Lebih Baik Memandikan Bayi di Pagi atau Sore Hari Ya Mom?

Reporter : Riza Umami
Jumat, 29 Januari 2021 09:17
Lebih Baik Memandikan Bayi di Pagi atau Sore Hari Ya Mom?
Ini jawabannya.

Sebagai orang tua baru yang belum punya banyak pengalaman mungkin Mom akan memikirkan banyak hal termasuk tentang mandi untuk bayi. Memandikan si kecil ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus mendebarkan untuk orang tua baru.

Saat memandikan bayi ini perlu dilakukan dengan hati-hati karena kulit bayi yang masih sangat sensitif. Selain itu, ibu pun juga perlu memperhatikan kapan waktu yang terbaik untuk memandikan anak, apakah di pagi atau sore hari dan juga berapa kali bayi sebaiknya mandi dalam seminggu.

1 dari 3 halaman

ilustrasi bayi mandi © Diadona

Dilansir dari laman hellosehat.com, sebenarnya ibu bisa memandikan bayi kapan saja asalkan tidak bertabrakan dengan jam makan dan tidur si kecil. Biasanya, waktu yang paling baik untuk memandikan bayi ini adalah di pagi hari karena setelah mandi, si kecil bisa berjemur di bawah sinar matahari agar suhu tubuhnya kembali normal.

Meski demikian, sebenarnya tak masalah bayi dimandikan di sore hari selama si kecil tidak sampai kedinginan setelah mandi. Sebaiknya pastikan dulu suhu lingkungan memang tidak terlalu dingin dan bukan musim hujan sehingga anak tak sampai kedinginan usai mandi nanti.

2 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi Mandi © Diadona

Bayi yang baru lahir sampai ia bisa merangkak sebenarnya tak perlu terlalu sering dimandikan karena hal itu bisa membuat kulit si kecil jadi mudah kering dan bisa terjadi iritasi. Ibu bisa memandikan bayi sebanyak tiga sampai empat kali dalam seminggu bila usianya masih belum satu tahun.

Namun, ibu pun juga bisa menyesuaikan dengan cuaca saat itu, bila memang sedang musim kemarau dan lagi panas-panasnya, tak masalah untuk memandikan anak setiap hari asalkan dilakukan dengan hati-hati. Sebaliknya, jika musim hujan dan cuaca sedang dingin sebaiknya tak perlu sering-sering memandikan anak.

3 dari 3 halaman

Ilustrasi Bayi Mandi © Diadona

Meski tak mandi setiap hari, ibu tentu harus menjaga kebersihan tubuh anak setiap hari. Caranya yaitu dengan rajin mengganti popok bayi dan juga menyeka beberapa bagian tubuhnya seperti wajah, leher, tangan dan juga bagian kelaminnya setiap hari.

Hal tersebut sudah cukup untuk menjaga tubuh si kecil agar selalu bersih setiap saat. Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai lebih baik memandikan bayi di pagi hari atau sore hari serta berapa kali sebaiknya si kecil dimandikan dalam seminggu. Semoga bermanfaat ya Mom.

Beri Komentar