak © Diadona

Di tengah pandemi ini, kita harus selalu mengingatkan anak untuk tetap mencuci tangan dan mematuhi protokol kesehatan. Katakan pada anak bahwa dengan melakukan hal itu, kita bisa ikut berkontribusi mengurangi jumlah kasus dan segera menghentikan pandemi.

Menjaga kesehatan juga perlu dilakukan agar pandemi bisa segera berakhir. Dengan begitu, anak akan lebih semangat menjaga kesehatan mereka.

Semoga informasi ini bisa membantu ya!

Beri Komentar